(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Pentingnya segmentasi customer bagi pelaku usaha adalah untuk menentukan strategi penjualan. Dengan dibuatnya segmentasi customer dengan berbagai kriteria, maka akan memudahkan pelaku usaha untuk melakukan langkah apa yang akan diambil untuk melakukan penjualan bahkan meningkatkan penjualan tersebut.
Sebagai suatu contoh sebuah papan reklame yang mengiklankan sebuah apartemen mewah dengan fasilitas lengkap dan harga milyaran, papan reklame tersebut dipasang dengan menariknya di depan sebuah terminal angkutan kota. Kelihatannya tidak ada yang salah dengan iklan tersebut, tetapi penempatan yang kurang tepat mungkin membuat sasaran dan target yang dituju tidak tercapai. Lain halnya jika iklan tersebut ditempatkan di lingkungan kelas atas, sepertinya lebih cocok dan target yang dituju dapat tercapai.
Sebab itu sangat penting untuk membuat segmentasi kepada siapa produk ini ditujukan. Siapa yang akan menjadi sasarannya. Dari berbagai kriteria maka dapat dikelompokkan secara sederhana misalnya, untuk segmen dari kalangan bawah, menengah atau atas produk tersebut akan dipasarkan. Segmen anak-anak, remaja atau dewasa, untuk laki-laki, perempuan atau keduanya. Segmentasi customer memudahkan untuk mengetahui kebutuhan customer dan menentukan harga jual.
Segmentasi dapat dibuat berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan atau bidang pekerjaan. Tidak semua produk dipasarkan dengan membuat segmetasi sesuai dengan kriteria seperti diatas. Pada perusahaan manufacturing di tempat saya bekerja segmentasi dapat dibuat berdasarkan jenis industry dari customer.
Dengan dibuatnya segmentasi customer, maka dapat dibuat langkah-langkah dan strategi apa yang akan diambil untuk mempromosikan dan memasarkan produk tersebut. Tidak hanya itu saja, setelah dilakukan segmentasi maka secara berkala dapat dianalisa untuk melihat apakah segmentasi yang sudah dibuat itu sudah tepat. Evaluasi ini penting untuk dilakukan. Juga dalam kegiatan survey pasar maka lebih mudah melakukannya.
(Mevy Sinambela/AA/TML)