(Businesslounge-Marketing)
Upaya pemasaran konten Anda dapat ditingkatkan secara signifikan dengan mengembangkan strategi konten yang komprehensif. Inilah yang harus disertakan. Strategi konten adalah rencana tindakan yang diinformasikan oleh tujuan bisnis Anda yang bergantung pada pembuatan dan distribusi konten yang efektif.
Strategi konten Anda akan unik untuk bisnis Anda, tetapi harus selaras dengan identitas merek dan misi perusahaan Anda.
Hampir setiap bisnis bisa mendapatkan keuntungan dari memiliki strategi konten; strategi yang dipikirkan dengan matang dan dilaksanakan dengan hati-hati dapat mendorong pertumbuhan, menjaga suara merek Anda tetap konsisten di seluruh saluran, dan mengedukasi audiens tentang proposisi nilai Anda.
Artikel ini untuk pemilik usaha kecil yang memahami pentingnya pemasaran konten omnichannel dan ingin membangun strategi pemasaran konten.
Konten sangat penting bagi bisnis untuk tumbuh. Ini dapat membantu Anda menghasilkan arahan, membangun kepercayaan dengan audiens target Anda, dan membangun keahlian Anda. Untuk membuat konten secara efektif, Anda memerlukan strategi konten.
Strategi konten memastikan Anda tidak membuat konten tanpa tujuan demi konten. Merancang dan menerapkan rencana memungkinkan Anda menghasilkan pekerjaan yang lebih berdampak yang memenuhi tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda. Dengan memeriksa audiens Anda dan tujuan perusahaan Anda, Anda dapat menetapkan target yang disengaja dan melacaknya dengan tolok ukur yang membantu Anda menentukan apakah konten Anda mendorong hasil yang diinginkan.
Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat membuat strategi konten. Baca terus untuk mempelajari cara membuat yang memberikan hasil.
Apa itu strategi konten?
Strategi konten adalah bagian dari strategi pemasaran yang lebih luas dan harus selaras dengan tujuan bisnis tertentu, terutama yang berkaitan dengan penjualan dan pemasaran. Apakah Anda ingin meningkatkan pendapatan atau meningkatkan lalu lintas, strategi konten dapat membantu Anda mencapainya.
Rencana Anda harus memberikan visi yang jelas tentang siapa yang akan Anda jangkau, tujuan apa yang ingin Anda capai melalui konten yang akan Anda hasilkan, dan saluran apa yang akan Anda terbitkan. Namun, strategi Anda harus fleksibel. Kadang-kadang bahkan rencana terbaik gagal, atau mungkin apa yang berhasil untuk bisnis Anda di masa lalu tidak lagi berhasil. Selain itu, saat Anda mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana audiens Anda bereaksi terhadap konten Anda dan tujuan bisnis Anda berubah, strategi Anda juga harus berubah dan berkembang.
Kabar baiknya adalah dengan menerapkan strategi konten, Anda dapat beradaptasi. Karena Anda menghitung variabel yang berbeda, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi apa yang berhasil dan tidak.
Strategi konten diinformasikan oleh tujuan bisnis Anda; itu memberikan visi yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai dan bagaimana Anda merencanakan untuk mencapai tujuan tersebut, tetapi itu harus fleksibel.
Mengapa Anda membutuhkan strategi konten
Bukan hanya perusahaan besar atau mapan yang membutuhkan strategi konten; setiap bisnis bisa mendapatkan keuntungan dari strategi itu. Strategi konten yang baik memberikan manfaat berikut:
-Memberi konten Anda tujuan. Dengan menyempurnakan strategi untuk konten Anda, Anda mendapatkan gagasan yang jelas tentang apa yang Anda ingin konten Anda lakukan. Tanpa strategi, Anda berisiko membuat konten yang tidak sesuai dengan tujuan bisnis Anda atau tidak berarti bagi merek Anda.
-Menyederhanakan pembuatan konten. Mengisi kalender konten bisa jadi sulit jika Anda tidak yakin apa tujuan Anda. Namun dengan strategi konten dan penelitian kata kunci, Anda dapat menyusun topik dan menjadwalkannya di kalender Anda dengan cara yang secara strategis sesuai dengan tujuan bisnis Anda yang lebih besar.
-Membuat Anda tetap konsisten. Perpesanan yang konsisten di semua saluran membantu Anda membangun suara merek Anda. Suara merek Anda akan sangat memengaruhi cara audiens melihat merek Anda. Misalnya, firma hukum mungkin menginginkan suara merek yang berwibawa dan akademis, sedangkan merek makanan cepat saji mungkin sedikit lebih santai, menyenangkan, dan jenaka.
