Penjualan iPad Tahun Ini Anjlok 9%

(Business Lounge – Tech & Gadget) Ditengah persaingan penjualan gadget yang semakin ketat maka sudah pasti ada saja produk yang ‘tumbang’ dalam peraihan penjualan. Seperti yang dialami oleh salah satu produk Apple yaitu iPad. Pihak Apple melaporkan bahwa pada kuartal kedua tahun 2014 ini, Apple tercatat hanya mampu menjual 13,3 juta unit iPad. Angka ini sangat merosot dibandingkan periode sebelumnya. Angka ini menunjukkan penjualan mengalami penurunan sebesar 9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sebelumnya bahkan dilaporkan bahwa angka penjualan iPad pada kuartal pertama tahun ini anjlok hingga 16 %.

Penyebab Anjloknya Penjualan iPad

Apakah sesungguhnya yang menyebabkan kondisi ini terjadi? Jika diteliti lebih lanjut maka menurut banyak pengamat situasi ini disebabkan oleh tingginya harga iPad dibandingkan tablet Android keluaran lainnya yang beredar di pasar. Salah satu kompetitornya yaitu Samsung memberi harga cukup terjangkau untuk produksi tablet Androidnya. Hampir seluruh versi Android dari Samsung dijual dengan harga di bawah USD 400. Sementara untuk iPad dijual dengan harga lebih dari USD 400.

Tero Kuittinen, Direktur perusahaan konsultan investasi Magid Associates pun turut menyatakan bahwa perbedaan harga memang menjadi salah satu faktor utama pendapat tersebut. Bagaimanpun dengan mahalnya harga iPad akan membuat konsumen jadi lebih selektif dalam membelinya dan membuat konsumen beralih ke produk yang lebih terjangkau dengan kualitas yang sama.

Kalau melihat kilas balik sejarah saat pertama kali iPad dirilis pada pertengahan tahun 2010 yang lalu maka tablet Apple yaitu iPad bisa dikatakan menjadi perintis pasar tablet dunia yang sangat populer di kalangan pencinta gadget. Beberapa keunikkan iPad adalah layarnya yang lebih besar dibanding smartphone. Dari sisi penggunaan maka iPad kerap digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor dan juga menyalurkan hobi serta mencari akses hiburan.

Namun demikian, seiring berjalannya waktu, popularitas iPad kian menurun dari waktu ke waktu. Kondisi yang sudah pasti berdampak langsung pada anjloknya jumlah penjualan iPad di pasar global. Merespon hal ini, CEO Apple yaitu Tim Cook sendiri dikabarkan masih sangat optimis dengan pertumbuhan penjualan iPad di pasar global. Tim Cook juga menyatakan bahwa angka penjualan iPad masih sesuai dengan target perusahaan dan optimis penjualan iPad dapat lebih baik di kuartal selanjutnya.

 

Tania Febe/Journalist/VM/BL
Image: Wikipedia

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x