(Business Lounge – Dominate the Market) Apa pentingnya sebuah kemasan? Kadang orang berpendapat, “Kemasannya sih biasa saja, tetapi rasanya enak.” Benarkah pendapat itu? Padahal ada banyak konsumen terpikat dengan sebuah benda karena kemasannya yang menarik, dan akhirnya memilih untuk membeli barang tersebut.

Sebagai Media Komunikasi

Kemasan mempunyai peranan penting dalam memasarkan sebuah produk, sebab kemasan dapat menjadi media untuk dapat menginformasikan semua tentang produk Anda bahkan perusahaan Anda. Melalui kemasan juga Anda dapat mengkomunikasikan pesan kepada pembeli dan membuat pembeli mengingat mengapa mereka membeli produk Anda bukan produk yang lain. Ingatkah Anda pada kemasan biskuit kalengan yang menggambarkan sebuah keluarga yang sedang duduk bersama-sama mengitari meja sambil menikmati biskuit? Rasanya gambar itu akan dikenang sepanjang masa seakan ingin mengatakan indahnya kebersamaan.

Mencerminkan Karakter Produk

Pada sisi yang lain, kemasan juga dapat mencerminkan karakter produk Anda sekaligus sebagai instrumen untuk menciptakan identitas brand. Inilah yang akan menjadi pembeda merek yang satu dengan produk yang lain karena kemasan produk dapat berisi nama perusahaan, logo, skema warna dari perusahaan, yang semuanya akan membantu para pembeli untuk mengenali produk Anda bahkan dari kejauhan sekalipun. Apakah Anda pernah memiliki kesulitan mengidentifikasi produk yang Anda cari ketika Anda berada di supermarket? Ketika Anda berjalan di melalui lorong minuman bersoda kemudian melihat sebuah kemasan berwarna biru menyala maka secara instan otak Anda mengenali bahwa itu adalah minuman bersoda bermerek pepsi tanpa harus mendekat dan membaca mereknya.

Menciptakan Persepsi

Penampilan dari kemasan suatu produk dapat memiliki dampak yang sangat besar pada persepsi pembeli terhadap brand Anda. Bukan hanya sebagai pelindung produk tapi kemasan juga dapat menciptakan first impression bagi pelanggan. Karena sebelum pembeli menggunakan produk tersebut sudah pasti pembeli akan melihat kemasannya dan membelinya sebelum pembeli menggunakanya.

Penting untuk diingat bahawa pada kemasan penting untuk mencantumkan seluruh informasi yang di butuhkan pelanggan seperti jenis dan bentuk sebuah produk, apa saja yang terkandung dalam produk tersebut, cara pemakaian produk dan kegunaan produk tersebut, pada sebuah kemasan juga sering terdapat sebuah pesan yang di tinggalkan agar pembeli tersebut menjadi seorang pelanggan setia produk tersebut.

Pada tahun 2014 sebuah penelitian dilakukan oleh Harris Poll di Amerika Serikat, yang menghasilkan fakta bahwa 7 dari 10 orang Amerika lebih cenderung memperhatikan bentuk dan design kemasan sebuah produk sebelum membelinya, dan 66% persen pembeli yakin bentuk dan design produk menunjukan keseriusan dan perhatian dari perusahaan kepada pembeli.

Kemasan  berperan cukup penting dalam pengambilan keputusan pembeli saat membeli karena dengan design yang bagus dan unik bisa memunculkan dorongan pada pelanggan untuk membeli produk tersebut, untuk alasan ini juga banyak perusahaan yang besar membuat sebuah research tentang warna dan bentuk yang dapat menarik minat konsumen.

Hal yang terpenting dari kemasan adalah pelanggan dapat melihat identitas brand Anda pada kemasan. Identitas brand adalah sesuatu yang Anda inginkan untuk pelanggan memiliki rasa percaya tentang brand Anda. Itu biasanya berhubungan dengan penampilan dan kualitas dari produk Anda namun itu juga mencakup seperti logo, warna pada logo, dan website Anda, serta bentuk dan design kemasan. Dari kemasan jugalah pelanggan dapat mengetahui dan mengenal brand produk Anda sebagai brand seperti apa? Brand kualitas tinggi? Brand kreatif dan unik? Atau brand yang ramah lingkungan?

Rio Sinjal/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x