Ini Cara Yang Tepat Memperlakukan Pelanggan Loyal Anda!

(Business Lounge – Dominate The Market) – Pelanggan merupakan salah satu investasi dari perusahaan. Bagaimana tidak, tanpa adanya pelanggan, maka kelangsungan hidup dari perusahaan akan terhenti. Memang, cara pertama untuk mendapatkan pelanggan adalah membuat produk atau jasa kita dengan sangat baik dan menarik, sehingga menarik banyak pelanggan. Tetapi, setelah para pelanggan tersebut menjadi loyal karena menyukai barang atau jasa Anda, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mempertahankannya.

Pertanyaannya, bagaimanakah cara untuk mempertahankan pelanggan loyal Anda? Yaitu dengan tahu memperlakukannya dengan baik. Nah, bagaimanakah cara memperlakukannya dengan baik? Ini dia cara-caranya :

Bersikap ramah kepada pelanggan Anda

Seperti Anda ramah kepada sahabat Anda, begitulah juga dengan pelanggan loyal Anda. Bahkan, jangan merasa sungkan untuk membukakan pintu, dan juga menyapa pelanggan Anda. Itu akan membuat dia senang dan akan semakin bersemangat mempromosikan produk atau jasa Anda kepada orang lain.

Rajinlah menyapa pelanggan Anda

Menyapa pelanggan, bukan hanya ketika ia berkunjung ke tempat Anda. Tetapi, jika Anda bertemu pelanggan Anda, di suatu tempat, sempatkan waktu untuk menyapanya, bahkan lebih baik lagi jika Anda menyapanya dengan menyebut nama pelanggan tersebut. Dijamin, pelanggan loyal Anda pasti akan semakin loyal kepada Anda, karena telah diperlakukan dengan baik.

Ingatlah nama pelanggan loyal Anda

Hal ini, sangat penting untuk mempertahankan pelanggan loyal Anda. Seseorang akan merasa sangat terhormat jika dipanggil dengan namanya, karena itu Anda harus ingat betul nama pelanggan loyal Anda, dan sapalah dengan namanya ketika bertemu. Dan, selain menyapa pelanggan dengan namanya, Anda juga harus rajin berkomunikasi, seperti memberitahukan produk atau jasa yang baru, dan bahkan memberikan rekomendasi kepada pelanggan Anda. Sesekali, Anda juga harus memberikan harga spesial khusus pelanggan Anda. Itu akan membuat pelanggan tidak akan berpaling dari Anda.

Tanyakan kebutuhan dan dengarkan pelanggan Anda

Apapun kebutuhan dan pertanyaan dari pelanggan, upayakan untuk mendengarkan. Dengan Anda mendengarkan, maka Anda juga akan dapat memberikan solusi yang baik kepada pelanggan Anda. Ketika Anda memberikan solusi yang baik, maka pelanggan akan merasa puas bekerjasama dengan Anda. Karena itu, jangan pernah berhenti mendengarkan pelanggan Anda, karena mendengar juga adalah merupakan salah satu kunci keberhasilan di dalam bisnis Anda.

Zefanya    Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x