(The Manager’s Lounge – Quality) Bagaimanakah untuk menghasilkan hasil kerja yang bermutu tinggi melalui kepemimpinan kerja yang berkualitas?
CEO dan pemimpin organisasi bertanggung jawab atas kualitas organisasi yang mereka pimpin. Mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan lingkungan yang positif secara internal untuk memfasilitasi efektivitas fungsi organisasi, dan secara eksternal untuk memberikan kualitas layanan dan produk kepada pelanggan. Semakin baik kualitas seorang pemimpin, maka semakin baik situasi lingkungan kerja internal dan juga kualitas produk akhir yang dihasilkan.
Sebuah Project Manager dalam sebuah organisasi memiliki tanggung jawab dan akuntabilitas yang lebih seperti halnya dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin besar. Baik CEO maupun Manajer Proyek bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang terorganisir dan manusiawi bagi karyawan yang bekerja , dan tentunya juga menciptakan produk akhir atau jasa yang berkualitas. CEO bertanggung jawab untuk memimpin seluruh organisasi sebagai kepala atau tokoh, mereka mewakili kualitas tertinggi dari seluruh fungsi pekerjaan produksi dan penyediaan. Walaupun seorang Project Manager tidak memikirkan hal-hal di tingkat makro , mereka bertanggung jawab dalam proses kerja di lapangan yaitu untuk memimpin anggota tim yang akan mewakili kualitas pekerjaan yang dihasilkan oleh tim tersebut.
Tantangan tambahan yang dihadapi oleh seorang Project Manager adalah pada saat harus memimpin orang-orang yang tidak perlu melapor langsung kepada dia. Ini berarti bahwa dia harus memiliki kemampuan yang lebih baik lagi sehingga dapat memotivasi dan membimbing tim di dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya. Namun sesungguhnya apa yang harus dilakukan seorang Project Manager untuk menjadi seorang pemimpin yang besar? Apakah memiliki kemampuan untuk menginspirasi anggota tim untuk bekerja dengan integritas dan kualitas yang baik baik sebagai seorang individu ataupun dalam sebuah team?
Untuk menjawab pertanyaan di atas, cara yang terbaik adalah dengan melihat pengalaman orang lain yang telah menunjukkan kemampuan kepemimpinannya yang sangat baik dan berkualitas. Pada tahun 2002, Oren Harari menulis buku, “Rahasia Kepemimpinan Colin Powell”. Dalam buku ini, Oren mampu merangkum delapan belas prinsip yang menjadikan seseorang menjadi pemimpin besar. Salah satu prinsip penting di dalam buku tersebut mengajarkan bahwa seorang pemimpin besar sangat ,memperhatikan hal-hal detail seperti: “Jika Anda akan mencapai suatu hal yang besar dan hebat, maka mulailah Anda dengan mengembangkan kebiasaan dalam hal-hal kecil. Menjadi yang terbaik bukanlah suatu pengecualian, tetapi itu adalah sikap yang berlaku.” Sebagai Project Manager, Anda harus mampu untuk tetap berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip di atas. Semakin pekerjaan dilakukan secara teratur dan penuh kedisiplinan, maka akan semakin mudah dalam pengelolaan proyek. Prioritas Colin Powell adalah untuk tetap bersikap sesuai dengan prinsip dan mengubahkannya menjadi kebiasaan sehari-hari. Seorang Project Manager perlu mengembangkan disiplin setiap hari dan juga sangat memperhatikan hal-hal detail.
Aspek penting dari gaya kepemimpinan efektif Colin Powell adalah keyakinannya pada kenyataan bahwa meskipun rencana yang penting, namun yang akan menyelesaikannya adalah manusianya. Colin Powell menyatakan bahwa setiap tugas penting dan dia memiliki pernyataan sebagai berikut: “Saya juga percaya, dengan kedalaman hatiku, bahwa tidak ada pekerjaan di [organisasi] yang tidak penting, dan saya percaya bahwa setiap orang memiliki peran penting untuk bermain, dan tugas saya adalah mengkomunikasi dan menyampaikan ke bawahan dan ke setiap lapisan, sampai ke orang terakhir dalam organisasi, bahwa peran berharga yang mereka lakukan dan bagaimana dan apa yang mereka lakukan itu memberikan kontribusi untuk misi organisasi.”
Sebagai Project Manager, Anda perlu berkomunikasi kepada semua orang di tim Anda mengenai pentingnya tugas mereka, pentingnya peran mereka terhadap proyek, dan bagaimana ini sangat cocok berada di dalam gambaran besar dari organisasi. Kemampuan Colin Powell untuk tetap di atas details dan mengkomunikasikan pentingnya peran masing-masing orang, mampu menjadikan dia memperoleh penghargaan untuk menjadi seorang pemimpin besar karena ia telah memberikan suatu inisiatif yang konsisten dan menghasilkan keberhasilan. Sebagai Manajer Proyek, kita bisa belajar dari contoh Colin Powell dan model kualitasnya, untuk membawa keberhasilan dalam menyelesaikan suatu proyek.
Dapat disimpulkan bahwa untuk menghasilkan proyek berkualitas tinggi, maka diperlukan kepemimpinan dengan kualitas tinggi. Project Manager sebagai pemimpin harus mampu menunjukkan kepedulian mereka untuk kualitas dalam rincian pekerjaan dan rincian setiap orang melakukan tugas. Keunggulan dan kualitas harus menjadi bagian integral dari setiap tugas dan setiap orang yang terlibat dalam sebuah proyek. Project Managfer yang merupakan pemimpin besar tahu bagaimana untuk menjaga tim terfokus pada kualitas tugas dengan tetap di atas rincian atau details dan secara konsisten mengkomunikasikan pentingnya peran masing-masing anggota tim.
(Palimirma/IK/TML)