(Business Lounge Journal – Service)
Di era pemesanan sekali klik dan rencana perjalanan yang terinspirasi dari Instagram, petugas hotel mungkin tampak seperti anakronisme yang menawan. Jika sebuah hotel memiliki petugas khusus, meja tersebut sering kali menyatu dengan sempurna ke dalam lobi hotel sehingga sebagian besar tamu tidak menyadarinya. Istilah “concierge” berasal dari bahasa Prancis yang berarti “penjaga kunci”, yang berasal dari Abad Pertengahan, ketika petugas Eropa mengelola kunci kastil dan mengurus kunjungan bangsawan. Saat ini, Google dan Tripadvisor semakin meminggirkan profesi terhormat ini. Namun bagi mereka yang mengetahuinya—dan hotel yang tepat—petugas hotel yang berdedikasi menandakan keramahtamahan kelas atas, tempat seni layanan pribadi terus berkembang.
Meskipun banyak wisatawan yang salah mengira bahwa fungsi concierge hanya sebatas merekomendasikan restoran untuk makan malam, sehingga mereka mengabaikan layanan tersebut, namun concierge terbaik bangga dapat memperluas batasan dari apa yang mungkin dilakukan. Orang yang baik bisa melakukan perjalanan. Tidak meyakinkan? Misalnya saja Conservatorium Hotel di Amsterdam, di mana petugas tidak hanya memberikan Phil Toronto reservasi makan malam di menit-menit terakhir di restoran ternama, namun juga tiket ke pameran Vermeer yang konon terjual habis. Seorang pemodal ventura yang berbasis di New York City, Toronto telah berjuang untuk mendapatkan tempat selama berbulan-bulan. Bertanya kepada petugas adalah hanya basa-basi—dan hasilnya terbayar. “Tak perlu dikatakan lagi, saya terpesona,” katanya.
Ellee Pitman, seorang manajer pemasaran mode dari New York, membangunkan concierge di Caesar Augustus, sebuah hotel Relais & Châteaux di Capri, Italia. Setelah mengarahkan pandangannya ke klub pantai La Fontelina yang sangat sejuk sebelum perjalanannya, dia menelepon saat tiba untuk memesan tempat hanya untuk diberitahu “tidak ada kesempatan.” Karena merasa hancur, dia menoleh ke petugas Caesar Augustus dan 24 jam kemudian, seolah-olah secara ajaib, dia mendapatkan reservasi makan siang dan kursi berjemur yang utama. “Saya jarang menggunakan layanan concierge,” kata Pitman. “Sekarang, saya tidak akan pergi ke mana pun tanpa mereka.”
Concierge membantu dengan permintaan di menit-menit terakhir, tetapi dapat melakukan keajaiban yang lebih besar dengan peringatan sebelumnya. Perwakilan Mandarin Oriental Canouan di St. Vincent dan Grenadines mengatakan petugas hotel, lebih dari satu kali, telah menerbangkan koki terkenal untuk makan malam pribadi atas permintaan tamu.
Beberapa hotel bahkan menawarkan seluruh menu concierge dengan spesialisasi yang diinginkan. Kastil Kilkea di Irlandia, misalnya, tidak hanya mempekerjakan concierge umum, tetapi juga concierge berkuda untuk penunggang kuda, concierge golf untuk membantu Anda meningkatkan kecacatan, dan bahkan concierge silsilah bagi mereka yang ingin melacak nenek moyang mereka, permintaan umum dari orang Amerika. pelancong dengan akar Irlandia.
Namun, terlepas dari bakat mereka dalam hal dramatis, tanyakan pada petugas secara acak dan mereka mungkin akan mengatakan bahwa mereka melakukan pekerjaan paling berharga di saat-saat tenang. “Kami tidak bermaksud untuk menarik perhatian orang lain,” kata Leigh Anne Dolecki, presiden Les Clefs d’Or USA, sebuah asosiasi concierge. “Ini tentang hati dan mengetahui bahwa saran paling sederhana dapat membuat perbedaan besar bagi seorang tamu.”
Untuk mendemonstrasikan hubungan yang dapat dibina oleh seorang concierge dengan seorang tamu, Dolecki menunjuk pada saat seorang wanita yang baru saja menjanda mengungkapkan kegelisahannya tentang makan sendirian saat berlibur di hotel California, Meadowood Napa Valley. Dolecki, kepala petugas hotel, mengatakan bahwa, saat membuat reservasi di restoran lokal, dia meminta meja yang tersembunyi agar wanita tersebut merasa lebih nyaman dan tidak terlalu mencolok. “Dia kembali dan mengatakan mereka memperlakukannya seperti bangsawan,” kenang Dolecki. “Ini membantu meringankan semua kekhawatirannya.”
Krista Jones, editor majalah New York, menyatakan bahwa, jika Anda mengangkat telepon dan bertanya, petugas dapat menangani permintaan paling biasa dengan kreativitas yang tidak terduga. Saat tinggal di Cheval Blanc di Paris, Jones menelepon meja depan untuk meminta perlengkapan menjahit agar dia bisa mengelim celana. Sebaliknya, petugas memanggil seorang penjahit yang segera muncul di kamarnya untuk melakukan perubahan. “Rasanya seperti memiliki kepala pelayan sendiri,” kata Jones. “Satu menit saya stres untuk memperbaikinya, lalu secara ajaib diperbaiki dalam lima menit.”
Menurut pandangan Dolecki, concierge menawarkan sentuhan pribadi yang tidak bisa Anda dapatkan bahkan dari aplikasi perjalanan tercanggih sekalipun. “Kemewahan tidak harus dipikirkan; petugas meminta seseorang memikirkan Anda,” kata Dolecki. Tentu saja, satu sen untuk pemikiran tersebut (atau lebih tepatnya tip $5 untuk permintaan cepat dan $100-plus untuk permintaan yang lebih besar) sering kali dihargai.