(Business Lounge – Service&CRM), Banyak merek yang menggunakan skema loyalty atau hadiah-hadiah untuk menarik dan mempertahankan pelanggan atau customernya. Tapi bagaimana memanfaatkan cara ini untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan customer kita?
Berikut adalah TIPS-TIPS yang bisa Anda gunakan agar para customer semakin dekat dengan Anda:
1.Konsisten dalam berkomunikasi dengan mereka
Mengingatkan pelanggan atau customer bahwa mereka memiliki keuntungan dan mengkaitkan dengan kebutuhan mereka saat ini, raih pemahaman dari customer Anda sehingga mereka lebih jelas dan mengerti bahwa mereka sedang diberikan hadiah yaitu saat customer melakukan pembelian, sebab menjadi faktor pendorong dalam proses pengambilan keputusan pembelian mereka.
2.Relevan
Pastikan hadiah yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan atau customer. Dengan suasana ekonomi seperti sekarang ini, dimana konsumen memperketat ikat pinggangnya atau “berhemat”, maka merek yang melahirkan loyalitas akan relevan memberikan diskon dalam bentuk produk, merek dan waktu.
3.Keep in simple
Program reward prosesnya jangan diperumit, tetaplah konsisten dalam menyajikan penawaran yang memberikan tingkat fleksible, tidak hanya terbatas pada angka dan periode.
4.Tetap segar
Jaga program reward yang terus berkembang dan menarik untuk memastikan pelanggan atau customer tidak bosan dengan hal lama yang sama. Tentunya ini akan meningkatkan pembelian ulang dan membangun loyalitas, juga memberi Anda kesempatan lebih banyak untuk komunikasi dengan mereka dan memudahkan dalam mengumpulkan data, dalam mengembangkan komunikasi
5.Tampil beda
Berani tampil beda dgn reward kepada pelanggan atau customer, ini dimaksudkan agar terlihat lebih menonjol dan menarik sebab memberikan nilai tambah lebih baik dibandingkan dengan memberikan harga murah atau diskon.
6.Dengarkan pelanggan Anda
Melakukan komunikasi dua arah efeknya, Pelanggan atau Customer Anda akan merasa pendapat mereka didengarkan dan ditindaklanjuti dengan kita menjadi pendengar yang baik..Anda dapat mengetahui yang diinginkan dan dikehendaki pelanggan Anda dari sebuah program reward.
7.Pastikan program Anda menarik, pertahankan itu.
Hadiah dan bonus merupakan cara yang tepat untuk mendorong pelanggan atau customer berbisnis dengan Anda, sebuah program yang dapat melakukan dua pekerjaan sekaligus dalam satu waktu dapat menghemat banyak waktu dan uang. Costumer akan loyal dan submit jika Anda pakai cara yang relevan dan menawarkan nilai nyata (sesuatu yang real bukan isapan jempol) bagi mereka, dapat menjadi instrumen dalam mengubah kesan pertama saat pembelian pertama seorang customer menjadi hubungan jangka panjang (loyal), dan hal baik ini harus dipertahankan supaya terus menerus dapat menjadi asset yang baik bagi perusahaan Anda.
Pertumbuhan konsumen memang menciptakan penjualan bagi perusahaan, namun di sisi lain sering menciptakan masalah dalam hal pelayanan. Untuk itu, SERVICE harus menjadi perhatian penting dilakukan Akses menjadi lebih sulit, konsistensi sulit dilakukan, dan kinerja agen yang menurun.
Salam Service!
(Yetty Marlens/IK/BL)