(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Artikel sebelumnya membahas mengenai perilaku belanja masyarakat Cina. Temuan yang penting antara lain adalah perilaku belanja kaum muda Cina yang bisa menjadi target pasar yang menjanjikan. Hal ini menimbulka implikasi bahwa peritel global dapat menyasar mereka sebagai target pasar.
Artikel kali ini masih membahas hasil penelitian yang dilakukan oleh McKinsey mengenai perilaku belanja sandang masyarakat India dan Brazil.
Masyarakat India mengeluarkan porsi yang sama dari pendapatan mereka untuk berbelanja pakaian seperti layaknya Cina dan Brazil. Namun tingkat pendapatan per kapita yang lebih rendah, berarti secara keseluruhan pengeluarannya lebih rendah secara signifikan.
Selain itu, perilaku belanja masyarakat India juga memberi tantangan khusus bagi peritel multinasional. Contohnya, hampir 40% dari konsumen mass-market India yang disurvei menyatakan bahwa waktu belanja yang terpenting bagi mereka adalah jika ada event spesial, seperti pernikahan dan festival keagamaan.
Temuan penting lainnya yaitu, berbelanja adalah suatu aktivitas keluarga di India: hampir 70% responden selalu berbelanja ke pertokoan dengan keluarganya, dan 74%, dimana jumlahnya dua kali dari Brazil, Cina dan Rusia, memandang bahwa berbelanja adalah cara yang terbaik dalam menghabiskan waktu dengan keluarga. Preferensi mengenai family-oriented shopping berlaku konsisten pada seluruh kelompok usia, segmen pendapatan, wilayah, serta besar kota.
Seperti halnya di pasar lainnya, wanita India juga menjadi pengambil keputusan utama dalam pembelian pakaian bagi seluruh keluarga. Namun, pria India juga mempunyai peranan penting: sebagian dari responden menyatakan bahwa suami mereka mempunyai pengaruh utama dalam menentukan toko mana yang dikunjungi, bandingkan dengan Brazil (3%), Cina (8%), dan Rusia (18%)
Selain itu, India juga berbeda dalam hal pasar bagi sandang pria lebih banyak daripada pasar bagi sandang wanita, dimana pakaian tradisional masih dominan. Oleh karena itu, implikasi bagi peritel global adalah mereka harus menemukan format dan pendekatan merchandise yang tepat yang dapat menarik konsumen untuk berbelanja tidak hanya untuk event spesial dan menarik bagi seluruh anggota keluarga.
(Rinella Putri/AA/TML)