(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Natal semakin mendekat. Semua pusat perbelanjaan dan juga tempat penting lainnya berlomba untuk memasarkan produk dan jasa khas Natal seperti pohon Natal, hiasan atau ornamen Natal dan juga berbagai pernak-pernik Natal lainnya serta paket-paket khusus untuk hari Natal. Akan tetapi, bisa jadi hampir semua pusat perbelanjaan, hotel, maupun tempat penting lainnya menawarkan produk atau jasa yang hampir sama. Misalnya di pusat perbelanjaan, hiasan Natal di mall tersebut memang merupakan daya tarik yang membuat mall tersebut bisa menjadi pilihan yang dikunjungi menjelang Natal. Namun, bagaimana menyiasatinya agar banyak orang memilih untuk mengunjungi tempat kita, baik itu pusat perbelanjaan, hotel maupun tempat lainnya?
Kreativitas merupakan hal utama yang harus diperhatikan untuk menyiasati hal tersebut. Contoh kreativitas yang menarik adalah seperti ketika saya berkunjung ke salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Disana diadakan kompetisi branding dengan cara setiap perusahaan membuat pohon Natal dengan kreativitas masing-masing. Ketika saya memperhatikan, memang bisa dikatakan cukup menarik, ada pohon Natal yang terbuat dari botol bekas, bunga, pernak-pernik yang disusun bertingkat, dan juga berbagai bahan lainnya yang membuat Anda kagum karena hampir di setiap sisi di pusat perbelanjaan tersebut Anda melihat kreativitas dalam membuat pohon Natal yang terdiri dari berbagai bahan. Dan bukan hanya itu saja, kreativitas mereka bahkan diperlombakan, dengan cara mendapatkan voting terbanyak dari pengunjung.
Kreativitas tersebut memang memancing orang untuk datang dan bisa dikatakan lebih memilih pusat perbelanjaan tersebut daripada pusat perbelanjaan lainnya. Nah, hal tersebut sebenarnya bukan hanya berlaku bagi pusat perbelanjaan saja, melainkan juga bisa berlaku bagi hotel, dan juga tempat lainnya. Kalau kita memiliki kreativitas di dalam membuat tempat kita menjadi lebih menarik, maka orang akan berbondong-bondong datang untuk melihat hal tersebut. Dan ketika orang datang, maka hal tersebut juga bisa mendatangkan profit bagi Anda, karena hal tersebut juga akan memancing konsumen untuk membeli barang-barang yang Anda jual di tempat Anda, seperti pernak-pernik Natal yang dijual di mall dan bakery untuk hidangan Natal yang dijual di hotel.
Di dalam marketing, kreativitas memang sangat dituntut. Seorang salesperson yang berhasil adalah seorang yang kreatif dan sanggup memberikan ide-ide cemerlang yang menarik sehingga mendatangkan banyak income. Termasuk di dalamnya untuk memasarkan produk atau jasa di hari raya, kreativitas merupakan hal yang paling utama, karena dengan kreativitas, hal itu merupakan senjata ampuh untuk memenangkan persaingan di dalam dunia bisnis.
So, don’t be afraid to be creative person…
(Fanya Jodie/AA/TML)