Tips Menghindari Kesalahan di Media Sosial

(Business Lounge Journal – Dominate The Market) Ketika digunakan dengan benar, media sosial dapat menjadi alat yang efektif untuk mengembangkan bisnis Anda. Tidak hanya mampu membawa traffic lebih banyak ke website, media sosial yang Anda gunakan juga mampu mengkonversi visitor menjadi customer.

Namun perlu diperhatikan, ketika Anda mendapatkan lebih banyak visibilitas atas bisnis, maka tanggung jawab terhadap pengikut Anda juga pastinya meningkat. Banyak orang akan melihat Anda. Jika Anda membuat kesalahan, meskipun itu tidak di sengaja, tentunya akan sangat merugikan bisnis Anda.

Berikut beberapa kesalahan pada media sosial yang perlu dihindari, agar bisnis Anda berjalan lancar:

1. Penggunaan #hashtag

Hashtag dapat membantu mendapatkan visibilitas yang cukup besar di media sosial, khususnya jika Anda menggunakan hashtag yang popoler terkait dengan bisnis Anda.

Banyak media sosial saat ini telah memanfaatkan hashtag untuk memudahkan pencarian. Namun sayangnya beberapa orang telah melakukan kesalahan dengan membajak hashtag populer yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan perusahaan atau produk mereka.

Misalnya saja pemakaian hashtag #iPhone6s atau #hargaiPhone pada kampanye Pemilihan Kepala Daerah, tentu hal tersebut sama sekali tidak ada kaitannya dan menghasilkan reputasi yang buruk pada kampanye yang dijalankan.

2. Penggunaan Platform yang salah

Ketika melakukan kampanye terhadap penjualan sebuah produk, platform media sosial merupakan salah satu pilihan yang cukup efektif untuk digunakan. Namun sayangnya banyak orang yang melakukan kesalahan terhadap penggunaan platform media sosial tersebut.

Sebagai contoh adalah ketika pebisnis dengan gencar mempromosikan produk-produknya di wall Facebook seseorang, tentu Facebook akan menilai ini sebagai sebuah pelanggaran, karena mengganggu privasi pengguna lainnya.

Untuk berpromosi, Facebook dan banyak media sosial lain telah menyediakan space khusus dimana mereka dapat memasang iklan. Berikan waktu Anda untuk memahami platform yang digunakan sebelum meluncurkan kampanye.

3. Pantau tim media sosial

Seberapa baik Anda mengenal orang-orang yang bekerja di media sosial? Apakah Anda mempercayai mereka?
Meskipun mereka adalah orang-orang yang memiliki pengalaman dan track record cukup baik, namun mengetahui dengan benar karakter dan kesadaran diri adalah sama pentingnya.

Jika Anda tidak bisa mengambil waktu untuk mengetahui jenis strategi apa yang akan mereka lakukan terhadap kampanye produk Anda, mungkin Anda akan menyesal karena tidak semua bisnis dapat dikerjakan dengan strategi yang sama.

4. Perhatikan semua tindakan

Hal ini tampaknya cukup jelas. Jika Anda tidak memperhatikan apa yang Anda lakukan, bisa saja Anda secara tidak sengaja memasukan link yang salah dalam sebuah tweet yang Anda buat.

Salah satu cara untuk mengurangi masalah di media sosial adalah dengan meluangkan waktu untuk membuat strategi dan jadwal posting kampanye Anda.  Jika tidak memungkinkan untuk menghindari kesalahan sepenuhnya, setidaknya Anda dapat mengurangi posting yang memiliki potensi untuk merusak merek Anda.

W.Lubis/VMN/BL/Journalist
Editor : Fanya Jodie
Image: Business Lounge Journal

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x