(Business Lounge – Service), Pelanggan merupakan asset bagi perusahaan, tanpa pelanggan maka perusahaan bisa terancam gulung tikar. Karena itu pelanggan harus mendapat perhatian dan harus dilayani dengan baik dan maksimal. Memberi layanan yang maksimal adalah memberikan pelayanan yang melebihi dari harapan pelanggan sehingga membuat mereka begitu senang dan menjadi pelanggan setia anda.
Memberikan pelayanan yang maksimal tersebut tidak lahir begitu saja, perlu yang namanya mengenal pelanggan, seperti pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang”. Demikian juga pelanggan. Dengan mengenal pelanggan maka seorang petugas pelayanan pelanggan atau customer service akan dengan mudah menjalin hubungan dan mengenali keinginan dan kebutuhan mereka.
Berikut ini beberapa karakter pelanggan :
1. Sanguinis Populer
Ciri-ciri emosi
· Kepribadian yang menarik
· Suka berbicara
· Mempunyai sense of humor
· Emosional dan demonstrative
· Ekspresif
Sikap sebagai teman:
· Mudah berteman
· Senang dipuji
· Tidak pendendam
2. Koleris kuat
Ciri-ciri emosi
· Berbakat pemimpin
· Tidak mudah patah semangat
· Kemauan kuat
· Mandiri
· Dinamis
Sikap sebagai teman:
· Tidak terlalu ingin punya teman
· Senang memimpin
· Unggul dalam keadaan darurat
3. Melankolis sempurna
Ciri-ciri emosi
· Penuh pemikiran
· Serius dan tekun
· Perasa terhadap orang lain
· Jenius dan analistis
Sikap sebagai teman:
· Hati-hati dalam berteman
· Sangat memperhatikan orang lain
· Mau berkorban
· Setia
3. Phelegmatic damai
Ciri-ciri emosi
· Rendah hati
· Diam, tenang dan mampu
· Konsisten
· Simpati dan baik hati
Sikap sebagai teman:
· Mudah diajak bergaul
· Tidak suka menyinggung
· Punya banyak teman
· Menyenangkan
· Pendengar yang baik
Salam sukses…!
(Elfi Manao/IK/BL)