Strategi Pemasaran Lokal Mendukung Kesuksesan Bisnis Anda (Bagian 2)

14 strategi pemasaran lokal yang dapat Anda mulai hari ini
Pemasaran lokal dimulai dengan beberapa langkah mudah diterapkan yang dapat segera dimulai oleh perusahaan mana pun. Berikut adalah beberapa ide cepat dan sederhana untuk meningkatkan pemasaran lokal bisnis Anda.

1. Optimalkan situs web Anda untuk pengguna lokal.
Pengoptimalan situs web adalah kunci untuk mengarahkan lalu lintas dan penting untuk setiap strategi pemasaran digital. Namun apakah situs web Anda dioptimalkan untuk pengguna lokal? Berikut beberapa cara untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk pelanggan terdekat:

-Pastikan situs web Anda ramah seluler. Membuat situs web yang ramah seluler sangatlah penting. Pelaku bisnis harus memastikan bahwa situs web mereka memberikan pengalaman seluler terbaik untuk menarik pelanggan lokal, kata Heather Lodge, pemilik dan kepala strategi di Werkflow Digital. “Lebih dari separuh lalu lintas yang masuk ke situs web berasal dari perangkat seluler,” kata Lodge. “Jika Anda memiliki situs web yang bagus dan sederhana, dengan teks besar untuk dibaca di layar kecil dan tombol besar untuk diklik dengan mudah, Anda akan lebih mudah menarik bisnis lokal.”

-Lokalkan situs web Anda. Setiap situs web bisnis yang efektif harus mengikuti praktik terbaik optimasi mesin pencari (SEO), seperti menggunakan riset kata kunci untuk menginformasikan konten situs web Anda. Namun, melokalkan situs web Anda berarti menentukan kata kunci dan frasa kunci berdasarkan SEO lokal. Misalnya, tanyakan pada diri Anda, “Apa yang dicari pasar lokal di Google?” Aturan praktis yang baik adalah sering menyebutkan komunitas Anda atau komunitas terdekat. Misalnya, jika Anda menargetkan regkhalayak nasional, pertimbangkan untuk menambahkan bahasa seperti “melayani wilayah tiga negara bagian.”

-Tingkatkan wawasan SEO lokal Anda dengan memanfaatkan alat penelitian kata kunci gratis — seperti Google Analytics, Google Trends, dan Google Search Console — untuk mengetahui istilah lokal mana yang harus Anda sertakan.

2. Perbarui tag judul dan deskripsi meta di situs web Anda.
Pastikan tag judul dan metadata situs web Anda terkini. “Ada beberapa bagian metadata yang berbeda, namun mayoritas orang hanya perlu khawatir tentang deskripsi meta dan tag judul,” kata McKnight.

-Tag judul: Tag judul adalah 60 karakter yang dilihat pengguna mesin pencari di halaman hasil mesin pencari (SERP). Jaga agar tag judul tetap relevan dengan merek dan lokasi Anda tetapi kurang dari 60 karakter.
-Deskripsi meta: Deskripsi meta harus terdiri dari 160 karakter atau kurang. Deskripsi meta cenderung tidak menjadi faktor dalam peringkat mesin pencari, namun dapat meningkatkan rasio klik-tayang dengan memberi sinyal kepada pengguna jenis informasi apa yang mungkin mereka temukan di halaman web. “Data menunjukkan bahwa deskripsi meta yang berkualitas… dapat membantu rasio klik-tayang,” kata McKnight. “Di sisi lain, untuk bisnis seperti restoran yang ingin orang-orang menelepon, memiliki nomor telepon di deskripsi meta sangatlah besar.”
-Layanan hosting web terbaik menyediakan alat administrator yang memungkinkan Anda mengedit tag judul dan deskripsi meta situs web Anda. Selain itu, WordPress menawarkan fungsi SEO yang mudah digunakan untuk pemilik usaha kecil.

3. Siapkan halaman arahan lokal untuk semua lokasi bisnis Anda.
Jika bisnis Anda memiliki beberapa lokasi, buat laman landas individual untuk setiap lokasi di situs web Anda guna memajukan upaya pelokalan Anda.

“Sering kali ada perusahaan dengan banyak lokasi berbeda, namun mereka tidak menyertakan halaman dengan informasi tentang lokasi berbeda tersebut di situs web mereka,” kata Lodge. “Halaman ini harus mencakup setiap lokasi, petunjuk arah menuju ke sana, dan jam buka toko.”

Halaman ini harus menyertakan konten spesifik tentang bisnis Anda. Misalnya, agen real estate yang berbasis di Nashville, Tennessee, tidak boleh hanya mengatakan bahwa mereka adalah “agen real estate”. Sebaliknya, mereka harus menyertakan frasa kunci “agen real estate terkemuka di Nashville,” yang memberi sinyal ke mesin pencari di mana agen tersebut berada dan membantu memberikan hasil kepada audiens lokal.

Ungkapan ini juga mempertimbangkan cara orang menelusuri agen real estate: Mereka tidak hanya menginginkan siapa pun; mereka menginginkan agen real estate yang “terbaik” atau “terkemuka”.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)