Cara Membawa Produk ke Pasar Dalam 11 Langkah (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Marketing)

Ikuti kelanjutan langkah-langkah berikut untuk sukses membawa produk Anda ke pasar:

5. **Evaluasi Biaya Produksi**
Setelah menilai kualitas ide Anda dan menentukan pasar sasaran, evaluasilah biaya untuk mengubah ide menjadi produk. Pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan profesional industri atau insinyur untuk mendapatkan perkiraan biaya produksi ide Anda.

Langkah ini juga melibatkan riset pasar lebih lanjut. Cobalah untuk meneliti titik harga produk serupa dan jumlah yang bersedia dibayar konsumen rata-rata untuk produk Anda. Untuk menemukan metrik ini, Anda dapat:
– Membuat survei dan kuesioner yang meminta peserta untuk menilai produk secara objektif dan mengungkapkan jumlah yang bersedia mereka bayar.
– Melakukan kelompok studi yang membandingkan harga produk serupa di pasar target Anda.

Akan lebih baik jika Anda meminta peserta survei dan kuesioner untuk menyebutkan kekuatan dan kelemahan dari setiap produk. Ini akan memberi Anda wawasan tentang di mana pesaing mungkin kurang dan fitur apa yang bisa ditawarkan produk Anda yang tidak dimiliki pesaing.

6. **Lakukan Revisi untuk Meningkatkan Produk**
Membawa ide dan produk ke pasar bisa menjadi investasi emosional maupun finansial. Cobalah untuk tetap objektif dan buat batasan yang sehat, baik secara finansial maupun emosional, terkait produk Anda. Proses membawa produk ke pasar adalah proses yang dinamis, dan Anda mungkin perlu melakukan perubahan untuk meningkatkan produk atau strategi pemasaran Anda sepanjang jalan.

7. **Rancang dan Buat Materi Pemasaran**
Sekarang setelah Anda memahami pasar target dan biaya produksi, Anda bisa mulai memikirkan pembuatan materi pemasaran. Setelah Anda bisa memperhitungkan biaya produksi produk, Anda dapat mendapatkan gambaran tentang berapa banyak anggaran yang dapat dialokasikan untuk membuat materi pemasaran. Pertimbangkan untuk mencari firma pemasaran atau konsultan berpengalaman yang memahami audiens target Anda untuk memberikan panduan dalam upaya pemasaran Anda.

8. **Hubungi Perusahaan yang Tepat**
Menghubungi perusahaan yang relevan dengan produk Anda dan berpengaruh di antara audiens target dapat menjadi cara yang ampuh untuk membawa produk Anda ke pasar dengan sukses. Ikuti langkah-langkah ini untuk menemukan dan menghubungi perusahaan yang tepat:
– Buat daftar umum perusahaan yang sudah memproduksi dan menjual produk serupa.
– Persempit daftar Anda ke perusahaan yang sepenuhnya sejalan dengan produk dan materi pemasaran Anda. Hubungi perusahaan-perusahaan ini terlebih dahulu.
– Bersikaplah gigih, tindaklanjuti dengan perusahaan-perusahaan ini sampai Anda mendapatkan respons.

9. **Pertimbangkan Bisnis Kecil**
Membawa produk ke pasar melalui korporasi besar dan perusahaan berpengaruh bisa bermanfaat, tetapi pertimbangkan juga bisnis kecil dan lokal. Bisnis yang sudah mapan dengan lalu lintas tinggi dan basis pelanggan yang loyal bisa sangat menguntungkan, dan memilih untuk bermitra dengan mereka bermanfaat tidak hanya untuk Anda dan produk Anda tetapi juga untuk ekonomi lokal.

10. **Bangun Hubungan dengan Pengusaha Lain**
Jalin hubungan dengan pengusaha dan penemu lain di komunitas lokal atau online untuk bertukar ide, memberikan dukungan, membangun jaringan, dan berbagi informasi.

11. **Bersikaplah Wajar dan Realistis**
Saat memperkirakan biaya, harga jual akhir, anggaran keseluruhan, dan jadwal, penting untuk bersikap wajar dan realistis. Cobalah untuk bersabar, teliti, wajar, dan realistis dalam perhitungan dan proyeksi Anda agar memastikan hasil yang akurat.

Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat membawa produk Anda ke pasar dengan lebih mudah dan percaya diri.