(Business Lounge – Dominate The Market) Landing page adalah sebuah halaman website yang didesain untuk mengarahkan pengunjung ke halaman yang sudah ditentukan sebelumnya. Meskipun tidak selamanya demikian, namun hal yang terpenting dari penggunaan landing page adalah untuk menangkap data kontak pengunjung seperti Nama, Email, Nomor Telp, dsb, yang semua itu nantinya akan digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa secara berkala.
Jika beberapa tahun lalu kita ketahui bahwa pengguna yang mengakses landing page ini kebanyakan berasal dari komputer PC atau laptop, kini banyak orang telah beralih ke penggunaan tablet dan smartphone. Untuk itu perlu dipastikan bahwa landing page yang dibuat dapat juga dengan mudah dibaca di perangkat mobile.
Meski demikian, banyak marketers belum mengambil langkah serius untuk mengoptimasi landing page mereka di perangkat mobile. Pada artikel kali ini Bussineslounge akan memberikan beberapa tips untuk memaksimalkan landing page di perangkat mobile, caranya sebagai berikut :
1. Ringkas dan tidak bertele-tele
Pilihlah kata-kata yang ringkas namun tetap informatif. Perangkat mobile seperti tablet dan smartphone memiliki ukuran layar yang terbatas, untuk itu metode copywriting harus dibuat se-efektif mungkin sehingga pengguna tidak men-scroll layar terlalu jauh kebawah.
Metode copywriting dapat dilakukan menjadi lebih ringkas, yaitu dengan hanya memilih kata-kata yang mendukung pemasaran produk dan tidak dibuat berulang-ulang.
2. Jangan berlebihan
Kesalahan yang paling sering kita temukan pada saat pembuatan copywriting adalah penggunaan kata-kata yang berlebihan, atau biasa juga disebut hiperbola. Kata-kata seperti “terbaik”, “paling bagus”, “paling murah”, dsb sebaiknya dihindari.
Banyak perusahaan menggunakan kalimat-kalimat diatas untuk menarik konsumen agar membeli produknya? Tapi apakah benar bahwa produk yang mereka tawarkan adalah “yang paling bagus” atau “yang paling murah” diantara produk pesaing mereka?
Apple tidak pernah menawarkan produknya sebagai sesuatu yang murah, bahkan dikenal sebagai perusahaan yang selalu menciptakan produk high-end. Namun dapat kita lihat bahwa penjualan Apple selalu sukses dan memiliki pelanggan tetap yang senantiasa menunggu produk-produk terbaru lainnya diluncurkan, meskipun dengan harga yang cukup mahal.
3. Gunakan bullets point
Penggunaan bullets point terbukti efektif dalam penyampaian pemasaran, selain mudah dibaca, pembaca dengan mudah dapat mengambil keputusan untuk apa yang sudah dilihatnya.
4. Perhatikan ukuran font dan tombol
Font pada halaman mobile harus cukup besar untuk memudahkan pengunjung membaca tanpa harus memperbesar tulisan di layar. Perlu diingat bahwa smartphone digunakan untuk jari manusia, sehingga tombol yang tersedia harus juga dapat di klik dengan mudah untuk mempercepat pengambilan keputusan.
5. Perhatikan kecepatan membuka landing page
Hal ini tentunya tidak perlu dipertanyakan lagi. Banyak orang menggunakan perangkat mobilenya secara multitasking, sehingga mereka tidak punya banyak waktu untuk menunggu sampai halaman terbuka di perangkat mobile.
Jika halaman terlalu lama dibuka, tentu pengunjung akan segera beralih ke situs lain. Ingat, hanya 5 detik waktu toleransi untuk landing page terbuka, lebih dari itu pengunjung akan pergi ke tempat lain.
6. Fokus pada tujuan
Jika Anda membuat copywriter, pastikan bahwa pengunjung dengan mudah dapat mengambil keputusan. Misalnya bila Anda akan menawarkan sebuah kelas pelatihan, maka buatlah pengunjung dengan mudah dapat mendaftar di pelatihan yang Anda buat.
Ada banyak contoh landing page yang dapat kita temukan di internet, pada dasarnya mereka membuat pengunjung dengan mudah mendaftar atau mengunggah aplikasi yang ditawarkan.
7. Konversi adalah segalanya
Terakhir, konversi adalah tujuan akhir dari landing page yang dibuat, baik ketika dibuka melalui komputer PC, laptop, tablet ataupun smartphone. Jika landing page Anda bertujuan untuk mendapatkan kontak, maka pastikan bahwa formulir yang dibuat sudah sesuai dengan apa yang Anda harapkan.
Atau jika Anda menawarkan sebuah produk atau jasa, maka tentunya harapan Anda adalah pengunjung yang datang akan membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Demikian tujuh tips untuk memaksimalkan landing page di perangkat mobile, semoga bermanfaat.
Lidia Wulan/VMN/BL/Head of Vibiz Internet Marketing Academy
Editor: Ruth Berliana