(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Marketing menjadi sebuah ilmu yang sangat menarik untuk mempelajari. Mempelajari ilmu marketing cukup mudah hanya saja aplikasinya sangat sulit. Banyak sekali pihak marketer yang melakukan berbagai tipu daya guna mempengaruhi para calon konsumen untuk melakukan pembelian. Baik tipu daya secara sehat maupun tidak sehat. Seperti maraknya iklan-iklan pulsa yang mulai membodohi paa calon pembeli. Ada satu ilmu marketing yang jarang diperbincangkan oleh banyak pihak. Salah satunya adalah marketing syariah. Marketing syariah adalah sebuah ilmu marketing yang dicontohkan oleh Nabi Muhamad SAW. Terdapat beberapa karakteristik tips markerting secara islami, antara lain :
1. Mencintai konsumen
Konsumen adalah seorang raja yang harus dihormati. Berdasarkan konsep syariah, seorang marketer harus mencintai konsumen sebagaimana layaknya ia mencintai diri sendiri. Janganlah menipu pelanggan dan layani sepenuh hati. Ini adalah salah satu penangkis dari pembodohan terhadap konsumen dari fenomena yang kian marak saat ini.
2. Jujur adalah sebuah brand
Saat memasarkan sebuah barang, ungkapkanlah kelemahan serta keuntungan dari produk tersebut. Sisi marketer konvensional adalah hanya mementingkan sisi keuntungan produk sedangkan sisi kelemahan produk tidak di tampilkan. Pemasaran jenis ini akan membahayakan konsumen yang pada akhirnya akan berdampak pada citra buruk bagi perusahaan.
3. Segmentasi ala nabi
Nabi pernah marah saat melihat pedagang menyembunyikan jagung basah di sela-sela jagung kering. Hal itu dengan Nabi, saat menjual barang dia selalu menunjukkan bahwa barang ini bagus karena ini, dan barang ini kurang bagus, tapi harganya murah. Pelajaran dari kisah itu adalah bahwa Nabi selalu mengajarkan agar kita memberikan good value untuk barang yang dijual. Sekaligus Rasulullah mengajarkan segmentasi: barang bagus dijual dengan harga bagus dan barang dengan kualitas lebih rendah dijual dengan harga yang lebih rendah.
Dalam soal segmentasi ini, Yamaha Motor adalah salah satu perusahaan yang bisa dijadikan teladan. Dia menciptakan motor Yamaha Mio, dengan mesin ber-cc kecil, tapi otomatis, dan mudah penggunaannya untuk segmen pasar perempuan. Dialah pelopor industri motor yang membidiki segmen ini, segmen yang sebelumnya selalu dilupakan pesaing lain. Hasilnya, dengan Mio Yamaha menyodok Honda dan menjadi penjual nomor satu di Indonesia 2007 ini.
4. Penuhi janji
Nilai sebuah produk harus disesuaikan dengan apa yang dijanjikan. Hal ini akan menjamin kepuasan dari pelanggan. Sebagai contoh adalah di Indonesia dimana Bank Syariah Mandiri sebagai bank syariah terbaik karena didukung oleh call centre yang berkualitas yang akan menjamin hal yang ia janjikan kepada para pelanggan.
Syariah marketing sangat menarik untuk dipelajari. Banyak sekali keuntungan dengan mengaplikasikasikan syariah marketing pada bisnis yang Anda kelola. Semoga sukses dalam berbisnis. (WU)
(dari berbagai sumber)(WU)
(Vibiz Consulting/AA/TML)