(Businesslounge Journal-Marketing and Service)
Meskipun banyak prinsip pemasaran yang tetap sama setiap tahunnya, alat yang digunakan bisnis untuk mencapai kesuksesan pemasaran sangat bervariasi dari waktu ke waktu. Iklan di surat kabar pernah menjadi hal yang lumrah. Saat ini, periklanan digital dan kecerdasan buatan memainkan peran penting dalam taktik pemasaran bisnis.
Setiap tahun, ada lebih banyak tren teknologi yang harus diperhatikan oleh para wirausaha. Pemilik bisnis yang tetap menjadi yang terdepan bahkan mungkin akan menemukan tingkat kesuksesan pemasaran yang baru. Berikut adalah 10 tren yang kami yakini harus dimanfaatkan oleh usaha kecil tahun ini.
Mari selami lebih dalam tren ini dan manfaatnya bagi bisnis Anda.
1. Konten asli berdurasi panjang tetap menjadi yan terutama.
Dalam pemasaran konten, trennya mengarah pada konten pendidikan berdurasi panjang yang bertujuan membantu pengguna, bukan menjual kepada mereka. Tren ini akan terus berlanjut, dengan adanya perkembangan seperti Pembaruan Konten Bermanfaat Google, yang diluncurkan akhir tahun lalu. Konten yang memiliki kinerja terbaik adalah konten yang menjawab pertanyaan orang secara menyeluruh dan memandu mereka menuju keputusan yang tepat untuk keadaan mereka.
Berbagi topik yang menarik minat pelanggan Anda adalah cara yang bagus untuk membangun kesadaran merek dan loyalitas pelanggan. Anda dapat membangun kepercayaan dengan menunjukkan bahwa Anda peduli lebih dari sekedar penjualan. Baik konten Anda berbentuk postingan media sosial, blog, atau email, pastikan keseimbangan antara menyoroti produk Anda dan memberikan saran yang berharga dan dapat ditindaklanjuti.
Pemasaran autentik jangka panjang adalah cara terbaik untuk meningkatkan minat dan keterlibatan di antara audiens target Anda.
2. Konten video berdurasi pendek akan segera hadir.
Meskipun konten pendidikan berdurasi panjang tetap ampuh untuk blogging atau podcasting, konten video berdurasi pendek semakin populer. Berkat maraknya TikTok dan Instagram Reels, pengguna semakin terbiasa dengan cuplikan pendek konten video yang menghibur atau informatif. Merek dapat menggunakan tren ini untuk berbicara kepada pemirsanya dengan cepat dan efektif di tengah lautan konten video lainnya.
Saat perhatian pengguna tertuju ke banyak arah sekaligus dan rentang perhatian menjadi lebih pendek, konten video pendek yang cerdas dapat menyampaikan pesan merek dalam hitungan detik. Untuk menjaring audiens Anda secara luas, sebarkan konten berdurasi panjang untuk pengguna yang ingin mendalami dan mendidik diri mereka sendiri, namun buat konten video berdurasi pendek untuk pengguna yang melakukan scrolling untuk menghabiskan waktu.
3. Adopsi chatbot dan AI percakapan akan meningkat.
Chatbots, serta AI percakapan yang lebih canggih, akan terus memasuki pasar dan semakin mudah diakses oleh usaha kecil. Alat-alat ini dapat menjawab pertanyaan dasar pelanggan kapan saja, siang atau malam, bahkan jika Anda berfokus pada tugas yang berbeda.
Kemunculan ChatGPT, misalnya, menunjukkan bahwa era pemasaran berbasis AI sudah tiba. Harapkan lebih banyak usaha kecil untuk memanfaatkan alat yang dapat diakses yang dapat membantu menghasilkan salinan pemasaran atau terhubung dengan pelanggan mereka sepanjang waktu.
“Chatbot bertenaga AI dapat digunakan untuk dukungan pelanggan, memperluas strategi kontak secara dramatis dengan pesan yang terkontrol,” kata Joey Penick, mantan wakil presiden pemasaran di Lumen Technologies. “Chatbots ini telah menjadi sangat nyata sehingga banyak pelanggan bahkan tidak mengetahui perbedaannya, namun mereka menawarkan manfaat tambahan karena mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menyediakan data yang dapat ditindaklanjuti yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.”
Pelanggan memberikan respons positif terhadap chatbot yang didukung AI, karena mereka dapat memberikan respons cepat 24/7.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)