End Year Pressure of Sales – Marketing Person

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Tahun 2012 akan segera berakhir,  semua bagian department kembali sibuk dengan berbagai hal yang menyangkut penyelesaian pekerjaannya menjelang tutup buku dan hal lainnya namun tidak ada yang sepanik dan seheboh bagian sales dan marketing.

Mereka mulai menimbang nimbang dan memprediksikan apakah dengan sisa waktu yang ada di tahun ini, akan ditutup dengan achievement closing atau under target closing.  Siapa yang tidak tegang dan harus terus putar otak agar target dapat tercapai dengan maksimal karena disamping menjadi beban moral juga menjadi ajang penunjukan exixtensi diri sendiri.

Mia sudah dua bulan ini selalu under target dalam pencapaian penjualannya.  Semakin berganti bulan semakin tegang dirasakan dan berpikir lebih keras lagi; bahwa upaya apa yang akan dilakukan lagi agar targetnya dapat tercapai.  Sementara semua orang sibuk dengan calon clientnya.  Adakah jalan keluar ? dan dapatkan meraih yang terbaik ditengah situasi dan kondisi yang sangat terpuruk?

Dalam kondisi terburuk seperti ini jangan pernah menjadi pesimis apalagi menyerah dengan keadaan.  Fighting spirit seorang sales – marketing harus kuat terlihat dan keluar justru saat saat kritis dalam perjalanan karirnya. Do the best with all effort you have….
Jiwa sales – marketing harus selalu:
Semangat dan optimis
Pantang menyerah dan down
Tahu bersyukur dan tetap cheers…
Buka hati lebar lebar terhadap segala hal yang terburuk
Sabar dan berdoa pada yang Maha Kuasa
Sementara strategi yang dapat dijalankan kembali agar hasil maksimal bisa di raih adalah:
1. Buka kembali bank data client yang saudara miliki
2. Kelompokan ke dalam warm prospect, hot prospect dan closing prospect
3. Pelajari kembali sebab / alasan peluang bisa lepas
4. Gali kembali informasi yang ada
5. Hubungi client client tsb, dapat dimulai dari closing prospect dengan menjalankan strategi after sales service
6. Hubungi kembali client hot prospect sambil lakukan penjajakan kembali dan atur strategi untuk mengubahnya menjadi closing prospect
7. Mintakan referensi dari berbagai sumber yang sekiranya.

 

 

(ST. Hwa/AA/TML)