(Business Lounge – Dominate the Market) Hingga hari ini para pelaku bisnis online masihlah lebih mengandalkan media sosial sebagai salah satu alat senjata andalan yang paling ampuh dan efektif dalam melakukan pemasaran. Tentu saja apabila semua tips dapat dijalankan dengan tepat.
Penting diakui bahwa media sosial memainkan peran penting dalam strategi digital marketing, sebab Anda sebagai pebisnis online dapat memperoleh, memelihara, dan meningkatkan popularitas bisnis Anda melalui banyaknya situs media sosial yang dapat digunakan. Selain itu media sosial juga akan memungkinkan Anda untuk terlibat secara langsung dengan pelanggan Anda. Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial telah mengubah cara kita dalam menggunakan internet dan memperoleh informasi.
Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan pemasaran produk dengan media sosial yaitu dengan memanfaatkan beberapa situs media sosial tertentu untuk bisnis seperti Facebook, Path, Twitter, atau Instagram yang saat ini sedang booming oleh karena jumlah pengguna aktifnya.
Namun sebelum melangkah lebih jauh, Anda perlu mempersiapkan strategi yang tepat dalam promosi bisnis Anda lewat media sosial agar promosi media sosial Anda efektif. Berikut adalah 5 Tips yang dapat membantu strategi pemasaran di media sosial bagi bisnis Anda
1. Menentukan tujuan bisnis yang akan dijalankan.
Apa target pencapaian dengan rencana media sosial Anda? Cobalah untuk memilikirkan perencanaan ini dengan benar. Memiliki banyak account media sosial tanpa ada tujuan jelas tentunya akan membawa lebih banyak dampak buruk daripada dampak yang baik. Misalnya saja Anda tidak dapat menjaga keaktifan seluruh media sosial yang Anda miliki. Hal ini jelas akan merusak reputasi Anda dalam menghadapi pelanggan, dan dapat saja akan mengakibatkan hilangnya pelanggan, terutama bagi perusahaan yang masih baru dan belum maju.
2. Kenali ciri pelanggan
Setelah Anda mengetahui tujuannya maka pastikanlah Anda tahu bagaimana mencapainya. Salah satu strategi media sosial yang dipandang sukses adalah bilamana Anda dapat menargetkan orang yang tepat dengan pesan yang tepat. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengenali pelanggan. Misalnya, tidak ada gunanya menargetkan kelompok usia 18 sampai 35 jika Anda ingin memasarkan kepada profesional muda yang gemar teknologi. Jika Anda memiliki lebih dari satu pelanggan ideal, penting untuk membuat masing-masing profilnya.
3. Perhatikan pesaing
Media sosial mampu menunjukkan mana pesaing yang berhasil dan mana yang tidak. Melalui media sosial, Anda dapat mempelajari pesaing Anda. Karena sebenarnya, Anda dan pesaing menargetkan pelanggan yang sama. Jika mengabaikan pesaing, Anda akan melewatkan kesempatan besar untuk mengetahui kesalahan dan keberhasilan mereka. Cari tahu bagaimana mereka lewat keaktifan mereka di media sosial, pelajari konten mereka. Dengan demikian Anda dapat menentukan mana strategi yang tepat dan yang tidak.
4. Ciptakan konten yang menarik.
Akhirnya, Anda perlu mengembangkan rencana konten yang kuat yang akan menyampaikan materi menarik tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan. Konten perlu selaras dengan pesan secara keseluruhan dan sesuai untuk saluran yang digunakan.
5. Promosi.
Jika Anda ingin mendapatkan perhatian yang lebih dari pelanggan, maka Anda harus membuat promosi yang khusus agar bisa mendapat pelanggan secara cepat. Misalnya dengan memberikan reward! Membuat reward agar pelanggan bersemangat untuk membeli produk bisnis Anda dan lebih meningkatkan kesan yang baik bagi perusahaan. Jika Anda membuat program seperti itu setiap beberapa bulannya, akan ada banyak potensi calon pelanggan yang datang dan menjadi pelanggan tetap. Ini juga akan membantu nama brand dari perusahaan Anda sehingga akan lebih banyak dikenal dan dicari oleh orang-orang.
Dewi Lajolie/VMN/BL/Operation Head – Batikweb.co
Editor: Ruth Berliana