(Businesslounge Journal-Marketing)
Pemasaran lokal merupakan elemen penting dari strategi pemasaran yang lebih luas untuk usaha kecil. Hal ini dapat menampilkan merek Anda kepada khalayak lokal yang lebih luas yang kemungkinan besar akan mendukung bisnis Anda dalam waktu dekat. Namun apa yang dapat Anda lakukan sebagai wirausaha untuk meningkatkan jangkauan usaha kecil Anda dengan audiens lokal? Panduan ini mencakup 14 tip cepat untuk meningkatkan strategi pemasaran lokal Anda.
Apa itu pemasaran lokal?
Pemasaran lokal menargetkan audiens di kota atau wilayah yang sama dengan bisnis Anda. Elemen rencana pemasaran ini ditujukan untuk orang-orang dalam radius tertentu dari lokasi fisik bisnis Anda — umumnya berdasarkan jarak berkendara yang wajar — yang mungkin secara realistis membeli produk atau layanan Anda kapan saja.
Misalnya, jika Anda memulai sebuah restoran di Red Bank, New Jersey, mengarahkan lalu lintas situs web dari Sacramento, California, tidak akan banyak membantu Anda. Sebaliknya, Anda harus menerapkan taktik pemasaran lokal untuk memastikan sebagian besar audiens Anda berada cukup dekat dengan restoran Anda untuk bersantap di sana atau memesan makanan untuk dibawa pulang atau diantar. “Pendekatan terbesar yang harus dilakukan orang-orang adalah dengan benar-benar memahami kepada siapa mereka mencoba menjual … manfaat apa yang bisa diperoleh orang-orang dari produk atau layanan tersebut, dan kemudian menyampaikan informasi tersebut terlebih dahulu,” jelas Travis McKnight, ahli strategi konten senior di Portent Inc.
Memahami audiens target Anda dan informasi yang harus Anda sampaikan kepada mereka sangat penting untuk setiap strategi pemasaran bisnis kecil. Namun, ini sangat relevan dalam strategi pemasaran lokal yang harus menonjolkan lokasi bisnis Anda.
Strategi pemasaran lokal bertujuan untuk membelanjakan anggaran periklanan dan pemasaran Anda dengan lebih efisien. Pemasaran digital adalah alat yang efektif untuk bisnis dari semua ukuran. Namun, jika Anda adalah bisnis lokal dan gagal mendapatkan daya tarik dari audiens lokal, biaya pemasaran Anda akan sia-sia.
Tidak semua lalu lintas yang dihasilkan dari pemasaran itu sama. Strategi pemasaran lokal memastikan Anda menjangkau target pelanggan yang kemungkinan besar akan menggurui bisnis Anda.
Jenis bisnis apa yang mendapat manfaat dari pemasaran lokal?
Banyak bisnis bisa mendapatkan keuntungan dari pemasaran lokal. Namun, jenis bisnis tertentu memerlukannya. Berikut beberapa contoh jenis bisnis yang memerlukan strategi pemasaran lokal:
Restoran: Restoran adalah contoh bisnis yang sangat baik yang memerlukan strategi pemasaran lokal. Ini adalah lokasi fisik yang menawarkan layanan makan di tempat, bawa pulang, pemesanan seluler, atau pesan antar. Secara alami, sebuah restoran terkunci pada lokasi fisiknya dan harus menjangkau orang-orang di sekitarnya.
Toko ritel: Meskipun operasi ritel kecil pun sering kali menjual secara online melalui e-niaga, pemasaran lokal dapat meningkatkan pengunjung toko dan membantu membangun mereknya. Kesadaran merek sangat penting terutama bagi toko ritel butik kecil yang bersaing dengan jaringan besar.
Layanan profesional: Layanan profesional seperti pengacara dan akuntan harus menggunakan strategi pemasaran lokal. Ada beberapa pengecualian terhadap aturan ini, seperti perusahaan pemasaran yang beroperasi dari jarak jauh. Namun, tidak ada yang bisa mengalahkan konsultasi langsung.
Meskipun banyak bisnis memerlukan strategi pemasaran lokal, bisnis lain bisa mendapatkan keuntungan dengan menjangkau khalayak yang lebih luas.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)