Cara Mengurangi Pekerjaan Yang Sibuk untuk Tim Anda

Strategi Pemasaran Lokal yang Dapat Diterapkan bagi Bisnis Anda

(Business Lounge Journal – Marketing)

Berikut adalah strategi pemasaran lokal yang bisa Anda terapkan mulai hari ini untuk meningkatkan pemasaran lokal bisnis Anda.

1. Optimalkan situs web Anda (dan lokalkan)
Pengoptimalan situs web adalah kunci untuk mengarahkan lalu lintas, tetapi apakah situs web Anda dapat dioptimalkan untuk pengguna lokal? Anda tidak hanya harus mengikuti praktek terbaik pengoptimalan mesin pencari (SEO), seperti menggunakan penelitian kata kunci untuk menginformasikan konten situs web Anda. Lebih dari setengah lalu lintas yang datang ke situs web umumnya berasal dari perangkat seluler. Jika Anda memiliki situs web yang bagus dan ramping, dengan teks besar untuk dibaca di layar kecil dan tombol besar untuk diklik dengan mudah, Anda akan lebih mudah menarik bisnis lokal.

Anda dapat meningkatkan wawasan SEO lokal Anda lebih jauh dengan memanfaatkan alat penelitian kata kunci gratis seperti Google Analytics, Google Trends, dan Google Search Console untuk menginformasikan dengan tepat istilah lokal apa yang harus Anda masukkan. Semakin Anda mengoptimalkan situs web Anda untuk pencarian lokal, semakin banyak pelanggan lokal yang cenderung mendarat di halaman web Anda.

2. Perbaharui tag judul dan deskripsi meta
Menyimpan tag judul yang relevan dengan merek dan lokasi Anda, tetapi lebih pendek dari 60 karakter adalah optimal. Deskripsi meta cenderung tidak menjadi faktor dalam peringkat pencarian, tetapi dapat meningkatkan rasio klik-tayang dengan memberi sinyal kepada pengguna secara tepat jenis informasi apa yang mungkin mereka temukan di halaman web. Tag judul dan deskripsi meta dapat diedit di alat administrator platform hosting web yang Anda gunakan. Bagi banyak pemilik usaha kecil, WordPress menawarkan fungsi SEO yang mudah digunakan.

3. Siapkan halaman arahan lokal untuk semua lokasi bisnis Anda
Jika bisnis Anda memiliki beberapa lokasi, Anda harus membuat halaman individual untuk setiap lokasi di situs web Anda untuk memajukan upaya pelokalan Anda. Apabila perusahaan Anda memiliki banyak lokasi berbeda, maka setiap halaman ini harus mencakup setiap lokasi, petunjuk arah tentang cara menuju ke sana dan jam buka toko. Juga harus menyertakan konten spesifik tentang bisnis Anda. Misalnya, agen real estate yang berbasis di Kebun Jeruk, tidak boleh hanya mencantumkan di situs web mereka bahwa mereka adalah “agen real estate“. Sebagai gantinya, dengan menyertakan kata kunci “agen real estate terkemuka di Kebun Jeruk” memberi sinyal ke mesin telusur tempat agen tersebut berada dan membantu menyajikan lokasinya kepada audiens lokal.

4. Klaim listingan Google Bisnisku milik Anda
Salah satu strategi pemasaran lokal termudah dan paling efektif yang dapat Anda terapkan segera adalah mengklaim listingan Google Bisnisku milik Anda. Google Bisnisku memberi pengguna mesin pencari informasi seperti lokasi Anda, jam buka toko, petunjuk arah, informasi kontak, dan juga informasi lainnya seperti bawa pulang atau pesan antar saja.

5. Optimalkan halaman media sosial
Pemasaran media sosial sangat penting dalam hal pemasaran online lokal. Sama seperti situs web Anda, halaman media sosial Anda harus dioptimalkan dan dilokalkan. Ini berarti memberikan informasi terkini, seperti lokasi bisnis Anda, informasi kontak, dan jam buka toko. Ini juga berarti memelihara akun media sosial yang aktif. Anda dapat menjadwalkan posting media sosial menggunakan alat seperti Hootsuite.

6. Dorong ulasan pengguna yang positif dan terlibat secara online
Dorong pelanggan Anda yang puas untuk memberi Anda ulasan positif secara online, baik di Google Review, Facebook atau di tempat lain. Anda bahkan dapat mendorong mereka untuk meninggalkan ulasan positif dengan diskon atau promosi, seperti undian atau hadiah. Anda juga harus meluangkan waktu untuk menanggapi ulasan yang ditinggalkan pelanggan Anda secara online. Berikan tanggapan orang dengan keaslian, kerendahan hati, dan kejujuran – apakah itu ulasan negatif atau positif.

7. Menyelenggarakan atau mensponsori acara komunitas lokal
Pemasaran digital semuanya baik dan bagus, tetapi membangun jembatan dunia nyata antara audiens Anda dan merek Anda sangat berharga. Pertimbangkan untuk mensponsori atau menyelenggarakan acara lokal bila memungkinkan untuk meningkatkan visibilitas merek di komunitas lokal Anda. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan liputan pers lokal, yang meningkatkan peluang Anda untuk ditemukan secara online oleh audiens lokal.

8. Memanfaatkan pemasaran email lokal
Strategi pemasaran email memiliki beberapa biaya terendah di antara banyak strategi pemasaran yang tersedia untuk Anda. Sebagian besar biaya terkait dengan mendapatkan alamat email yang berharga. Sayangnya, tidak ada alamat email yang akan memberi tahu Anda di mana lokasi pengguna; ada teknik pengumpulan email yang dapat Anda mulai gunakan untuk memfilter pengguna berdasarkan lokasi. Teknik termudah adalah memiliki lembar pendaftaran di toko Anda – idealnya dengan mendaftar – atau di stan atau acara yang Anda sponsori sehingga konsumen yang tertarik melihatnya dan mendaftar untuk menerima pembaruan dan promosi dari Anda.

9. Bermitra dengan bisnis lokal lainnya
Bermitra dengan bisnis lain bisa menjadi alat yang ampuh. Aliansi ini dapat melipatgandakan jangkauan total kedua perusahaan. Ini berfungsi paling baik ketika Anda menemukan bisnis dengan nilai dan tujuan yang sama (dan itu tidak bersaing secara langsung dengan perusahaan Anda). Anda dan bisnis mitra Anda, misalnya, dapat mensponsori acara bersama. Anda dapat bekerja sama dengan konten SEO Anda untuk memastikan hubungan yang saling menguntungkan. Anda juga dapat menautkan satu sama lain; dan ketika strategi ini diikuti, setiap upaya yang Anda lakukan untuk menjangkau dikalikan dengan upaya bisnis mitra Anda.

10. Lokalkan iklan berbayar
Grup iklan dapat memfilter iklan berdasarkan lokasi dan IP. Iklan dapat ditargetkan untuk pengguna lokal, dan fitur ini digunakan oleh Google, Facebook, dan pengiklan digital lainnya. Di luar iklan digital, iklan berbayar yang dilokalkan masih berguna. Koran lokal, radio spot, buku kupon, bioskop dan sponsor lokal adalah beberapa cara terbaik untuk mempromosikan merek Anda kepada konsumen lokal.