The Importance of Strategic Management in an Organization

(Business Lounge – Manage Your Business) – Strategi adalah sebuah metode atau rencana tindakan yang dirancang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Strategi menjabarkan secara lebih terperinci mengenai tujuan yang perlu di capai dan ide-ide untuk mencapai tujuan tersebut.

Apa yang dimaksud dengan manajemen?
Sampai saat ini, belum ada definisi manajemen yang diterima secara universal karena masing-masing pakar memiliki definisi yang berbeda-beda. Secara umum, manajemen dapat diartikan sebagai suatu proses untuk mencapai tujuan melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha tersebut sehingga mencapai tujuan yang sama.

Daft (2003) mendefinisikan manajemen sebagai pencapaian tujuan organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan sumber daya yang terlibat dalam proses pencapaian tujuan tersebut.

Jadi apakah manajemen strategis itu?

Manajemen strategis adalah keputusan dan tindakan manajerial untuk menentukan kinerja jangka panjang suatu perusahaan. Manajemen strategis melibatkan pimpinan dalam menggunakan beberapa strategi yang berbeda untuk mendapatkan performa maksimal dari pekerja dan proses bisnis. Manajemen strategis juga melibatkan analisis sistematis dimana manajer mengolah beragam perspektif untuk mempertimbangkan dampak dari setiap keputusan, hal-hal yang akan menghambat pencapain tujuan, peluang dan ancaman yang ada dalam lingkungan eksternal dan internal. Beragam perspektif ini akan membantu organisasi dalam proses pengambilan keputusan.

Pada intinya, manajemen strategis berfokus pada proses penetapan tujuan jangka panjang perusahaan, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai tujuan, serta mengalokasikan sumber daya secara efektif dan efisien untuk menerapkan kebijakan dalam pencapaian tujuan organisasi. Manajemen strategis merupakan cara untuk mendapatkan keunggulan kompetitif bagi suatu perusahaan. Perusahaan perlu menerapkan manajemen terencana yang strategis untuk dapat tetap bersaing di pasar (Huiru, 2011).

Pentingnya manajemen strategis dalam sebuah organisasi
Without a strategy, an organization is like a ship without a rudder, going around in circles. It’s like a tramp; it has no place to go” – Joe Ross & Michael Kami.

Kalimat tersebut kurang lebih mengatakan bahwa tanpa strategi, organisasi adalah seperti sebuah kapal tanpa kemudi yang hanya bisa berputar-putar di tempat. Seperti gelandangan yang tidak memiliki tempat yang ingin di tuju. Merupakan sesuatu yang umum di dunia bisnis jika organisasi yang menggunakan manajemen strategis dalam menjalankan bisnis cenderung akan lebih sukses daripada organisasi yang tidak menggunakan manajemen strategis.

Terdapat beberapa alasan mengapa menerapkan manajemen strategis dalam sebuah organisasi adalah hal yang krusial. Sesuai dengan definisi manajemen strategis, organisasi fokus untuk membuat rencana jangka panjang secara konsisten, dengan harapan bahwa masa depan organisasi akan menjadi lebih baik. Namun karena masa depan tidak dapat diprediksi dengan pasti, untuk menghadapi ketidakpastian itulah perlu dibuat perencanaan strategis untuk ke depan. Setiap organisasi pasti akan mengalami perubahan situasi yang mungkin kecil atau malah signifikan. Mampu mengatasi secara efektif ketidakpastian dalam lingkungan eksternal dan internal ini merupakan tantangan besar bagi organisasi. Namun dengan menerapkan manajemen strategis, para pembuat keputusan dapat menganalisa semua aspek penting untuk menentukan keputusan dan tindakan yang tepat untuk diambil.

Selain itu, manajemen strategis yang efektif dan dirancang dengan baik dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi suatu perusahaan dan tentunya akan meningkatkan profitabilitas. Manajemen strategis juga dapat membantu perusahaan dalam menetapkan tujuan bisnis. Ketika manajemen strategis diimplementasikan, para anggota dalam suatu perusahaan dapat mengidentifikasikan dimana bisnis sekarang dan apa yang ingin dicapai dalam jangka panjang. Mereka dapat mempertimbangkan keadaan pasar saat ini dan ke mana arah navigasi pasar, pesaing, dan sumber daya beberapa tahun ke depan.

Proses manajemen strategis

Secara umum, proses manajemen strategis dapat dibagi kedalam tiga fase :
1. Tahap yang pertama adalah tahap perumusan dimana tahap ini merupakan strategi yang bertujuan untuk memastikan bahwa organisasi dapat mencapai tujuan mereka. Perumusan strategi termasuk menentukan jenis bisnis yang akan dikelola, bagaimana mengalokasikan sumber daya secara efektif dan efisien, apakah organisasi akan memasuki pasar internasional dan sebagainya. Dalam tahap awal ini, perusahaan juga harus menetapkan pernyataan misi, menganalisa peluang dan ancaman baik secara eksternal maupun internal, menetapkan tujuan jangka panjang, merencanakan strategi alternatif, dan memilih strategi terbaik yang akan diimplementasikan.

2. Tahap kedua merupakan tahap pelaksanaan yang meliputi pelaksanaan kegiatan sesuai dengan rencana strategi. Tahap ini mengharuskan perusahaan untuk menetapkan kebijakan, memotivasi karyawan, dan mengalokasikan sumber daya.

3. Tahap yang terakhir merupakan tahap evaluasi dan kontrol dimana perusahaan membutuhkan informasi yang diperoleh dari kinerja karyawan dan membandingkannya dengan standar yang telah ditetapkan. Evaluasi juga dilakukan dengan mereview strategi saat ini, mengukur performa karyawan, dan mengambil tindakan korektif yang tepat. Evaluasi strategi yang konsisten sangat diperlukan karena keberhasilan hari ini tidak menjamin keberhasilan hari esok.

Tantangan untuk manajemen strategis dalam bisnis masyarakat yang modern

1. Orientasi globalisasi
Sekarang ini, hampir setiap bisnis organisasi sedang berupaya untuk menjadi global, melangkah ke dalam operasi global dengan perusahaan multi-nasional atau dengan menggunakan metode operasi bisnis asing. Dengan adanya globalisasi operasi di dunia bisnis, semakin banyak orientasi dan permasalahan baru yang keluar seperti manajemen sumber daya manusia secara internasional dan keuangan internasional. Proses manajemen strategis perusahaan yang mencoba untuk menjadi global harus diubah sedemikain rupa sehingga sesuai dengan orientasi baru tersebut.

2. Berkembangnya e-commerce dan budaya internet
Dengan semakin meningkatnya kecanggihan teknologi dan keberadaan internet, beberapa perusahaan mengalihkan perhatiannya kepada e-commerce dimana mereka bisa melakukan transaksi bisnis dengan sarana elektronik seperti pembelian online, penjualan online, dan iklan online. Proses manajemen strategis harus mampu mengubah e-commerce menjadi sebuah bisnis proses.

3. Meningkatnya kompetisi
Ketika globalisasi, e-commerce dan banyak perubahan lain muncul dalam dunia bisnis, bisnis telah menjadi hiper kompetitif. Jika perusahaan tidak menggunakan strategi yang tepat, perusahaan tersebut tidak akan mampu bertahan dalam kondisi persaingan ketat ini. Proses manajemen strategis dapat membantu perusahaan untuk menghasilkan keuntungan kompetitif, meramalkan langkah kompetitor yang selanjutnya, dan membangun strategi kompetitif untuk bersaing dengan para kompetitor.

Manfaat manajemen strategis

Manajemen strategis yang dirumuskan dengan baik dapat membawa berbagai manfaat bagi organisasi :
a.Manajemen strategis memperhitungkan masa depan dan mempersiapkan tindakan untuk mengantisipasinya.
b.Strategi dibuat dengan cara rasional dan logis sehingga efisiensi dan keberhasilannya terjamin
c.Manajemen strategis fokus pada pendekatan proaktif yang memungkinkan organisasi untuk menangkap setiap kesempatan yang tersedia di pasar.
d.Membawa pertumbuhan bagi organisasi melalui kesempatan-kesempatan yang telah diidentifikasi.
e.Manajemen strategis melihat pada ancaman yang ada dalam lingkungan eksternal dan dengan demikian perusahaan dapat bekerja untuk menyingkirkan atau menetralkan ancaman tersebut dan mengubahnya menjadi kesempatan bagi keberhasilan perusahaan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa manajemen strategis dalam sebuah organisasi adalah hal yang sangat penting. Manajemen organisasi akan membantu perusahaan untuk menentukan arah dan tujuan yang ingin dicapai serta bagiamana perusahaan harus menjalankan strategi yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan. Manajemen strategis juga akan membantu perusahaan untuk lebih siap menghadapi situasi negatif yang muncul secara tiba-tiba dan mengubahnya menjadi suatu keuntungan kompetitif agar bisa bertahan dalam kondisi persaingan bisnis yang semakin ketat.

iin3Endah Caratri/Managing Partner Financial, Accounting & Tax Vibiz Consulting

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x