(Business Lounge – Dominate the Market) “Saya mau pindah asuransi saja ahh…pelayanan yang saya terima saat ini tidak memuaskan, saya sudah bayar mahal jadi sekarang sudah beberapa aset saya kurangi dan alihkan ke tempat lain.” Demikian saya mendengar curahan hati seorang rekan. “Saya tidak butuh diskon, bagi saya uang tidak masalah. Masalahnya saya sering mengalami kesulitan jika hendak melakukan klaim dan saya merasa seperti dipersulit.” Jelas sekali tergambar suatu kekecewaan atas jasa yang dibeli, bahwa pelanggan merasa tidak mendapatkan layanan yang sesuai dengan harga yang telah dibayarkan.
Hal ini bisa terjadi ketika si marketing kurang memberikan pelayanan sesuai ekspektasi si pelanggan sementara penjualan telah terjadi. Padahal hal yang paling penting ketika penjualan telah terjadi, justru me-maintain para pelanggan dengan tetap memberikan layanan yang terbaik sesuai dengan promosi yang telah diberikan ketika si marketing berupaya memikat calon pembelinya.
Layanan janganlah berhenti ketika penjualan telah terjadi sebab melalui layanan yang Anda berikan, pelanggan dapat menjadi kunci penting untuk dapat melakukan penjualan selanjutnya terhadap orang lain. Tahukan Anda, bahwa pelanggan dapat membantu Anda melakukan penjualan dengan menawarkan produk atau jasa yang Anda jual bahkan tanpa Anda minta?
Penjualan terhadap sebuah produk atau jasa janganlah berhenti begitu saja ketika transaksi pembelian telah terjadi. Sementara Anda terus berupaya mendapatkan pelanggan yang baru. Jangan abaikan pelanggan lama! Mencari pelanggan baru tidaklah salah, tetapi meninggalkan pelanggan lama karena telah terjadi transaksi adalah kesalahan. Pelanggan yang merasa “ditinggalkan” oleh Anda akan mulai berkurang kepercayaannya sehingga hal ini dapat merugikan Anda. Sebab pelanggan lama dapat mendatangkan pelanggan baru yang mungkin bisa lebih potensil untuk terjadinya transaksi lebih cepat disebabkan pengaruh dari pelanggan lama.
Penjualan dapat terjadi apabila Anda tidak berhenti memberikan layanan yang terbaik dan selalu sigap memberikan bantuan ketika pelanggan lama membutuhkan pertolongan. Bahkan sebagai seorang marketing sejati, Anda juga perlu memberikan perhatian khusus kepada pelanggan Anda dengan menanyakan keluhan atau saran atas produk dan jasa yang digunakan. Pelanggan merasa istimewa ketika Anda mendengarkan keluhan atau sarannya dan menjadikannya sebagai masukan yang diperhatikan secara khusus.
Jangan abaikan layanan yang harus Anda berikan, layanan membuat Anda bekerja lebih efektif seperti yang saya bahas di atas bahwa setiap pelanggan yang merasa puas dengan layanan yang Anda berikan dapat menjadi sumber penjualan untuk dapat menawarkan atau mengajak orang lain untuk membeli produk atau jasa melalui Anda tanpa Anda meminta bantuannya.
Lihatlah betapa besar dampak layanan yang Anda berikan terhadap pelanggan. Layanan yang baik dapat mendatangkan keuntungan berlipat ganda. Karena itu jangan berhenti memberikan layanan tetapi jadikan layanan sebagai prioritas setelah penjualan telah terjadi.
Salam Sukses !!!
Ida Arthawaty/VMN/BL/Customer Relationship Head Vibiz Media
Editor: Ruth Berliana