Bagaimana Menjadi Project Manager Yang Berkualitas

(The Manager’s Lounge – Quality) Bagaimanakah untuk menghasilkan hasil kerja yang bermutu tinggi  melalui  kepemimpinan kerja yang berkualitas?

CEO dan pemimpin organisasi bertanggung jawab atas kualitas organisasi yang mereka pimpin. Mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan lingkungan yang positif secara internal untuk memfasilitasi efektivitas fungsi organisasi, dan secara eksternal untuk memberikan kualitas layanan dan produk kepada pelanggan. Semakin baik kualitas seorang pemimpin, maka semakin baik situasi lingkungan kerja internal dan juga kualitas produk akhir yang dihasilkan.

Sebuah Project Manager dalam sebuah organisasi memiliki tanggung jawab dan akuntabilitas yang lebih seperti halnya dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin besar. Baik  CEO maupun  Manajer Proyek bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang terorganisir dan manusiawi bagi karyawan yang  bekerja , dan tentunya juga menciptakan  produk akhir atau jasa yang berkualitas. CEO bertanggung jawab untuk memimpin seluruh organisasi  sebagai kepala atau tokoh, mereka mewakili kualitas tertinggi dari seluruh fungsi pekerjaan produksi dan penyediaan. Walaupun seorang Project Manager tidak memikirkan hal-hal di tingkat  makro , mereka  bertanggung jawab dalam proses kerja di lapangan  yaitu untuk memimpin anggota tim yang akan mewakili kualitas pekerjaan yang dihasilkan oleh  tim tersebut.

Tantangan tambahan yang dihadapi oleh seorang Project Manager  adalah pada saat harus memimpin orang-orang yang tidak perlu melapor langsung kepada dia. Ini berarti bahwa dia harus memiliki kemampuan yang lebih baik lagi sehingga dapat memotivasi dan membimbing tim di dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya. Namun sesungguhnya apa yang harus dilakukan seorang Project Manager untuk menjadi seorang pemimpin yang besar? Apakah memiliki kemampuan untuk menginspirasi anggota tim untuk bekerja dengan integritas dan kualitas yang baik baik sebagai seorang individu ataupun dalam sebuah team?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, cara yang terbaik adalah dengan melihat pengalaman orang lain yang telah menunjukkan kemampuan kepemimpinannya  yang sangat baik dan berkualitas. Pada tahun 2002, Oren Harari menulis buku, “Rahasia Kepemimpinan Colin Powell”. Dalam buku ini, Oren mampu merangkum  delapan belas prinsip yang menjadikan seseorang menjadi pemimpin besar. Salah satu prinsip penting di dalam  buku tersebut  mengajarkan bahwa seorang pemimpin besar sangat ,memperhatikan hal-hal detail seperti:  “Jika Anda akan mencapai suatu hal yang besar dan hebat, maka mulailah Anda dengan mengembangkan kebiasaan dalam hal-hal kecil. Menjadi yang terbaik bukanlah suatu pengecualian,  tetapi itu adalah sikap yang berlaku.” Sebagai Project Manager, Anda harus mampu untuk tetap berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip di atas. Semakin  pekerjaan dilakukan secara teratur dan penuh kedisiplinan,  maka akan semakin mudah dalam pengelolaan proyek. Prioritas Colin Powell adalah untuk tetap bersikap sesuai dengan prinsip dan mengubahkannya menjadi kebiasaan sehari-hari. Seorang Project Manager  perlu mengembangkan disiplin setiap hari dan juga sangat memperhatikan hal-hal detail.

Aspek penting dari gaya kepemimpinan efektif Colin Powell adalah keyakinannya pada kenyataan bahwa meskipun rencana yang penting,  namun yang akan menyelesaikannya adalah manusianya. Colin Powell menyatakan bahwa setiap tugas penting dan dia memiliki pernyataan sebagai berikut: “Saya juga percaya, dengan kedalaman hatiku, bahwa tidak ada pekerjaan di [organisasi] yang tidak penting, dan  saya percaya bahwa setiap orang memiliki peran penting untuk bermain, dan tugas saya adalah mengkomunikasi dan menyampaikan  ke bawahan dan ke setiap lapisan,  sampai ke  orang terakhir dalam organisasi, bahwa peran berharga yang mereka lakukan dan bagaimana dan apa yang mereka lakukan itu memberikan kontribusi untuk misi organisasi.”

Sebagai Project Manager, Anda perlu berkomunikasi kepada semua orang di tim Anda mengenai pentingnya tugas mereka, pentingnya peran mereka terhadap proyek, dan bagaimana ini sangat cocok  berada di dalam  gambaran besar dari organisasi. Kemampuan Colin Powell untuk tetap di atas details  dan mengkomunikasikan pentingnya peran masing-masing orang, mampu menjadikan dia memperoleh  penghargaan untuk menjadi seorang pemimpin besar karena ia telah memberikan suatu  inisiatif yang konsisten dan menghasilkan keberhasilan.  Sebagai Manajer Proyek, kita bisa belajar dari contoh Colin Powell dan model kualitasnya, untuk membawa keberhasilan dalam menyelesaikan suatu proyek.

Dapat disimpulkan bahwa untuk menghasilkan proyek berkualitas tinggi, maka diperlukan kepemimpinan dengan kualitas tinggi. Project Manager sebagai pemimpin harus mampu menunjukkan kepedulian mereka untuk kualitas dalam rincian pekerjaan dan rincian setiap orang melakukan tugas. Keunggulan dan kualitas harus menjadi bagian integral dari setiap tugas dan setiap orang yang terlibat dalam sebuah proyek. Project Managfer yang merupakan pemimpin besar tahu bagaimana untuk menjaga tim terfokus pada kualitas tugas dengan tetap di atas rincian atau   details  dan secara konsisten mengkomunikasikan pentingnya peran masing-masing anggota tim.

(Palimirma/IK/TML)