The Right Strategy is a Key of Sucess

(Business Lounge – Manage Your Business) Strategi dalam manajemen adalah sesuatu yang vital untuk kelangsungan perusahaan. Salah strategi dapat berarti kematian. Sebaliknya tepat strategi akan membuat kesuksesan yang luarbiasa. Peranan pemimpin dalam mengeksekusi strategi adalah sangat penting.

Membutuhkan Strategi

Suatu bisnis sejak dimulai sudah membutuhkan sebuah strategi. Untuk pricing misalnya. Pricing strategy apa yang Anda pilih yang kira-kira dapat menghantar Anda kepada targeted customer? Atau pun dalam menembus pasar, strategi apa yang diperlukan dalam dunia marketing agar menembus pasar dalam waktu cepat. Semua harus diselaraskan dengan target/goal yang ingin dicapai. Setelah melewati 3 tahun pertama maka biasanya bisnis akan memerlukan strategi baru misalnya memerlukan ekspansi atau tidak, jika ya maka ekspansi seperti apa yang harus dilakukan? Jika pertumbuhan bisnis sudah stabil maka agar tidak terjebak menjadi stagnant, kembali akan diperlukan strategi.

Dibutuhkan orang yang mengerti proses bisnis dan memahami kondisi pasar sehingga dapat melakukan yang tepat yang menjawab kebutuhan pasar.

Wave Strategy

Sebagai contoh strategi yang dapat dipakai oleh perusahaan yang bergerak di bidang IT, Gadget atau fashion adalah wave strategy. Sesuai dengan namanya maka pengertian mengenai strategi ini adalah memahami gelombang bisnis. Bisnis adalah sesuatu yang berlangsung terus menerus seperti gelombang  laut yang tidak berhenti sepanjang hari dan sepanjang musim. Gelombang bisnis ini harus menjadi sesuatu yang dipahami oleh perusahaan, kapan harus memukul pasar dengan gelombang pasang, memberikan gelombang baru untuk kemudian pasang kembali sehingga excitement pasar terhadap produk selalu tinggi dan tidak pernah berhenti.

Wave strategy ini sebenarnya dapat dijelaskan melalui kurva distribusi normal dimana demand pasar terhadap suatu produk baru naik perlahan hingga ke titik tertinggi dan setelah itu surut kembali. Sebelum pasar menghadapi titik jenuh, kita harus sudah siap dengan sebuah produk atau inovasi baru lagi sehingga pasar akan selalu antusias menanti apa lagi yang akan kita hasilkan.

Sebagai contoh Samsung, pada masa kini di dunia gadget, Samsung menimbulkan demand yang tinggi, minat customer terhadap Samsung selalu tinggi karena Samsung selalu menjaga gelombang pasar sehingga terus antusias dengan hadirnya produk-produk baru yang inovatif. Time for launching product tidak boleh salah timing atau pasar terlanjur jenuh dan tidak lagi antusias.

Perhatikan Jenis  Produk Anda. Untuk produk-produk primer yang selalu dibutuhkan orang, tidak perlu menggunakan wave strategy. Pelajari pricing, competitor dan tipe customer Anda untuk dapat menentukan apakah strategi Anda sudah tepat.

Tips Mencari Strategi yang Tepat

Ada beberapa tips yang dapat dipakai untuk mencari strategi yang tepat:

1. Perhatikan kategori produk yang Anda jual,  apakah produk primer atau sekunder atau tersier. High end atau  low end, mass product atau bukan, barang bergerak cepat atau tidak.

2. Pelajari strategi apa saja yang dapat menjadi pilihan bagi Anda.

3. Pelajari pasar, target market, kebudayaan, dan sebagainya.

4. Pelajari proses bisnis Anda. Cari peluang dan kesempatan di setiap waktu.

5. Kembangkan kreativitas, tidak selalu harus  mengikuti teori atau strategi yang sudah pernah ada, Anda bisa mengembangkannya sendiri.

6. Fokus dan konsisten dengan strategi pilihan dan lakukan evaluasi periodik agar Anda dapat memutuskan lanjut dengan strategi sekarang atau mengubah lagi strategi Anda.

Selamat mencoba dan semoga bisnis lancar jaya dengan strategi yang tepat.

Vera Herlina/Head of Followership and Leadership Academy/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana