(Business Lounge – Tech & Gadget) Memiliki website dengan peringkat yang baik dan mudah ditemukan di halaman pencarian Google merupakan harapan semua pemilik website. Dengan segala cara mereka akan berusaha membuat website mereka menjadi yang terbaik, salah satunya dengan menulis konten yang ‘menyenangkan hati Google’.
Namun banyak pemilik website yang salah kaprah, mereka menulis sesuatu yang berlebihan di website mereka dan memborbardir berbagai kata kunci secara berlebihan dan berharap Google akan menyukai tulisan mereka. Ingat, Anda menulis bukan untuk Google, tapi untuk orang banyak. Mereka tidak ingin membaca konten yang isinya hanya berisi keyword atau kunci yang Anda inginkan, apalagi Google. Mereka perlu informasi, mereka perlu konten yang menarik, mereka perlu konten yang bermanfaat.
Berbagai update algoritma telah dilakukan oleh Google, hal ini membuat pemilik website harus terus menerus memperbaharui konten website mereka. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan oleh pemilik website untuk dapat terus ada di halaman pencarian sesuai dengan kata kunci yang telah ditargetkan:
1. Mengupdate konten di website
Setiap pemilik website secara konsisten harus membuat konten di website mereka. Konten yang dibuat antara lain berisi tentang :
– Review produk
– Tesimoni pelanggan
– Foto sebelum dan setelah (misalnya untuk produk kecantikan atau produk melangsingkan tubuh)
– wawancara dan/atau Q&A
– Pertanyaan yang sering diajukan
Ketika Anda membuat konten di website, maka Anda dapat memanfaatkan klien bisnis Anda untuk menulis sesuatu tentang bisnis dan produk Anda. Biarkan mereka bercerita tentang produk Anda di online.
Metode lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengembangkan lebih banyak konten untuk website Anda dan membuat halaman terpisah untuk semua layanan atau produk yang akan Anda jual. Ini akan membantu membangun kredibilitas website Anda karena dapat menjawab berbagai pertanyaan konsumen dan membuat lebih banyak konten bagi pembaca.
Jadilah profesional dalam setiap tulisan Anda. Ingat tulisan Anda merupakan gambaran dari kepribadian Anda, dan ini juga mencerminkan kredibilitas perusahaan Anda.
2. Jangan mengabaikan hirarki di website Anda
Sama pentingnya dengan membuat konten, Anda harus memperhatikan hirarki di website Anda. Hal yang harus diperhatikan adalah pengisian meta di bagian dalam (off site) website, antara lain :
– Tittle tag
– Meta description
– Konten
– H1 headline
– Images
– URLs
Mengembangkan hirarki website yang bersih dan jelas sangat penting untuk membantu website Anda mendapatkan index dari Google yang kemudian akan membantu peringkat website Anda menjadi lebih baik dalam hasil pencarian.
3. Pastikan website Anda mendapatkan kredit yang layak
Point terakhir adalah dengan memberikan kutipan. Ini merupakan bagian integral untuk upaya SEO Anda karena Google menganggap mereka menjadi faktor kunci dalam algoritma mereka. Semakin banyak kutipan yang Anda miliki, semakin baik. Situs Anda akan tampak lebih kredibel, sehingga meningkatkan kemungkinan bahwa website Anda akan tampil di hasil pencarian Google.
Lidia Wulan/Head of Vibiz Internet Marketing Academy/VMN/BL
Editor: Lidia Wulan