(Business Lounge – Dominate the Market) Apa yang dilakukan oleh Reebok untuk memanfaatkan moment gaya hidup ‘nge-gym’ (Baca: Reebok Manfaatkan Gaya Hidup “nge-Gym” Untuk Kembalikan Kejayaan) memang sebuah ide yang cemerlang. Di saat kebanyakan orang mulai beralih ke gaya hidup sehat serta kebanyakan eksekutif mulai menjalankan worklife balance, tempat-tempat kebugaran memang menjadi ramai dikunjungi. Bahkan adanya manfaat “lifestyle” sering kali diberikan oleh perusahaan tempat mereka bekerja dengan menawarkan membership pada sebuah klub olahraga, dan sebagainya.
Pergi ke tempat kebugaran seusai bekerja, bukan lagi hal yang langka, bahkan telah menjadi gaya hidup saat ini. Pusat kebugaran pun mulai tumbuh menjamur tidak hanya di mall tetapi juga di gedung-gedung perkantoran. Reebok menangkap moment ini dengan begitu tepat.
Menangkap Kesempatan pada Waktu yang Tepat
Berbicara bisnis tidak hanya berbicara tentang modal dan segala strateginya, tetapi juga berbicara mengenai kesempatan. Strategi yang jitu pada kesempatan yang tepat akan menghasilkan bisnis yang brilian.
Saya ingat sekali pada waktu tahun 80 – 90-an saat aerobic benar-benar booming. Saya rasa hampir semua orang yang sudah lahir pada masa itu pernah mencoba untuk mengikuti aerobic. Sebab pada saat itu sanggar senam menjamur tumbuh di perumahan-perumahan dan kesempatan itu menjadi kesempatan untuk bisa tampil gaya dengan pakaian olah raga yang berwarna warni dan sepatu olah raga yang trendi. Reebok memang punya nama pada pada waktu itu.
Seiring berjalannya waktu, aerobic tidak lagi menjadi trend, sanggar senam pun banyak yang gulung tikar, kecuali pusat-pusat kebugaran yang memang telah ada di jalurnya. Namun saat ini ketika berolah raga menjadi bagian dari pola hidup sehat serta worklife balance yang banyak dikampanyekan di mana-mana, maka mengunjungi pusat kebugaran kembali menjadi trend dan diminati oleh banyak orang. Rata-rata para eksekutif diberikan fasilitas untuk menjadi anggota paling tidak sebuah klub kebugaran (fitness center). Reebok menangkap moment yang tepat.
Kampanye Be More Human
Pada Februari lalu Reebok meluncurkan sebuah kampanye iklan yang berjudul Be More Human. Hingga saat ini tayangan iklan ini di youtube telah dilihat oleh lebih dari 11 juta orang di seluruh dunia. Menggambarkan bahwa sebenarnya seorang manusia itu memiliki kemampuan dan kekuatan yang sangat luar biasa. Menggambarkan seseorang yang dapat membalikan sebuah ban yang besar, seorang yang dapat berlari menerobos hujan, menerobos api, para atlit yang berjuang keras menyelesaikan pertandingan, orang yang duduk di kursi roda dan berhasil melakukan tugasnya, dan berbagai aktifitas lain yang ternyata dapat dilakukan oleh seorang manusia. Pada intinya manusia memiliki kemampuan yang luar biasa.
Lalu apa yang Reebok lakukan untuk mempromosikan hal ini? Jika Anda berkesempatan untuk membuka websitenya maka Anda dapat melihat hal yang menarik bagaimana Reebok seolah-olah hendak membawa Anda untuk dapat menilai diri Anda sebagai seorang manusia. Ada sebuah test yang dapat Anda kerjakan yang pada akhirnya Anda akan mendapatkan skor untuk menilai berbagai sisi seperti intelektual, sociability, inspiration, dan beberapa hal lainnya. Selain itu ada lagi beberapa pengenalan mengenai otak dan hubungannya dengan aktivitas fisik serta olah raga yang sesuai. Sangat menarik untuk mengeksplor website ini dan mendapatkan berbagai penilaian yang dikatakan website ini tentang Anda. Sebuah statement yang dapat Anda lihat juga adalah bahwa terkadang kita merasa telah memberikan yang terbaik dan itu sudah paling baik. Tetapi pada kenyataannya kita akan terlihat lebih indah pada saat kita dipaksa untuk melakukan sesuatu yang melampaui kemampuan kita.
Lalu Apa Hubungannya dengan Sepatu?
Jika dipikir-pikir, semua petualangan yang dapat Anda lihat pada kampanye Reebok apakah kemudian memliki hubungan dengan sepatu? Ya, memang semua aktifitas yang dilakukan tadi tidak mungkin dengan bertelanjang kaki, tetapi apa yang menjadi alas kaki tentulah sesuai dengan kebutuhan aktifitas tersebut.
Namun saya jamin, ketika Anda telah menyaksikan video kampanye Reebok dan mengeksplor websitenya, maka Anda paling tidak akan mengingatnya pada saat Anda sedang berlari di treadmill atau sedang latihan beban. Akibat berikutnya lagi adalah Anda akan mengingat merek Reebok saat Anda sedang pergi ke toko sepatu untuk membeli sepatu olahraga.
Dengan semua tools yang Reebok telah siapkan ini, Reebok memang berupaya untuk menciptakan sebuah persepsi yang baru dari konsumennya bahwa Reebok telah menyiapkan sebuah petualangan bagi para konsumennya dan Reebok bersedia untuk menemani mereka dengan sepasang sepatu di kaki mereka.
Penting untuk menangkap kesempatan dengan sebuah skenario yang penuh persiapan seperti yang Reebok lakukan.
Ruth Berliana/VMN/BL/Managing Partner Human Capital Development