Sangat Penting Mengenali Calon Klien Anda

(Business Lounge – Dominate the Market) Sebelum Anda berhasil menjual produk yang Anda miliki, terlebih dahulu Anda harus mengenali calon klien Anda. Sedapat mungkin berusahalah untuk mengetahui latar belakang dan tentu saja daya beli dari calon klien Anda. Anda dapat mencari tahu profil dari calon pembeli Anda. Jika Anda menjual produk-produk berkelas yang nilainya tinggi, hal ini sangat penting untuk Anda lakukan sehingga Anda akan melakukan penjualan kepada orang-orang yang tepat yang sesuai dengan segmen yang Anda tuju.

Bagaimana kita dapat mengenali calon klien kita ? Ajaklah dia berbicara dan jadilah seorang teman sehingga calon klien Anda dapat memberitahukan segala informasi tentang dirinya tanpa ragu-ragu. Hindari sikap yang menimbulkan calon klien Anda merasa curiga atau tidak nyaman dengan pertanyaan Anda. Kadangkala mungkin Anda tidak selalu harus membicarakan bisnis yang Anda hendak tawarkan kepadanya, jadilah pendengar yang baik. Carilah sebanyak mungkin informasi mengenai calon klien Anda tersebut, mungkin kesukaannya, kebiasaannya, hobby, perjalanan bisnis dan lain-lain hal-hal yang dapat Anda ketahui sehingga sedikit banyak Anda dapat mengenal siapa calon klien Anda.  Setelah Anda mengetahui profilnya tentu Anda akan dapat mengetahui daya beli calon klien Anda tersebut terhadap produk yang akan Anda tawarkan. Hal ini penting sekali karena dengan demikian Anda dapat mengukur sejauh mana Anda dapat berhasil melakukan penjualan dan mendapatkan peluang bisnis laindari calon klien Anda tersebut.

Pada bisnis-bisnis tertentu yang beresiko tinggi sangat penting untuk mengetahui profil calon klien Anda sebelum Anda dapat memutuskan untuk bekerjasama atau tidak. Sebelum Anda mengetahui benar profil calon klien Anda maka Anda tidak dapat memutuskan apakah akan terus melanjutkan prospek atau tidak. Dengan mengetahui profil calon klien Anda, penjualan Anda akan lebih tersegmentasi dan Anda dapat mengambil keputusan apakah calon klien Anda adalah orang yang tepat atau bukan.  Jikalau Anda menjual produk-produk yang berkelas, Anda harus mengetahu dengan tepat calon klien Anda memiliki kemampuan beli yang Anda haapkan atau tidak. Tidak semua orang memiliki daya beli yang Anda inginkan karena itu kita tidak akan menghabiskan waktu dan tenaga untuk orang-orang yang bukan pada segmen yang kita mau. Disinilah Anda harus memfokuskan penjualan Anda pada calon-calon klien yang benar-benar prospek.

Setelah Anda mengetahui siapa calon klien Anda, hal ini sangat memudahkan Anda untuk dapat memberikan service yang terbaik dan melakukan penjualan. Anda dapat memberikan pelayanan-pelayanan yang terbaik yang akan membuat terjalinnya kerjasama yang bersifat long term dan klien Anda akan menjadi loyal terhadap Anda. Dengan mengenali calon klien Anda, Anda akan dapat membangun kepercayaan yang merupakan modal utama yang sangat diperlukan ketika Anda hendak menjalin kerjasama bisnis yang berhasil.

Indriani Vera/Contributor/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x