(Business Lounge – Dominate The Market) Dewasa ini, banyak cara yang dapat digunakan untuk berpromosi dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, khususnya promosi yang dilakukan secara online atau yang biasa juga disebut dengan digital marketing.
Jika beberapa waktu lalu pemasaran hanya dapat dilakukan melalui cara-cara konvensional, kini pemasaran melalui online terbukti lebih disukai, karena selain jauh lebih murah, hasil yang didapat pun dapat diukur.
Berikut tips pemasaran online yang dapat dilakukan oleh pebisnis kecil atau yang biasa juga disebut UKM :
1. Miliki blog atau website
Dengan menyediakan konten yang informatif tentang produk dan jasa yang anda miliki di blog atau website, tentu hal ini akan memudahkan para pencari informasi menemukan produk yang mereka cari.
2. Manfaatkan media sosial
Media sosial seperti Facebook, Twitter, ataupun Instagram merupakan salah satu media yang dapat digunakan sebagai tempat untuk memasarkan berbagai produk dan jasa. Dengan secara konsisten membagikan informasi yang berguna di media sosial, hal ini tentu saja akan menjadikan media sosial Anda sebuah tempat yang dikunjungi banyak orang.
3. Buat halaman Facebook
Facebook adalah salah satu alat pemasaran terpenting untuk digunakan oleh setiap bisnis yang ada, terutama bisnis kecil (UKM). Dilihat dari jumlah penggunanya yang begitu besar, tentu hal ini merupakan peluang yang cukup menarik bagi para pemilik UKM untuk membangan relasi dengan fans mereka. Semakin sering seorang pengguna berinteraksi dengan sebuah halaman, semakin besar kemungkinan teman-temannya melihat halaman Anda.
4. Bagikan ke Pinterest dan Instagram
Jika Anda menjual produk atau jasa yang benar-benar visual, misalnya Anda membuka bisnis bridal atau makanan, Anda harus rutin membagikan foto produk-produk tersebut di Pinterest atau Instagram.
5. Manfaatkan email pemasaran
Email marketing sangat bagus bila digunakan dengan benar. Untuk hasil yang jauh lebih baik, Anda dapat menggunakan email Autoresponder atau yang lainnya. Pengaruh dari email cukup besar untuk seseorang ingin lebih tahu lebih dalam tentang produk yang Anda tawarkan, dan pada akhirnya mereka akan membeli produk-produk Anda melalui email penawaran yang Anda kirim secara berkala.
6. Gunakan PPC (Pay-per-Click) atau Google AdWords
Ada pepatah mengatakan, kalau ingin mendapatkan ikan yang lebih besar, tentu umpannya pun harus besar. Demikian juga dengan pemasaran online. Salah satu cara yang dapat Anda gunakan adalah dengan mencoba teknik PPC (Pay-per-Clik) di Google Adwords.
7. Jangan lupakan siaran pers
Siaran pers membantu usaha kecil dan menengah untuk memperkuat konten mereka di ratusan saluran global dan lokal, yang memungkinkan mereka bersaing dengan bisnis yang jauh lebih besar. Dengan memasukkan siaran pers sebagai bagian dari strategi pemasaran terpadu, usaha kecil bisa mendapatkan konten mereka secara langsung di depan konsumen dan terhubung dengan wartawan dan blogger.
Demikian beberapa tips pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk-produk Anda di online, silahkan dicoba.

Lidia Wulan/VMN/BL/Head of Vibiz Internet Marketing Academy
Editor: Ruth Berliana

