(Business Lounge – Dominate the Market)
Apa itu Social Media Marketing ?
Social Media Marketing merupakan proses membawa pelanggan potensial ke website melalui saluran media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dsb. Dengan menggunakan strategi ini diharapkan dapat menjangkau pelanggan yang potensial dan tepat sasaran.
Contoh dari penggunaan strategi Social Media Marketing dapat kita lihat di Facebook bagian sebelah kanan, di situ terdapat space untuk pebisnis online dapat memasang iklan berbayar atau yang biasa disebut Facebook Ads.
Mengapa Social Media Marketing itu penting ?
Ketika seseorang membeli suatu produk melalui online, biasanya setelah itu mereka cenderung akan membicarakannya kepada orang lain, minimal kepada orang-orang terdekat mereka. Bayangkan jika produk atau jasa yang Anda jual itu di promosikan oleh seorang pembeli, tentu jauh lebih banyak orang yang percaya ketimbang di promosikan oleh Anda sendiri.
Demikian juga dengan pemasaran melalui online, contohnya sebagai berikut :
Jika Anda membeli sekuntum mawar merah di toko bunga kemudian memfoto bunga tersebut dan meng-upload nya di Facebook kemudian mendapat banyak Like dari teman dan keluarga Anda, tentu pemilik toko bunga akan mendapat keuntungan dari hal tersebut, minimal akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli ketika ingin membeli bunga dari toko bunga tersebut.
Bagaimana Social Media Marketing dapat membantu bisnis saya ?
Pengguna Social Media seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, dsb jumlahnya mencapai ratusan juta pengguna. Berdasarkan data internetworldstats.com, Facebook sendiri pada pertengahan tahun ini tercatat telah memiliki jumlah pengguna sekitar 975,943,960.
Melihat begitu banyaknya orang yang berlalu lalang di media sosial, tentu ini menjadi kesempatan yang bagus untuk berbisnis. Melalui layanan space iklan yang disediakan di Facebook, Anda dapat memasarkan produk Anda melalui iklan berbayar atau pay per click.
Contohnya : Jika Anda adalah penjual bunga dan toko Anda terletak di Bogor, Anda dapat mentargetkan bahwa orang yang melihat iklan Anda di Facebook adalah mereka yang berjenis kelamin laki-laki, berusia diatas 25 tahun, tinggal di sekitar Bogor dan memiliki status relationship sebagai “in a relationship“, “engaged” atau married“.
Merekalah orang-orang yang kemungkinan akan membeli bunga lebih tinggi ketimbang anak-anak atau mereka yang masih “single“, karena secara kemampuan tentu mereka memiliki daya beli lebih dan memiliki seseorang untuk dikasihi.
Dengan mengetahui target penjualan Anda diarahkan kepada siapa, ini akan membantu Anda untuk menggunakan budget marketing Anda lebih efisien.
Apa keuntungan menggunakan Social Media Marketing ?
Berikut adalah keuntungan menggunakan Social Media Marketing (iklan Facebook):
1. Audiens lebih targeted
Facebook memungkinkan pemilik bisnis untuk mentargetkan pengguna dengan cara yang lebih tepat seperti dengan :
– Negara
– Jenis kelamin
– Usia
– Ketertarikan
– Pekerjaan
dan banyak lagi
2. Fast results (hasil cepat)
Anda bisa mendapatkan website Anda berada di bagian paling atas dalam pencarian Google dalam tempo sangat cepat selama iklan di website Anda memenuhi terms and conditions pencarian Google. Ini berarti segera menghubungkan produk ke pelanggan potensial Anda.
3. Pemasaran paling efesien
Pelanggan potensial akan mempercayai produk dan jasa yang direkomendasikan oleh teman atau keluarga. Jumlah “Like” di Facebook akan membangun kepercayaan pelanggan dan calon pembeli.
4. Iklan Gratis
Iklan Facebook hanya dikenai biaya jika pengguna Facebook mengklik iklan Anda dan akan diarahkan ke website Anda. Jika pengguna Facebook hanya melihat iklan tapi tidak mengklik, Anda tidak perlu membayar apa-apa.
5. Biaya efektif
Iklan Anda hanya akan ditampilkan kepada pengguna internet yang mencari kata kunci yang relevan ke website Anda dan Anda hanya membayar ketika mereka mengklik iklan Anda.
6. Tampil 24/7
Social Media Marketing memungkinkan iklan Anda untuk tampil 24 jam setiap hari, 7 hari dalam seminggu. Perlu diperhatikan bahwa iklan yang Anda pasang hanya akan tampil jika pengguna mencari kata kunci yang Anda targetkan, jadi tidak semua pengguna Facebook dapat melihat iklan, hanya mereka yang benar-benar potensial yang telah Anda targetkan sebelumnya.
7. Jangkauan luas
Tidak hanya pasar dalam negeri, Anda juga dapat mentargetkan pengguna Facebook dari seluruh negara di seluruh belahan dunia.
Bagaimana, tertarik untuk mempromosikan produk Anda melalui Social Media Marketing ?
Lidia Wulan/Head of Vibiz Internet Marketing Academy/VMN/BL
Editor: Lidia Wulan