(Business Lounge – Empower People) – Lingkungan kerja yang sehat sangatlah penting bagi setiap orang. Bukan hanya pemilik perusahaan maupun karyawan yang memiliki posisi tinggi saja yang memerlukan lingkungan yang sehat, melainkan juga seluruh karyawan yang ada, apapun posisinya. Namun, lingkungan yang sehat bukan sekedar hanya bebas penyakit maupun bersih kelihatannya. Melainkan, yang dikatakan sehat adalah lingkungan yang ada mendukung untuk bekerja karena semua karyawannya nyaman, gembira, dan selalu ada komunikasi yang menyenangkan tanpa adanya tekanan di lingkungan kantor. Atau mudahnya, di kantor sekalipun karyawan akan selalu merasa seperti di rumah.
Namun, menciptakan lingkungan kerja yang sehat tersebut bisa dikatakan tidak mudah. Dalam kenyataannya, banyak orang merasa tidak nyaman atau gembira ketika berada di kantor. Ketahuilah, ketika karyawan merasa nyaman, justru disitulah loyalitasnya terhadap perusahaan akan bertambah. Karena itu, memang dari pihak perusahaan, harus sanggup membuat lingkungan kantor yang sehat bagi karyawan, agar semua karyawannya merasa gembira dan nyaman berada di kantor. Nah, cara apakah yang dapat dilakukan untuk membuat lingkungan kerja yang sehat?
Menciptakan budaya komunikasi
Budaya komunikasi di kantor merupakan hal yang harus dibiasakan. Hubungan yang baik antara atasan dengan bawahan, juga antara sesama karyawan, entah itu di divisi yang sama maupun berbeda, itu sangatlah tergantung daripada komunikasi yang dilakukan. Untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat, di dalam perusahaan harus diciptakan suatu proyek yang membuat seluruh karyawan saling tergantung satu sama lain dan mau tidak mau mereka pasti berkomunikasi dan tidak akan hanya berdiam diri di meja kerja mereka saja. Dan jika ada karyawan yang belum bisa berkomunikasi dengan baik, usahakan untuk melakukan konseling kepadanya supaya dia juga mampu melakukan komunikasi yang baik dengan lainnya. Ingat, komunikasi yang baik juga dapat menciptakan lingkungan yang sehat di kantor.
Membiasakan karyawan bekerja dalam tim yang berbeda karakter
Ketika Anda memilih tim untuk bekerja, upayakan agar di dalam satu tim, jangan semuanya memiliki karakter yang sama. Karakter yang berbeda, asalkan merupakan karakter yang positif, dapat saling melengkapi satu dengan lainnya. Seringkali, dalam satu tim, orang sangat suka mencari yang berkarakter sama, karena malas untuk mendengarkan atau bekerjasama dengan yang memiliki orang yang berkarakter berbeda. Padahal, perbedaan yang ada, asalkan semuanya positif, pastilah justru menjadi kombinasi dan sinergi yang sangat kuat. Dan ketika sudah terbiasa bekerja sama dan menyelesaikan proyek dengan saling melengkapi, maka pastinya setiap karyawan akan merasa nyaman untuk bekerja.
Atasan harus membiasakan diri untuk mendengarkan bawahan
Seseorang yang memiliki posisi yang tinggi dalam perusahaan, jangan hanya bersikap diktator dan tidak pernah mendengarkan bawahan sama sekali. Terkadang, bawahan juga memiliki ide yang baik yang bisa menunjang akan perusahaan. Karena itu, biasakanlah untuk ada komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan, pastinya karyawan di posisi manapun akan merasa nyaman dan gembira ketika bekerja.
Memberikan penghargaan bagi karyawan yang berprestasi
Pemberian penghargaan atau apresiasi kepada karyawan yang berprestasi sangatlah penting. Selain memberikan semangat, tentunya karyawan akan semakin loyal kepada perusahaan, karena dia menyadari apa yang dia lakukan sangat dihargai. Pemberian penghargaan bisa berupa komisi, bonus, dan juga hal lainnya yang tentunya bisa membuat karyawan semakin nyaman dan terpacu untuk bekerja di kantor.
Hindari budaya menggosip yang ada dalam perusahaan
Menggosip adalah perilaku buruk yang harus dihindari di perusahaan. Selain bisa menciptakan rumor yang merugikan perusahaan, hal itu juga memangkas waktu produktif dari karyawan sendiri, karena waktu mereka akan habis untuk membicarakan hal yang tidak penting. Sosialisasikan kepada karyawan Anda untuk segala sesuatu dibicarakan secara terbuka dan langsung kepada orang yang bersangkutan. Jika di dalam perusahaan sudah terbiasa untuk berkomunikasi dan menyelesaikan masalah langsung dengan orang yang bersangkutan, maka tentunya lingkungan kantor akan lebih nyaman, dan pastinya lebih sehat tentunya.
Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL