Wild Ideas Harus Diubah Menjadi Inovasi Bisnis

(Business Lounge – Strategic) Wild Ideas, yaitu ide liar atau bisa disebut ide gila, kadangkala sangat dibutuhkan di dalam dunia bisnis untuk melakukan terobosan atau memulai sesuatu yang baru. Kunci dari ide liar ini di dalam bisnis adalah bagaimana mengubahkan menjadi realita, mungkin lebih tegasnya mengubah ide liar menjadi uang.

Wild ideas bisa didorong melalui brainstorm, ide ini kadang timbul berlawanan arah dari kebiasaan management yang berlaku, namun jangan segera melakukan sensor atas ide-ide seperti ini hanya karena tidak ada di dalam prakteknya pada masa lalu, bahkan bila ide ini kelihatannya seperti setengah gila, bodoh atau kelihatannya tidak mungkin. Beberapa ide gila memberi inspirasi terobosan dari kebuntuan permasalahan yang dihadapi.

Pada dasarnya bisnis adalah kreatifitas, yaitu kreatifitas untuk memenuhi kebutuhan, memecahkan masalah, melakukan pemasaran, melayani pelanggan, semua aspek memerlukan kreatifitas bahkan yang tidak pernah ada di dalam buku pelajaran management. Wild ideas merupakan dasar dari kreatifitas ini. Google merupakan contoh perusahaan raksasa yang lahir dari wild ideas untuk mengelola data seluruh dunia, lalu salesforce.com menjadi terobosan marketing secara cloud, yang tidak pernah ada sebelumnya, ini merupakan wild ideas yang berhasil di-monetized menjadi realita bisnis.

Karena di dalam menjalankan bisnis kita sering berhadapan dengan kebutuhan untuk membuat keputusan pada hal-hal yang kita belum pernah kita temui, tidak tahu harus berbuat apa, apakah ini waktu yang tepat ? apakah resikonya ? hal-hal seperti ini tidak bisa dihindarkan apalagi kalau memang tidak bisa diputuskan hanya dengan common ideas, maka perlu wild ideas.

Ada beberapa cara mengubah wild ideas ini menjadi realita :

1. Jangan Tunggu Hingga Tahu Segalanya

Perlu waktu untuk menjadi sempurna, dan ketika anda mengejar untuk mempersiapkan segala sesuatu menjadi sempurna maka kesempatan telah hilang. Sehingga mulai bertindak saja bahkan ketika belum tahu segalanya dan jangan pernah berhenti untuk belajar, sehingga pengetahuan akan terus berkembang ketika proses itu berlangsung.

2. Ubahlah Kegagalan Menjadi Kesuksesan

Thomas Edison melakukan 1000 kali lebih percobaan yang gagal hingga ditemukannya bolam lampu listrik, mungkin anda juga pernah gagal ….. tetapi tarik pelajaran dari kegagalan dan ubahlah menjadi pengalaman yang membawa keberhasilan, sebab kegagalan bukanlah sebuah akhir, tetapi proses dalam mengisi peluang menuju keberhasilan.

3. Melangkah Keluar dari Zona Aman dan Biasa

Jalur yang anda ditempuh selama ini di zona aman dan biasa belum tentu merupakan jalur yang membawa terobosan pada keberhasilan, bila anda merasakan kebuntuan, maka perlu melangkah dari zona tersebut yang memang sering menakutkan banyak orang untuk melangkahnya. Rasa takut yang timbul adalah karena keluar dari zona ini akan menghadapi segala sesuatu yang tidak sepenuhnya diketahui, namun langkah yang berani dengan mempertimbangkan resiko yang bisa terjadi akan menjadi terobosan atas kebuntuan yang dihadapi dan mendapatkan suatu realita baru yang akan dialami.

4. Hidup Secara Kreatif

Orang-orang kreatif tidak hanya mengumpulkan ide kreatif mereka bila diperlukan. Rasa ingin tahu, ingin mencoba hal baru, dan memulai petualangan baru, merupakan petualangan kreatif dan menempatkan segala sesuatu yang di pelajari ke dalam bisnis secara nyata. Hidup secara kreatif adalah cara hidup dengan melihat kesempatan yang ada dan berani mengambil tindakan mengisi kesempatan tersebut.

5. Membuat Rencana

Tindakan mengambil resiko secara spontan tidaklah berarti tidak membuat perencanaan, para pelaku bisnis yang inovatif melakukan tindakannya dengan perencanaan yang jitu. Perencanaan ini yang membedakan sebuah wild ideas yang hanya tetap menjadi ide gila semata dengan sebuah tindakan kreatif untuk menjadikan wild ideas ini menjadi inovasi bisnis. Secara prinsip wild ideas ini harus dibuat langkah-langkah, dipetakan arahnya secara rinci, tentukan jadwal pencapaian, buat perhitungan segala kemungkinan, kerahkan aktifitas anda maupaun juga orang-orang lain yang terlibat. Inilah langkah nyata seperti sebuah ban yang menginjak jalanan untuk menggelinding, harus ada langkah yang  membumi dan nyata dikerjakan.

Sebuah Wild Ideas haruslah diubah menjadi langkah-langkah nyata hingga menjadi sebuah keuntungan finansial atau taraf kehidupan yang lebih baik.

(KN/KN/BL)

pic: blog.vistage.com