5 Cara Membuat Audiens Anda Mau Berbagi Konten

(Business Lounge – Dominate The Market) Dalam dunia online, setiap posting-an yang dibuat seseorang akan sangat bergantung pada konten yang dimilikinya. Posting-an yang menarik akan selalu menggoda si audiens untuk me-retweet, mem-posting, atau meneruskannya kepada publik.

Konten hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan topik, misalnya saja artikel yang terdapat pada sebuah blog, video yang terdapat di youtube, atau infographic. Seperti yang saya bahas di atas bahwa si pembuat konten akan berharap pesannya dapat dibagikan kepada orang lain, sehingga lebih banyak orang yang melihat konten yang dia buat.

Konten haruslah dibuat menarik dan informatif, sehingga orang lain yang membacanya akan berpikir kenapa dia tidak membagikan hal tersebut kepada orang lain, mungkin mereka membutuhkan konten tersebut.

Ketika Anda berpikir bagaimana cara membuat konten yang disukai banyak orang dan membuat mereka mau berbagi kepada pengikut mereka, mungkin kelihatannya hal tersebut sangat sulit untuk dilakukan.

Berikut lima cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat konten Anda menarik dan disukai banyak orang, dan berharap orang yang sudah membaca konten Anda mau membagikannya secara cuma-cuma kepada orang lain.

1. Ikuti sebuah tantangan atau kontes
Mengikuti sebuah tantangan atau kontes membuat konten tampaknya dapat menjadi sebuah pemicu adrenalin. Ketika ada hadiah yang diperebutkan, tentu hal ini akan membuat Anda tertantang untuk membuat konten semenarik mungkin. Hal apa yang Anda tulis akan menjadi jelas dan jangkauan audiens yang Anda tuju pun akan semakin jelas pula.

2. Tambahkan efek visual
Statistik menunjukkan bahwa semua jenis konten visual, termasuk konten video merupakan cara yang pasti untuk membuat audiens jatuh cinta terhadap konten Anda.

Sebuah artikel yang dimuat di The Guardian mencatat bahwa video akan mencapai hingga 69 persen dari semua traffic internet pada tahun 2017 nanti, dengan kondisi YouTube sudah menerima lebih dari satu miliar pengunjung unik setiap bulannya.

Tools yang dapat membantu Anda membuat dan atau menanamkan video dalam website atau platform media sosial antara lain adalah WeVideo, Dripbook, CarbonMade, dan Powtoon.

Selain video, konten lain yang cukup populer saat ini adalah infographic.

3. Berikan hadiah
Setiap orang pasti ingin mendapatkan sesuatu lebih dari apa yang mereka bayar, jadi tawarkan beberapa jenis konten gratis. Memberikan sesuatu yang berguna bagi audiens Anda secara gratis tentu akan membuat mereka senang.

Tawarkan hadiah ini sebagai download untuk mendapatkan data pada setiap orang yang ingin mengambil konten Anda secara gratis. Anda akan belajar lebih tentang mereka di masa yang akan datang. Hadiah ini antara lain dapat berupa ebook, slide presentasi, tools aplikasi atau perangkat lunak lainnya.

4. Sertakan influencer
Seperti yang pernah saya tulis pada artikel sebelumnya, Keuntungan Menggunakan Jasa Influencer, bahwa influencer adalah seseorang yang mampu mempengaruhi orang lain.

Media sosial bekerja karena orang-orang cenderung lebih mempercayai lingkaran mereka ketimbang perusahaan yang membuat sebuah produk atau penjual produk itu sendiri.

Bintang media sosial saat ini lebih berpengaruh daripada apa yang orang beli dari strategi pemasaran tradisional. Orang-orang akan ditarik ke konten Anda ketika bintang di media sosial seperti Raditya Dika atau yang lainnya ambil bagian didalamnya.

Anda dapat menandai orang-orang ini dalam konten untuk mendapatkan perhatian mereka, ketika menulis tentang sesuatu yang influencer ini secara pribadi senang untuk membagikannya kepada orang lain. Tombol berbagi sosial membuat mudah bagi influencer untuk berbagi informasi berharga yang Anda buat.

5. Perhatikan tren
Mengikuti tren adalah sifat alami manusia. Penelitian menunjukkan bahwa ada banyak alasan mengapa orang-orang mengikuti sebuah tren. Apapun alasannya, setiap orang selalu menginginkan informasi tentang apa yang saat ini dikatakan “hot” atau populer.

Memberikan informasi kepada audiens dapat menjadi salah satu pemicu untuk mendapatkan lebih banyak orang untuk berbagi konten kepada pengikut mereka.

Lidia Wulan

Lidia Wulan/VMN/BL/Head of Vibiz Internet Marketing Academy
Editor: Ruth Berliana

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x