(The Manager’s Lounge – Service & CRM) – Manakala berhadapan dengan bisnis sangat penting bagi anda untuk membangun sebuah hubungan. Anda akan membutuhkan untuk menciptakan dan membangun hubungan yang akan membantu anda secara periodic melalui kehidupan bisnis anda. Membangun dan mempertahankan hubungan akan membantu kesuksesan tetapi akan membahayakan hubungan manakala terjadi relasi hubungan yang tidak baik yang dapat membahayakan reputasi dan bisnis anda.
Banyak orang mempunyai masalah dengan hubungan bisnis yang secara simpel dikarenakan mereka tidak mengetahui aturannya. Tidak ada buku secara khusus yang membahas tentang hal tersebut. Sebagai tambahan, ada banyak jenis hubungan bisnus yang berbeda dan situasi yang berbeda yang akan anda hadapi. Berikut ini adalah beberapa tips yang membantu anda menciptakan dan mempertahankan hubungan bisnis.
1. Ingatlah kesan pertama akan diperhitungkan
2. Jangan mengambil jalan yang mudah tetapi mengabaikan jalan yang benar
3. Ingatlah anda tidak hanya apa yang anda lakukan tetapi bagaimana anda melakukan
4. Seperti layaknya hubungan lainnya, ada memberi dan ada menerima
5. Bekerjalah secara jujur, meskipun pada hubungan bisnis
6. Komunikasi adalah kunci.
Sangat penting untuk selalu diingat bahwa kesan pertama akan diperhitungkan. Manakala meeting dengan asosiasi bisnis pertama kali, baik online maupun offline, anda membutuhkan untuk meyakinkan bahwa anda telah mempresentasikan diri anda dengan baik dan professional. Memakai pakaian yang indah, bersih dan berbicara dengan nada yang tegas serta yakinlah terhadap diri anda. Tunjukanlah bahwa anda percaya diri terhadap posisi anda tetapi tetap jujur.
Jangan mencoba menggunakan jalan yang mudah yang keluar dari cara yang benar. Meskipun cara yang benar lebih susah dan mungkin menyebabkan konflik, hal ini akan mendatangkan anda lebih peduli untuk menyelesaikannya.
Ingatlah setiap hubungan memiliki asas memberi dan menerima. Jangan menjadi seseorang yang selalu menerima dan tidak memberikan umpan balik pada waktu yang sama. Hal ini akan membahayakan hubungan bisnis dan terlihat sangat pelit dalam berbisnis karena pada dasarnya sebuah bisnis selalu menguntungkan kedua belah pihak.
Ingatlah pentingnya komunikasi. Jika partner bisnis atau klien anda mengetahui dan mengerti situasi, mereka akan mengerti keadaan anda. Menghindari telephone, email dan media korespondensi lainnya dikarenakan anda tidak tahu apa yang harus dikatakan dan takut berkata salah sehingga klien anda akan menyalahkan anda. Berbohong juga menghancurkan hubungan dan reputasi bisnis anda.
Ingatlah kejujuran adalah penting dalam berhubungan. Anda tidak dapat meminta kejujuran dari seseorang dimana anda tidak dapat memberikan apa-apa yang anda miliki. Ada beberapa cara memproteksi diri anda, melalui kontrak dan perjanjian legal.
Jika anda menemukan hubungan bisnis anda tidak bekerja dan anda membutuhkan untuk mengakhirinya atau pihak lain mengakhirinya, anda harus tetap profesional. Terkadang hubungan bisnis tidak berkembang; atau orang-orang tidak berhubungan baik bersama-sama. Ini tidak berarti bahwa anda adalah seorang yang tidak baik.
Ingatlah setiap orang adalah manusia, tidak masalah seberapa sempurnanya terlihat dari luar. Kesalahan akan tetap terjadi. Cobalah untuk mengerti dan memberlakukan seseorang sebagaimana anda ingin dilakukan.