Wal-Mart Ciptakan Solusi Untuk Penjualan Online

(Business Lounge – Business Today) – Amazon.com Inc. merupakan perusahaan terdepan dalam hal penjualan online berkat tersedianya lebih dari 40 jaringan gudang di Amerika Serikat, dan sejumlah robot yang membantu mempercepat pengiriman pesanan ke rumah pembeli sangat efisien.

Ingin mengejar ketertinggalannya di sektor e-commerce, Wal Mart Stores Inc. memutuskan takkan menjiplak model bisnis Amazon karena mereka juga mencemaskan bagaimana caranya agar pasokan ke tokonya tidak terganggu.

Wal-Mart justru menciptakan sistem logistik baru yang menyangkut pembangunan gudang baru bagi pemesanan lewat Web. Selain itu, Wal-Mart juga memanfaatkan para pekerja di toko untuk secara langsung mengepak dan mengirim barang ke para konsumen. Wal-Mart berpendapat proses akan lebih cepat dan murah jika pengiriman langsung dilakukan dari 4.000 lebih tokonya di AS.

“Kami sudah mulai mendapatkan momentum,” ujar Direktur Eksekutif, Mike Duke dalam rapat tahunan perusahaan pada bulan ini. “Saya mengatakan ‘sudah mulai’ karena kami tahu jalan kami masih panjang.”

walmart 2

Wal-Mart terpaksa menemukan solusi secara mandiri karena masih belum menemukan cara mengirim semua produknya ke tangan para pembeli online secara ekonomis, ujar para eksekutif dan mantan eksekutif Wal-Mart. Hal itu merupakan pengakuan berharga bagi Wal-Mart, yang menjadi peritel terbesar dunia sebagian karena efisiensi jaringan pasokannya.

Terlepas sejumlah janji untuk menjadi kekuatan online sejak menjajaki e-commerce pada satu dasawarsa lalu, posisi Wal-Mart jauh berada di bawah Amazon. Tahun lalu, Amazon membukukan penjualan online senilai $61 miliar. Sementara Wal-Mart sebesar $7,7 miliar, demikian keterangan Internet Trailer.

Taruhan bagi Wal-Mart kian besar. Tahun lalu, penjualan online meningkat 16% di AS menjadi $224,3 miliar, dan kini mencakup sekitar 5% penjualan barang konsumen secara keseluruhan. Angka itu diharapkan meningkat dua kali lipat pada 2017, demikian menurut Forrester Research Inc. Penjualan fisik masih mencakup $9,50 dari setiap $10 yang dibelanjakan, tapi hanya naik sebesar 5% dari tahun sebelumnya.

Wal-Mart kini berjanji memberikan solusi terhadap masalah online dengan jaringan distribusi yang membagikan informasi mengenai inventarisasi pada 4.000 toko dan 158 gudang, dan meningkatkan cara paling efisien dalam mengirim televisi atau kaos kepada pelanggan yang lokasinya dekat. Wal-Mart akan membangun pusat-pusat distribusi e-commerce tahun ini tapi menolak untuk menyebut jumlahnya.

(sumber : Wall Street Journal)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x