Business Model Creation Guide

BusinessModelInstagram#1

Langkah awal dalam membuat Business Model  tentukan “Value proposition”  yang anda tawarkan ke pelanggan. Tentukan juga kebutuhan pelanggan yang seperti apa yang perlu dipuaskan dengan produk kita.  Seperti misalnya maskapai Air Asia yang sudah menentukan customer segmennya adalah kelas menengah, maka Value proposition yang mereka tawarkan pada pelanggan adalah  ‘Now Everyone Can Fly’.  Dengan Air Asia maka semua orang bisa terbang, tidak hanya orang kaya saja.  Mereka membuat budget airline, salah satu inovasi dari bisnis penerbangan. Value proposition ini menjadi  suatu positioning kita di tengah tengah industri bisnis yang ada.

BusinessModelInstagram#2

Setelah anda membuat value dari produk yang anda tawarkan.  langkah berikutnya  adalah anda harus mengetahui dengan persis siapa calon pelanggan anda. Tidak mungkin dalam membuat suatu produk atau jasa tanpa ditentukan dahulu siapa pelanggannya. Seperti Apple saat menciptakan produk Ipad, Steve Jobs telah melakukan pengamatan pada pelanggannya, anda perlu mengetahui terlebih dahulu siapa pelanggan yang dituju. Sehingga akan dibuat produk yang memang disesuaikan dengan calon pelanggannya. 

Ketika anda membuat produk sesuai dengan apa anda mau, maka untuk memasarkannya akan mengalami kesulitan dan mencari pasar yang tepat.

 BusinessModelInstagram#3

Kalau penjualan sudah berjalan dengan baik, maka akan ada penghasilan yang masuk.  Dari manakah Anda mendapatkan penghasilan itu atau  tentukan model penghasilan/pendapatan dalam bisnis anda. Seberapa besarkah pelanggan Anda bersedia membayarnya? Pendapatannya bisa dari produk yang berhasil dijual atau Anda harus memiliki juga cara-cara lain untuk mendapatkan penghasilan lebih maksimal. Lebih dari hanya menjual makanan misalnya, maka bisa juga dijual secara franchise yang akan menjadi tambahan penghasilan.

 BusinessModelInstagram#4

Tidak ada suatu usaha yang bisa berjalan dengan baik kecuali adanya kerjasama dengan pihak lain, yang dinamakan sebagai partner kunci atau key partners. Kerjasama yang sering dilakukan dalam memulai suatu bisnis misalnya adalah bekerja sama dengan supplier Anda. Apabila Anda membutuhkan modal atau dana yang lebih besar, maka Anda dapat mengajukan kerjasama dengan perbankan atau investor. Atau untuk beberapa industri tertentu, maka harus memiliki kerjasama dengan asosiasi terkait dan juga badan pengawas terkait. Yang pasti pihak manapun yang harus berhubungan dengan Anda dalam melakukan bisnis ini, maka itulah yang harus menjadi partner kunci dalam bisnis Anda.

BusinessModelInstagram#5

 Dalam seluruh bisnis pasti akan memerlukan biaya untuk menghasilkannya. Dengan biaya yang termurah dapat menghasilkan penghasilam dengan maksimal, cost structure harus lebih kecil dari revenue stream. Dengan begitu maka bisnis model Anda layak dijalankan. Biaya ini sendiri adalah segala biaya yang harus keluar dalam memproduki suatu barang. Mulai dari bahan bakunya juga SDM nya dan bahkan biaya marketingnya, semuanya sangat terkait dalam bisnis Anda. Dapat dianalisa sumber daya manakah yang paling mahal. Atau kegiatan mana yang membutuhkan biaya yang paling mahal.

BusinessModelInstagram#6

Tentunya setelah itu anda ingin agar pelanggan anda bertambah dan juga tetap mempertahankan para pelanggan yang ada. Anda perlu mempromosikan bisnis Anda ke banyak orang sehingga bisnis Anda juga menjadi semakin besar. Itu sebabnya perlu dibentuk khusus customer relationship yang akan membuat berbagai program dengan tujuan mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Misalnya, dibuat suatu komunitas khusus atau program pelatihan khusus pelanggan.

 

BusinessModelInstagram#7

Anda juga harus menentukan bagaimana caranya produk anda dapat sampai pada pelanggan. Apakah anda akan menjualnya melalui toko, melalui penjualan online, melalui pameran atau cara cara lainnya, sesuai dengan masing masing karakteristik produk anda. Misalnya, anda hendak menjual perhiasan, manakah cara  penjualan yang terbaik dan yang paling efisien? Apakah melalui toko, berjualan dari rumah ke rumah atau melalui facebook dan BBM.  Bagaimana mengintegrasikan penjualan anda  dengan kesibukan pelanggan anda?

BusinessModelInstagram#8

Dalam suatu bisnis pasti ada kegiatan usaha dan aktifitas yang harus dilakukan, Kegiatan apa yang harus anda lakukan untuk memperoleh penghasilan. Juga kegiatan yang terkait dengan chanel penjualan Anda harus di deskripsikan, serta kegiatan yang terkait dengan customer relationships. Misalnya dalam menjual baju, maka aktivitas utama yang dilakukan adalah  mengambil atau membeli barang dagangan di supplier, melakukan penataan tampilan di toko, menjual baju di toko, ikut dalam pameran, melakukan promosi secara rutin dan sebagainya. Disini lebih menjelaskan akan aktifitas yang dilakukan dalam bisnis kita.

BusinessModelInstagram#9

Hal utama berikut adalah apakah sumber daya utama yang dibutuhkan dalam bisnis Anda. Sumber daya ini bisa dimiliki sendiri oleh pemilik atau memang harus kerjasama dengan pihak lain untuk mendapatkan sumber daya ini. Bagaimana sumber daya utama yang diperlukan dalam bisnis kita? Bagaimana sumber daya yang yang terkait dengan saluran penjualan kita? Apakah sumber daya yang yang terkait dengan customer relationships?

Endah Caratri/Managing Partner Financial, Accounting & Tax Services Vibiz Consulting/VMN/BL

Back to After Great Ideas

Banner