Komunikasi Adalah Kunci Keterlibatan Karyawan Sejati

Penerapan Strategi Komunikasi dalam Perencanaan Bisnis

(Business Lounge – Manage Your Business) Selain teknologi, maka komunikasi merupakan sesuatu yang berkembang terus menerus dan mengalami perkembangan sangat pesat. Banyak orang mungkin berpikir apa sih pentingnya komunikasi? Apa iya komunikasi itu dapat berpengaruh terhadap keberhasilan atau kegagalan suatu bisnis, organisasi atau perusahaan?

Sebelum saya membahas lebih jauh, mari kita bahas terlebih dahulu dari scope yang kecil dan sederhana. Anda tentu masih ingat ketika pertama kali memiliki keinginan untuk bekerja dan harus melewati tahapan interview. Dalam tahapan ini, dapat dipastikan Anda akan berusaha menonjolkan kemampuan pada bidang Anda sebagai nilai jual sehingga Anda dapat diterima pada perusahaan yang Anda tuju.

Kemampuan teknis ini beraneka ragam jenisnya, ada orang yang ahli di bidang akuntansi, ada yang pintar berjualan atau berbakat jadi sales, ada yang ‘jago’ manajemen keuangan, ada yang ‘canggih’ pada bidang perkreditan, ada yang pintar di bidang komputer, dan sebagainya.

Namun berjalannya waktu, ketika Anda sudah masuk dalam dunia bisnis dan pekerjaan dan terjadi banyak interaksi dengan orang lain maka keahlian teknis tersebut ternyata bukanlah segala-galanya. Keahlian tersebut harus ditambahkan dengan kemampuan berkomunikasi, apalagi jika Anda ada dalam sebuah organisasi menengah dan besar, sangat dibutuhkan koordinasi antar bagian untuk tercapainya suatu tujuan.

Komunikasi ini tentu tidak terjadi begitu saja, perlu adanya strategi yang pas dan tepat yang harus di bangun dan di organisir dengan peranan seorang pemimpin sangatlah diperlukan. Strategi komunikasi yang baik memungkinkan Anda menjalankan kontrol yang lebih baik atas pekerjaan dan dengan cepat dapat mengidentifikasikan sebuah masalah sehingga tidak terjadi ”bottle neck”. Dengan kata lain semua organisasi memerlukan strategi komunikasi yang dinamis. Bahkan banyak yang menginvestasikan triliunan setiap tahun untuk sebuah iklan dan media komunikasi untuk mencapai suatu target/tujuan dari bisnis atau perusahaan.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Strategi Komunikasi ?

Jika Anda melihat ke sekeliling maka Anda akan dengan mudah melihat dan mendapatkan billboard, jingle radio, logo-logo pada hampir semua perusahaan atau toko. Belum lagi slogan-slogan dan iklan yang marak di seluruh web/internet, surat kabar dan TV.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka diperlukan elemen penting untuk merancang sebuah komunikasi dengan mempertimbangkan unsur-unsur sebagai berikut:

1. Review

Bagaimana Anda telah berkomunikasi pada masa lalu? Seberapa efektif komunikasi yang sudah ada ? Bagaimana tanggapan orang lain terhadap Anda?

2. Objectives/Tujuan

Apa yang ingin Anda capai dari komunikasi ini? Apakah tujuansesuai dengan SMART?

3. Audiance/Pendengar

Siapa kira-kira yang akan menjadi pendengar Anda? Apakah Anda memiliki audiens yang primer dan sekunder? Informasi apa yang mereka butuhkan untuk bertindak atas pesan yang kita akan sampaikan?

4. Message/Pesan

Apa pesan Anda? Apakah Anda memiliki satu pesan atau beberapa pesan untuk orang banyak?

5. Basket/Wadah

Apa jenis komunikasi “produk” terbaik yang dapat di terima / sampai dengan baik?

6. Channel/Saluran

Channel apa yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan dan menyebarluaskan produk?

7. Source/Sumber

Berapa besar budget yang Anda miliki untuk project atau rencana yang akan dilakukan? Apakah akan ada perubahan untuk waktu ke depan? Kemampuan komunikasi yang seperti apa yang sudah Anda miliki ?

8. Timing/Waktu

Apa yang menjadi batasan waktu Anda? Apakah strategi bertahap menjadi yang paling tepat? Apakah ada event khusus/spesial atau kesempatan-kesempatan yang mungkin akan muncul?

9. Brand/Merek

Apakah semua produk komunikasi “pada merek”? Bagaimana Anda dapat memastikan bahwa yang Anda sampaikan sudah benar dan sesuai dengan tujuan Anda?

10. Feedback

Bagaimana Anda tahu kapan strategi komunikasi Anda 100% sukses? Apa yang akan berubah?

Dengan mengenali apa yang menjadi strength dan weakness yang ada, maka ini menjadi acuan untuk dapat membuat strategi komunikasi yang efektif dan berpengaruh yang akan meningkatkan keberhasilan dan mencapai sasaran atau tujuan yang sudah ditetapkan.

Ria Felisha/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana