(Business Lounge – Dominate the Market) Tagline perusahaan bermacam-macam bunyinya, pada era tahun 1990 maka perusahaan penjual minuman berkarbonasi Coca-Cola, dikenal dengan tagline, “dimana saja, kapan aja.” Federal Express memiliki tagline “When it absolutely, positively has to be there overnight” diterjemahkan menjadi “tiba dalam semalam”. Caterpillar memiliki tagline “48 hours parts service anywhere in the world or Caterpillar pays.” Pelayanan dalam 48 jam dimana saja di dunia atau Caterpillar akan membayar. Masih banyak tagline yang lain dari perusahaan-perusahaan besar yang merupakan janji dari pelayanan dari perusahaan.
Coca-cola mewujudkannya melalui distribusi produk dimana-mana dan menjalin hubungan dengan mata rantai penjualan dari mulai perusahaan besar sampai warung ritel kecil di kampung-kampung. Coca- cola memenuhi janjinya dan membuat perusahaan ini tidak tersaingi karena ada dimana saja dan kapan saja.
Federal Express menjanjikan pengiriman dalam semalam, pelanggan menjadi sangat aman untuk pengiriman cepat yang dijanjikan dan untuk bisnis pengiriman, Federal Express menjadi sangat terpercaya.
Caterpillar adalah perusahaan alat berat dan kebutuhan spare part alat berat sangat penting. Sedangkan biasanya alat berat digunakan di daerah yang jauh dan terpencil, karena umumnya digunakan perusahaan tambang, atau kontraktor jalan, bila rusak sulit terjangkau. Sering terjadi bila alat-alat berat ini rusak maka menunggu berhari-hari dan menimbulkan kerugian karena alat tidak terpakai dan pekerjaan tidak dapat dilanjutkan. Ketika Caterpillar menjanjikan tagline “48 hours parts service anywhere in the world or Caterpillar pays,” maka perusahaan-perusahaan saingannya terkalahkan dengan cepat.
Tagline tidak dapat disusun sembarangan, sebab memang di dalamnya ada komitmen terhadap pelanggan dan berbicara tentang kualitas yang harus dimiliki oleh pelanggan. Seluruh strategi, pegawai, dan apa pun yang dimiliki perusahaan, digunakan untuk memenuhi janji itu agar pelanggan menjadi puas dan menjadi pelanggan tetap. Janji yang ditepati menimbulkan kepercayaan dan kepercayaan menimbulkan penjualan, dan dengan efek mouth to mouth membuat pangsa pasar menjadi semakin besar.
Nordstorm’s Department Stores, sebuah perusahaan Amerika sejenis Matahari Departmen Store di Indonesia memiliki tagline “if you are not satisfied for any reason, we’ll take it back without a receipt, no question asked.”
Suatu hari ada seorang bapak membeli barang yang rusak dan mengembalikannya kepada Nordstorm’s Department Stores dengan marah-marah. Pegawai toko bertindak sesuai tagline, tanpa bertanya, tanpa kuitansi mengembalikan uang bapak itu seharga barang. Sesampainya di rumah ia bercerita pada anaknya kehebatan Nordstorm, sang anak terkejut dan mengatakan bahwa ia tidak membeli barang itu di Nordstrom, namun di depannya. Menyadari kesalahannya, sang bapak mengembalikan uangnya dan mengambil barang, sambil memberikan surat permintaan maaf. Nordstorm meminta ijin mempublikasikan surat itu, dan membuat Nordstorm semakin laris.
Tagline mengandung janji, saat dipenuhi nantikan efek positif dari apa yang perusahaan lakukan. Tentulah pemilihan tagline patut dipikirkan dengan matang agar memiliki penawaran yang sensational dan tidak dapat dilawan oleh pesaing namun dapat dipenuhi komitmentnya oleh perusahaan.
Fadjar Ari Dewanto/VMN/BD/Regional Head-Vibiz Research Center