-Menumbuhkan lalu lintas organik Anda. Untuk meningkatkan lalu lintas secara organik, Anda ingin memberi makan Google dan mesin telusur lainnya dengan konten berkualitas tinggi secara teratur. —- -Strategi konten membantu Anda mengatur kata kunci yang dicari audiens Anda dan kemudian menginformasikan pembuatan konten di sekitar istilah tersebut. Lalu lintas organik, atau kunjungan yang didorong oleh klik pada halaman hasil mesin pencari, adalah salah satu cara terbaik dan hemat biaya untuk meningkatkan visibilitas merek.
-Membangun hubungan dengan audiens Anda. Konten dapat membantu memecahkan pertanyaan dan masalah pelanggan Anda. Dengan membuat konten yang mempertimbangkan kebutuhan audiens, Anda dapat memperoleh kepercayaan mereka. Jika Anda memiliki konten yang ditulis dengan baik dan bermanfaat, mereka cenderung memiliki pendapat yang baik tentang bisnis Anda dan membeli produk atau layanan Anda.
-Meningkatkan kredibilitas Anda. Saat Anda membuat konten yang kuat, Anda dapat memposisikan diri Anda sebagai seorang ahli dan meningkatkan reputasi Anda, yang pada gilirannya dapat menyebabkannya berperingkat lebih tinggi di mesin pencari dan mendapatkan kepercayaan audiens Anda.
-Menghasilkan prospek. Konten juga dapat digunakan untuk menghasilkan arahan dan menangkap informasi kontak pengguna untuk kampanye pemasaran. Misalnya, pertimbangkan untuk menawarkan kepada audiens Anda beberapa jenis konten yang berharga, seperti studi kasus, sebagai ganti alamat email mereka. Setelah pengguna memberi Anda informasi kontak mereka, mereka menerima akses ke konten dan Anda dapat mulai memasarkannya di saluran lain.
Mengembangkan strategi konten dapat bermanfaat bagi bisnis Anda dalam berbagai cara, termasuk memberikan tujuan pada konten Anda, merampingkan cara Anda membuat konten, meningkatkan lalu lintas web organik, dan meningkatkan kredibilitas Anda.
Apa yang termasuk dalam strategi konten?
Sementara strategi konten akan bervariasi di antara perusahaan tentang tujuan spesifik yang ingin mereka capai, strategi konten akan mencakup elemen-elemen berikut:
-Mengapa Anda membuat konten. Merancang topik dan menyerang kata kunci akan jauh lebih mudah bila Anda memiliki tujuan yang jelas. Misalnya, jika Anda ingin mendorong lebih banyak penjualan, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengembangkan ulasan produk dan daftar pilihan terbaik dari item yang Anda simpan. Konten ini dapat ditautkan ke halaman e-niaga dan diterapkan di blog Anda, melalui email, dan di media sosial.
-Siapa yang Anda targetkan. Tidak mungkin membuat strategi konten yang sukses tanpa menentukan audiens Anda terlebih dahulu. Pertimbangkan konsumen target Anda dan bagaimana Anda dapat memecahkan masalah mereka. Anda juga ingin memikirkan bagaimana Anda akan melibatkan mereka di seluruh bagian konten.
-Tujuan konten. Apa yang Anda harapkan dari konten Anda? Pertimbangkan tujuan konkret dengan indikator kinerja utama (KPI) yang jelas. Misalnya, Anda mungkin ingin membuat blog untuk meningkatkan lalu lintas situs web dan keterlibatan pengguna. Sasaran konkret dengan KPI yang jelas mungkin “Peringkat di halaman 1 untuk dua kata kunci utama di Q1” atau “Tingkatkan waktu rata-rata di halaman sebesar 15% oleh EOY”.
-Bagaimana Anda menonjol. Pikirkan tentang perusahaan Anda dan apa artinya. Berfokus pada apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari pesaing dapat membantu Anda membangun strategi konten yang lebih kuat.
-Di mana Anda akan menceritakan kisah Anda. Rencana Anda harus menyertakan saluran atau platform yang akan Anda gunakan untuk menyampaikan konten Anda. Dari platform media sosial hingga pemasaran email dan banyak lagi, konten Anda harus dirancang ulang dan dioptimalkan untuk didistribusikan secara luas. Pertimbangkan setiap saluran dan bagaimana konten Anda harus dibingkai. Anda juga harus memikirkan bagaimana mereka akan bekerja sama untuk menceritakan kisah yang kohesif tentang bisnis Anda.
Bersambung ke Artikel Bagian 2