“Lapar Ada Lemper”, Promosi Menarik Di Tengah Kemacetan

(Business Lounge – Dominate The Market) – Suatu saat, saya sedang naik mobil dan berada di tengah kemacetan lalu lintas. Kalau dipikir, memang sangat membosankan jika berada di tengah kemacetan. Dan bukan hanya itu saja, sudah bosan, lapar pula biasanya. Nah, hal itulah yang akhirnya dimanfaatkan sebagai peluang orang para penjaja makanan maupun minuman yang ada di tengah kemacetan.

Mungkin, menemukan penjaja makanan atau minuman di tengah kemacetan sudah merupakan hal yang sangat sering. Namun, ada hal yang menarik yang pernah saya temukan. Disaat saya sedang di tengah kemacetan tersebut, beberapa penjaja berdiri menjajakan lemper mereka dengan tulisan “Lapar Ada Lemper”, wah, menurut saya ini konsep promosi yang sangat menarik sekali. Bagaimana tidak? Beberapa penjaja lemper tersebut terlihat lebih menarik jadinya, pastinya karena tulisan tersebut menarik perhatian saya.

Kotler (2002:41) menyatakan bahwa “Promosi adalah berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang menonjolkan keistimewaan-keistimewaan produknya yang membujuk konsumen sasaran agar membelinya”. Nah, dari situ dapat kita lihat, bahwa upaya promosi yang dilakukan pembuat lemper tersebut dengan adanya tulisan “Lapar Ada Lemper” tersebut, merupakan sarana untuk membujuk konsumen sasaran agar membelinya, tentunya konsumen yang sedang lapar di tengah kemacetan. Dikatakan bahwa promosi itu menonjolkan keistimewaan produk. Mungkin Anda berpikir, ah jualan lemper saja kan tidak istimewa, tetapi siapa bilang jualan lemper tidak istimewa kalau tulisan “lapar ada lemper”? Anda harus tahu, tulisan itulah keistimewaan yang bisa membujuk konsumen untuk membeli lemper tersebut.

Pelajaran yang dapat kita ambil, bahwa promosi harus dilakukan dengan menarik, dan juga segmen pasar yang tepat. Seperti promosi “Lapar Ada Lemper” tersebut, itu sangatlah pas untuk membujuk konsumen yang sedang bosan di tengah kemacetan. Well, kadang orang juga makan bukan sekedar karena lapar, melainkan bisa juga karena bosan. Jadi, buatlah promosi semenarik mungkin untuk produk atau jasa Anda. Tidak masalah, entah produk Anda hanya produk kecil-kecilan, atau produk mahal dan berkelas, semuanya sama, yaitu harus dipromosikan secara menarik. Jadi, mulailah berpikir untuk membuat media promosi yang menarik untuk memasarkan produk atau jasa Anda! Salam sukses!

Zefanya  Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL

 

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x