(Businesslounge Journal-Marketing & Service)
Jika Anda memiliki produk yang ingin ditawarkan kepada pelanggan, penting untuk memahami cara menetapkan harganya. Menetapkan harga produk yang baik menyeimbangkan jumlah produk yang ingin dijual dengan harga tertentu, keuntungan yang dihasilkan dari setiap penjualan, dan faktor tambahan lainnya, seperti pertumbuhan merek atau perencanaan untuk penjualan di masa depan. Memahami cara menetapkan harga yang efektif dapat membantu Anda mempertahankan pasar Anda. Dalam artikel ini, kami membahas cara menentukan harga produk Anda, apa saja yang diperlukan dalam penetapan harga produk, serta tips untuk membantu Anda menetapkan harga produk.
Apa itu Penetapan Harga Produk?
Penetapan harga produk biasanya dipengaruhi oleh keinginan bisnis untuk memaksimalkan keuntungan dari penjualan barang tersebut. Ketika individu atau perusahaan menetapkan harga produk, mereka menentukan harga yang harus dibayar pelanggan untuk barang tersebut. Harga produk dapat berbeda tergantung apakah itu harga perantara, harga konsumen, atau gabungan keduanya. Mengetahui metode terbaik untuk menciptakan harga yang menarik sangat penting untuk mempertahankan bisnis.
Cara Menetapkan Harga Produk Secara Efektif
Menemukan harga yang tepat untuk suatu produk adalah bagian penting dari keberhasilan penjualan barang untuk tujuan bisnis. Gunakan langkah-langkah berikut untuk menemukan harga untuk produk Anda yang memberikan manfaat maksimal bagi bisnis Anda:
1. **Prioritaskan Tujuan Anda**
Sebelum menetapkan harga untuk produk Anda, luangkan waktu untuk mempertimbangkan apa tujuan dan sasaran Anda dari sudut pandang keuangan. Bagi sebagian besar bisnis, ini adalah memaksimalkan keuntungan. Bagi perusahaan lain, kesadaran merek lebih penting, yang mungkin berarti menetapkan harga yang lebih rendah. Biasanya, harga yang lebih rendah dapat menarik lebih banyak pelanggan. Jadi, meskipun harga yang lebih rendah mungkin berdampak pada keuntungan dalam jangka pendek, jika itu menarik sebagian besar pelanggan baru, yang mungkin membeli produk lain, maka ini dapat menguntungkan bisnis.
Contoh yang baik dari penurunan harga produk untuk menarik pelanggan baru adalah penggunaan periode percobaan dan harga promosi. Ini adalah cara yang baik untuk menarik lebih banyak pelanggan yang bersedia mencoba produk dengan harga lebih rendah dengan harapan mereka mempertahankan langganan setelah periode percobaan berakhir. Bahkan jika sebagian besar pelanggan membatalkan setelah periode percobaan berakhir, bisnis dapat mencapai tujuan keuangannya jika beberapa pelanggan tetap melanjutkan langganan.
2. **Periksa Biaya Produksi**
Menetapkan harga produk membutuhkan pemahaman yang baik tentang berapa biaya untuk membawa produk ke pasar. Ini mencakup produksi barang dan semua yang terkait dengannya, mulai dari sumber bahan baku hingga pembelian mesin produksi. Ada baiknya mendiskusikan biaya barang dengan departemen keuangan bisnis, yang dapat memberikan rincian yang jelas tentang biaya produksi.
Tergantung pada biaya produksi, Anda mungkin memiliki biaya tetap atau biaya variabel. Jadi, ketika bisnis membayar sewa untuk menggunakan fasilitas produksi, ini adalah biaya tetap yang tidak berubah. Jika bisnis berniat meningkatkan produksi, sumber daya tambahan mungkin memiliki biaya variabel. Biaya variabel dapat mempengaruhi harga produk, sementara harga produk sudah mempertimbangkan biaya tetap.
Bersambung ke Artikel Selanjutnya