Coloring Your Business

(Business Lounge Journal – Marketing)

Dalam sebuah strategi pemasaran, warna selalu memberikan dampak signifikan pada penjualan produk, pemasaran, dan periklanan baik di dunia fisik maupun virtual. Saat ini semakin banyak pelaku usaha mencoba strategi  warna untuk meningkatkan penjualan brand ataupun produknya. Dengan penggunaan warna yang menarik dan tepat, Anda akan memikat konsumen untuk memilih dan membeli produk Anda.  Pemilihan warna yang tepat akan mewarnai bisnis  Anda dan akan menghasilkan profit  bagi perusahaan Anda.

Warna memainkan peran utama dalam pemasaran produk Anda

Tidak dapat dipungkiri bahwa warna selalu berkaitan erat dengan banyak hal, mulai dari suasana hati atau emosi seseorang, tren gaya, kepercayaan, hingga simbol budaya. Warna pun menginspirasi perasaan yang berbeda dalam diri kita. Seperti menggairahkan, aktif, menenangkan, ketegangan, kegembiraan, kebahagiaan, kecerahan, royalti, dan kekuatan.

Menurut perusahaan cat, Glidden, warna mewakili kepribadian. Market research juga menemukan bahwa warna akan mempengaruhi kebiasaan pelanggan untuk berbelanja. Diketahui bahwa pelanggan paling merespon warna merah-oranye, hitam, dan biru tua.

Sebagai pelaku usaha jika Anda ingin pelanggan membeli produk atau layanan Anda, maka pergunakanlah warna yang menarik pada produk Anda yang menonjolkan karakteristik produk tersebut.

Histori  Warna

Dalam bukunya “Theory of Colors”, Johann Wolfgang Goethe menjelaskan konsep asosiasi warna dalam kehidupan. Dia merupakan salah satu orang pertama yang  menghubungkan warna dan psikologi. Lain lagi dengan Dr Max Lüscher, seorang konsultan warna di berbagai bidang seperti farmasi, pengemasan, lantai, arsitektur, dan periklanan. Pada tahun 1947, ia mempresentasikan tes warnanya ke sebuah konferensi internasional di Lausanne.

Dalam klasifikasinya, warna memiliki karakteristik yang berbeda seperti di bawah ini:

Hitam

Menggambarkan otoritas, kekuasaan, keberanian, keseriusan, dan klasik. Hitam identik dengan kecanggihan dan keanggunan. Warna ini sering digunakan untuk produk high class dan mahal. Juga biasa digunakan sebagai latar belakang suatu produk dan sangat ideal digunakan untuk teks dengan latar belakang terang.

Pink/Merah Muda

Warna pink menunjukkan feminitas, kelembutan, kesejahteraan, dan kepolosan. Individu yang penuh kasih sayang akan menyukai warna pink. Warna ini menawarkan cinta, perhatian, dan penghiburan bagi mereka yang membutuhkan kekuatan.

Biru

Warna biru menggambarkan kesejukan, ketertiban, keamanan, otoritas, kesetiaan, dan martabat. Warna ini banyak disukai kaum pria. Warna ini juga merupakan salah satu  warna favorit. Warna biru muda memiliki nuansa yang lebih lembut dan menenangkan. Biru tua menggambarkan citra premium.

Merah

Warna merah menggambarkan kegembiraan, kekuatan, gairah, vitalitas, agresivitas, dan eye catching. Warna ini juga memiliki dampak emosional yang besar sebab warna ini merupakan warna yang paling dinamis dan penuh gairah, melambangkan cinta, kemarahan, dan keberanian. Individu  yang memilih merah menggambarkan sifat  agresif, impulsif dan berusaha untuk “sukses”.

Kuning

Kuning yang menandakan sinar matahari adalah warna yang eye-catching, warna yang menarik, menggembirakan, dan mencerminkan ketulusan. Kuning memancarkan kehangatan, inspirasi, dan vitalitas, dan merupakan warna yang paling membahagiakan dari semua warna yang ada. Individu yang menyukai  warna kuning adalah seorang  yang menantikan masa depan, intelektual, imajinatif, dan idealis.

Hijau

Merupakan warna yang menenangkan dan menyegarkan mata. Warna hijau adalah warna yang paling ringan dipandang mata dan dapat meningkatkan penglihatan. Warna ini menggambarkan stabilitas, keseimbangan, dan ketekunan. Dalam bisnis biasanya warna hijau digunakan  untuk mengkomunikasikan status dan kekayaan.

Orange

Warna orange  memberikan kesan  cerah,  periang, ceria, menyenangkan, dan  eksotis. Individu yang menyukai warna ini adalah seorang yang memiliki  energi  dan bersemangat. Warna ini bisa di gunakan sebagai gambaran bunga-bunga yang berjatuhan di musim gugur, suasana  liburan, suasana rumah dan untuk produk makanan yang lezat.

Demikianlah pemilihan warna yang tepat akan menaikkan penjualan produk Anda, sebab warna berhubungan dengan psikologi pembeli yang dapat memengaruhi mereka untuk membeli produk Anda. Anda bisa memengaruhi konsumen untuk membeli produk Anda meskipun, mereka sedang tidak ingin membeli dengan pemilihan warna yang  menarik dan tepat dari  produk Anda.

Karena itu sangatlah penting untuk mengetahui warna apa yang  tepat  baik produk Anda sebelum Anda memasarkan produk. Warnailah  bisnis Anda dengan warna warni yang menarik, maka  Anda akan meraih profit yang signifikan.

Sukses selalu untuk Anda.

Debbie Kusuma/VMN/BLJ