(Business Lounge – Dominate The Market) – Suatu saat, saya melihat ada sebuah gelas lucu yang menjadi bonus dari sebuah produk yang terpampang di salah satu toko retail. Tanpa pertimbangan yang super panjang, langsung saja saya mengecek produk dan bonusnya tersebut, dan pastilah dapat ditebak akhirnya, yaitu saya membeli produk tersebut karena bonus gelas yang ada.
Well, sepertinya bukan hanya saya saja yang berpikir demikian soal bonus atau hadiah kecil-kecilan dari produk. Salah satu orang yang saya kenal, bahkan mau membeli produk sabun batangan karena mendapatkan bonus payung.
Ada lagi penjelasan dari sahabat saya yang lainnya, yang bilang “ibu-ibu sekarang, bisa lho memindahkan rekeningnya hanya untuk dapat payung, gelas, boneka” Dan, ternyata hal itu benar adanya ketika sahabat saya yang lainnya berkata “saya juga pernah memindahkan tabungan karena di tempat yang baru ditawarkan bonus sepaket perlengkapan makan”.
Nah, dari semua yang terjadi, bisa disimpulkan bukan bahwa bonus, atau hadiah kecil-kecilan tersebut berdampak sangat besar? Sadarkah Anda, bahwa bonus yang kelihatannya sebatas hal kecil dan bisa Anda temukan di berbagai tempat, ternyata bisa memberikan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan Anda?
Bonus memang merupakan hal yang kelihatannya sepele, tetapi bagi pelanggan pada umumnya, bonus merupakan salah satu bentuk keperdulian perusahaan kepada pelanggan. Dan terkadang, dengan bonus yang ada, orang justru merasa lebih mendapatkan “ekstra manfaat” dari produk atau jasa yang dijual, meskipun bonus tersebut kelihatannya biasa-biasa saja.
Jadi, Anda pasti sudah tahu bahwa betapa pentingnya bonus atau hadiah kecil kepada pelanggan. Dan terlebih lagi, pemberian bonus atau hadiah kecil merupakan salah satu strategi pemasaran yang bisa diterapkan di perusahaan. Namun, pemilihan bentuk daripada bonus atau hadiah kecil tersebut pun juga harus menarik. Pertanyaannya sekarang, bagaimanakah bentuk bonus atau hadiah kecil yang menarik tersebut?
Harus disertakan logo atau nama perusahaan
Ini merupakan prinsip yang sangat penting! Jangan pernah melupakan logo atau nama produk Anda ditaruh pada bonus yang akan diberikan. Misalnya, Anda akan memberikan bonus boneka, pada baju bonekanya tulislah nama dan logo perusahaan Anda. Atau misalnya jika bonusnya adalah payung, tulislah nama dan logo perusahaan pada payung tersebut. Hal tersebut, akan membuat pelanggan terus-menerus teringat pada perusahaan Anda.
Desain menarik dengan warna yang sesuai
Bonus atau hadiah kecil yang ada tetap harus disertai dengan desain yang menarik. Jangan pernah membuat desain yang terlalu polos, atau juga terlalu banyak unsur warna yang kurang nyambung. Buatlah desain semenarik mungkin, dan juga upayakan pilihan warna yang Anda akan gunakan juga cocok, sehingga hadiah tersebut akan menyenangkan. Bisa jadi, Anda memesan hadiah kecil dari suatu merk yang sudah ternama, itu tidak menjadi masalah, tetapi sebisa mungkin, pesanlah desain khusus dari merk tersebut, hanya untuk periode pemberian bonus yang akan Anda lakukan kepada pelanggan Anda.
Mudah untuk digunakan
Bonus atau hadiah kecil yang akan diberikan, sebaiknya adalah yang mudah digunakan dan juga dapat dipakai oleh semua kalangan masyarakat. Upayakan untuk tidak memberikan barang atau jasa yang hanya diminati segelintir orang. Semakin banyak orang yang menyukai bonus atau hadiah kecil Anda, maka semakin banyak calon pelanggan baru yang akan berdatangan.
Meskipun sudah disertakan bonus, harga produk atau jasa tetap harus terjangkau
Penting untuk Anda perhatikan, bahwa jangan harga produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan Anda menjadi lebih mahal ketika disertakan bonus, tetapi harus tetap terjangkau. Namun, Anda bisa memanfaatkan bonus agar pelanggan membeli barang Anda lebih banyak lagi, misalnya beli 2 produk dapat 1 payung, dan juga banyak contoh lainnya, semua tergantung kreativitas Anda.
Bonus atau hadiah kecil memang terkesan sepele, tetapi jangan salah, hal kecil seperti itu, seringkali memberikan dampak yang besar dan menambah keuntungan yang tidak sedikit bagi perusahaan. So, siap untuk memberikan bonus atau hadiah kecil kepada pelanggan Anda?
Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL