Apa itu Promosi Bisnis? Panduan Lengkap dan Jenis-jenisnya (Bagian 1)

(Businesslounge Journal- Marketing)

Berbagai organisasi dan merek menggunakan berbagai strategi pemasaran, seperti promosi bisnis, untuk menarik pelanggan baru, menyebarkan pesan kepada audiens target mereka, dan meningkatkan penjualan barang dan jasa. Mereka dapat menggunakan berbagai teknik, seperti pemasaran langsung, penjualan pribadi, dan hubungan masyarakat (PR) untuk mencapai tujuan mereka. Memilih teknik promosi bisnis yang tepat dapat membantu meningkatkan pendapatan organisasi dan menciptakan citra merek yang kuat. Dalam artikel ini, kami menjawab pertanyaan ‘Apa itu promosi bisnis?’, menjelaskan perbedaan antara promosi bisnis dan iklan, serta menjelaskan jenis-jenis promosi bisnis.

Apa itu Promosi Bisnis?

Untuk mengetahui jawaban dari ‘Apa itu promosi bisnis?’, Anda dapat mempelajari apa yang dimaksud dan jenis-jenisnya. Promosi bisnis adalah strategi yang digunakan bisnis untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan mereka. Ini adalah salah satu komponen dari bauran pemasaran, yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi. Promosi bisnis melibatkan penggunaan berbagai platform untuk mendorong konsumen membeli barang.

Perbedaan antara Promosi Bisnis dan Iklan

Terdapat beberapa perbedaan antara promosi bisnis dan iklan, seperti kategori spesifik yang mereka masuki. Perbedaan lainnya termasuk:

Definisi
Promosi bisnis adalah usaha yang melibatkan meyakinkan pelanggan untuk membeli produk guna meningkatkan penjualan. Bisnis melakukannya dengan menggunakan selebaran, media sosial, dan penjualan langsung dari orang ke orang. Iklan memberi tahu konsumen tentang suatu produk atau layanan melalui jaringan berbayar, seperti iklan televisi. Iklan adalah bagian dari promosi bisnis.

Tujuan
Promosi bisnis bertujuan untuk menargetkan konsumen yang sudah mengetahui tentang produk, layanan, atau merek dan mempengaruhi mereka untuk melakukan pembelian. Tujuan utama dari upaya ini adalah untuk meningkatkan penjualan. Iklan mencapai konsumen yang mungkin atau mungkin tidak mengetahui tentang merek tertentu. Tujuan utama iklan adalah membangun citra merek. Strategi promosi bisnis memiliki efek langsung, sementara dampak iklan dapat memakan waktu.

Pendekatan
Iklan menggunakan pendekatan tidak langsung untuk menciptakan kesadaran tentang suatu produk, sementara promosi bisnis lebih langsung. Misalnya, jika Anda mengiklankan model ponsel baru, Anda dapat menggambarkan ukuran fisik, penyimpanan internal, kualitas kamera, dan peningkatan dibandingkan model sebelumnya. Jika Anda menggunakan teknik promosi bisnis untuk menjual model ponsel baru, Anda mungkin menekankan diskon dan penawaran atau menyediakan sampel earphone gratis dengan setiap pembelian ponsel.

Biaya
Iklan bisa menjadi usaha yang mahal. Menempatkan iklan di televisi, radio, dan platform berbayar lainnya dapat meningkatkan biaya bisnis. Promosi bisnis mungkin lebih murah. Perusahaan menggunakan promosi penjualan untuk menghasilkan arus kas segera, yang dapat mereka gunakan untuk membayar biaya jangka pendek. Iklan mungkin memerlukan waktu untuk menghasilkan penjualan.

Jenis-jenis Promosi Bisnis

Berikut adalah beberapa jenis promosi bisnis:

Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung, juga dikenal sebagai respons langsung, adalah teknik promosi di mana bisnis berkomunikasi langsung dengan konsumen. Teknik ini menghilangkan kebutuhan mereka akan pemasaran perantara. Perusahaan dapat langsung memberi tahu pelanggan tentang promosi melalui:
– Email
– Pesan teks
– Selebaran
– Iklan media sosial
– Iklan situs web

Penjualan Pribadi
Penjualan pribadi melibatkan pengiriman perwakilan penjualan langsung ke konsumen. Mereka memberi tahu pelanggan tentang penawaran, sampel gratis, atau kupon dan meyakinkan mereka untuk membeli barang. Metode ini memungkinkan perwakilan penjualan untuk mendapatkan umpan balik pelanggan, yang dapat digunakan bisnis untuk meningkatkan produk mereka.

Iklan
Iklan adalah salah satu strategi promosi bisnis yang paling umum digunakan perusahaan. Ini melibatkan penyebaran kesadaran tentang produk, layanan, atau merek perusahaan di platform berbayar, seperti radio, televisi, dan cetak. Iklan dapat meningkatkan biaya, jadi melakukan analisis biaya-manfaat untuk menentukan nilai menjalankan iklan dapat berguna untuk memutuskan apakah itu usaha yang berharga.

Hubungan Masyarakat
Cara konsumen memandang suatu bisnis dapat memengaruhi penjualan. Perusahaan dapat meningkatkan penjualan dengan berkolaborasi dengan organisasi amal atau berbagi nilai-nilai ramah lingkungan mereka. Upaya hubungan masyarakat melibatkan pemeliharaan citra perusahaan dengan mengeluarkan siaran pers dan mengedit konten di situs web dan profil media sosialnya. Perusahaan juga mengelola dan menganalisis data dari ulasan pelanggan tentang produk perusahaan.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)