(Businesslounge Journal – Marketing & Service)
Berikut ini adalah kelanjutan dari sepuluh saluran pemasaran umum yang perlu dipertimbangkan, beserta kekuatan dan kelemahan masing-masing saluran:
4. Situs web
Situs web perusahaan adalah representasi digital mereknya di web. Membuat situs web yang secara akurat mewakili estetika dan filosofi merek dapat membantu membangun merek yang konsisten dan menjadikan bisnis lebih kredibel.
Selain mengkomunikasikan etos dan nilai merek, situs web juga berfungsi sebagai titik kontak utama dengan pelanggan. Pelanggan mengunjungi situs web Anda untuk membaca berita tentang promosi dan penawaran terbaru Anda atau untuk menghubungi perusahaan jika ada pertanyaan dan masukan. Pertahankan situs web yang bersih untuk mempromosikan merek secara pasif dan meningkatkan jumlah pengunjung penelusuran organik yang berkonversi.
5. Email atau Surel
Pemasaran email adalah saluran pemasaran tradisional lainnya yang digunakan pemasar untuk menarik pelanggan baru dan membina hubungan pelanggan. Pemasar terkadang ‘mendiamkan’ email prospek baru atau menjadwalkan email pemasaran reguler untuk pelanggan yang sudah ada untuk memberi tahu mereka tentang produk dan promosi baru. Pemasaran email berbiaya sangat rendah dan merupakan cara efektif untuk berkomunikasi dengan audiens yang lebih tua yang mungkin tidak menggunakan media sosial, namun berhati-hatilah untuk tidak mengirimkan email berkualitas rendah kepada pelanggan yang mungkin menganggap email pemasaran yang tidak diinginkan dan tidak relevan sebagai spam.
6. Postingan tamu
Posting tamu adalah cara efektif untuk menjangkau pelanggan baru secara online. Jika Anda memiliki situs web atau blog perusahaan, Anda dapat menjangkau situs web lain dalam niche Anda dan mengundang penulis tamu untuk memposting topik yang relevan di blog Anda. Ini adalah pengaturan yang saling menguntungkan karena penulis tamu meningkatkan jangkauan mereka dan kemungkinan besar akan membagikan postingan blog mereka kepada pengikut mereka, sehingga pada saat yang sama meningkatkan jangkauan Anda. Kadang-kadang, poster tamu membebankan biaya untuk pekerjaan mereka, sementara yang lain mungkin melakukannya sebagai imbalan atas paparan.
7. Promosi silang (cross promotion)
Promosi silang adalah jenis pemasaran kolaboratif lainnya di mana dua atau lebih perusahaan bermitra untuk saling mempromosikan produk dan layanan. Hal ini membantu kedua perusahaan untuk menjangkau audiens baru dan memperkuat merek kedua perusahaan. Bermitralah dengan perusahaan yang memiliki audiens yang ingin Anda jangkau dan yang citra merek serta filosofinya serupa dengan Anda. Aktivitas pemasaran lintas promosi mencakup menyelenggarakan acara bersama, memperdagangkan postingan tamu, membuat promosi dan kompetisi bersama untuk media sosial, dan webinar terkemuka.
8. Iklan media sosial berbayar
Iklan media sosial berbayar adalah saluran pemasaran media sosial lain yang digunakan bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih muda dan terhubung. Media sosial berbayar membantu pemasar menjangkau khalayak yang lebih luas melalui iklan bersponsor yang muncul di situs media sosial saat pengguna menelusuri video dan postingan. Influencer yang memiliki akun media sosial dengan banyak pengikut juga menghadirkan peluang lain untuk pemasaran media sosial berbayar. Iklan media sosial berbayar adalah cara yang efektif untuk menjangkau pelanggan baru, namun tidak selalu murah, namun bagi perusahaan yang mempertimbangkan iklan penelusuran berbayar atau kampanye PPC, iklan sosial berbayar adalah alternatif yang tepat.
9. Program loyalitas
Program loyalitas adalah jenis pemasaran tradisional yang melibatkan pemberian penghargaan kepada pelanggan karena menjadi pembeli tetap. Contoh program loyalitas termasuk kartu prangko yang memberikan diskon atau hadiah kepada pelanggan setelah banyak pembelian atau penawaran dan penawaran eksklusif untuk anggota. Program loyalitas membantu membangun kepercayaan antara pelanggan dan merek serta memberikan insentif kepada pelanggan untuk berbelanja lagi dengan Anda. Mereka populer di supermarket, kafe, dan restoran, di mana kebiasaan yang berulang sangatlah berharga.
10. Iklan cetak
Iklan cetak adalah segala bentuk pemasaran di media cetak dan bukan media digital. Ini mencakup iklan di surat kabar dan majalah, poster, selebaran dan katalog. Iklan cetak adalah cara yang lebih efektif untuk menjangkau demografi lansia dan pelanggan yang mungkin tidak memiliki akses ke internet. Materi promosi cetak bertahan lebih lama dibandingkan media digital, namun biaya produksi dan distribusinya lebih mahal.
Saluran pemasaran mana yang tepat untuk Anda?
Memilih saluran pemasaran yang paling sesuai untuk kampanye pemasaran Anda berarti mempertimbangkan semua sudut promosi yang Anda rencanakan. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih satu atau lebih saluran pemasaran untuk menarik pelanggan baru dan memelihara pelanggan yang sudah ada meliputi:
Apa tujuan pemasaran Anda?
Di mana target pelanggan Anda menghabiskan waktu mereka?
Apa metode komunikasi pilihan pelanggan target Anda?
Saluran pemasaran apa yang digunakan pesaing Anda?
Saluran apa yang disarankan oleh masukan pelanggan?
Saluran pemasaran apa yang berhasil untuk bisnis ini di masa lalu?
Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu Anda memahami audiens Anda dengan lebih baik dan menentukan saluran pemasaran mana yang paling sesuai dengan sasaran pemasaran Anda saat ini.