(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Bila ingin profit dalam penjualan, kita harus jeli untuk melihat tren apa yang sedang terjadi saat ini , produk apa yang sedang dibutuhkan orang saat ini, sehingga kita dapat memilih strategi promosi yang tepat, dan akhirnya penjualan kita mencapai sasaran, diminati konsumen, bahkan unggul di antara pesaing.
Usaha penjualan dengan modal terbatas, haruslah dicari atau dipikirkan dahulu, penjualan apa yang cocok, ternyata jenis barang yang cepat laku, adalah seperti sepatu wanita, pakaian wanita, rok, dll. Indikasi cepat laku adalah kalau barang itu sering berganti atau cepat habis. Usaha pakaian memang waktu lakunya lama, dibandingkan dengan jualan makanan. Oleh sebab itu ada dua alternatif hal yang dapat dipilih yaitu memilih produk pakaian yang mahal agar dapat keuntungan besar, atau memilih produk yang murah dengan keuntungan kecil, tetapi pembeli terus menerus membeli.
Walaupun sudah memilih produk yang cepat laku, promosi tetap harus dilakukan tapi pada dasarnya promosi yang canggih tidak diperlukan. Yang penting dalam menjual harus ramah, mudah memuji ke konsumen, dan tempat diusahakan bersih. Setiap 3 hari diganti produk yang dipajang agar menimbulkan kesan laku dan memiliki variasi yang banyak. Prinsipnya promosi harus sesedikit mungkin mengeluarkan biaya, dan semua pelanggan dianggap sama. Misalnya semua harga adalah tetap, tidak boleh ditawar. Penawaran terjadi bila membeli dalam jumlah banyak. Misalnya meminta diskon 10%, bila membeli secara grosir bukan retail. Ini dapat dijadikan promosi untuk meningkatkan penjualan.
Usaha ini tentu memiliki prospek yang cerah, karena semua orang perlu berpakaian. Hanya persaingannya juga sangat besar. Kuncinya adalah inovasi untuk memperoleh keunggulan. Oleh karena itu, kalau membeli produk harus pada supplier yang kooperatif dan konsultatif. Disebut konsultatif, karena diharapkan pemasok/supplier dapat memberi saran produk apa yang sedang tren atau yang disukai pembeli. Kooperatif adalah bila pemasok mengijinkan kita untuk dapat menukar barang yang kurang laku dengan barang lain yang lebih cocok. Karena itu disarankan untuk memilih model, pola dan gambar pakaian yang tepat karena sangat menentukan dalam penjualan. Contohnya pola gambar dalam pakaian anak sering mengikuti film yang populer saat ini terutama film kartun. Bila tepat memilih akan cepat laku tetapi ini sangat musiman. Jadi, pandai-pandailah melihat tren sehingga produk yang Anda jual akan laris. Memang bila kita jeli untuk menilai tren yang terupdate, maka kita akan dapat menarik hati pasar. Maka Produk kita akan laris dibeli, disebabkan promosi yang tepat.
Oleh sebab itu janganlah pernah salah memilih promosi untuk keuntungan penjualan. Semua harus disesuaikan dengan produk dan tren yang ada saat ini.
(Ita Ratna/AA/TML)