Cara Sederhana Berjualan

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Salah satu pendukung keberhasilan seorang penjual atau marketing adalah dengan menjadi orang yang mau untuk terus menerus belajar dan “pantang menyerah”.

Sebenarnya banyak cara untuk mendapatkan prospek potensial, salah satu di antaranya adalah melalui referensi.
Apa itu referensi ?Referensi merupakan prospek yang di rekomendasikan oleh orang lain.
Manfaat Referensi :

1.    Kepercayaan : orang cenderung lebih percaya pada orang yang ia kenal.
2.    Selektif : orang cenderung akan berteman akrab dengan orang yang “mirip” dengan dirinya, sehingga kita memiliki sarana untuk menilai karakter prospek.
3.    Informasi : lebih mudah menggali informasi tentang kebutuhan dari seorang teman, daripada harus mencari sendiri.
4.    Loyal : nasabah akan cenderung untuk mempertahankan loyalitasnya, apabila orang yang dia referensikan juga menjadi nasabah kita

Tips-tips sederhana dalam berjualan

Pra Kunjungan :
•    Ketahui prospek yang akan dikunjungi (nama, alamat, kebiasaan, dll)
•    Ketahui waktu luang prospek
•    Kuasai usaha yang dijalani oleh prospek
•    Niatkan kunjungan anda untuk MEMBANTU prospek

Kunjungan :
•    Lakukan sesuai tahapan menjual.
•    Bangun keakraban dengan prospek.
•    Berikan solusi sesuai dengan kebutuhan dan  kemampuan prospek.
•    Lakukan secara alami. Tidak memaksa & tidak meminta-minta

Mengatasi keberatan/penolakan :
•    Alami  –> tidak ada seorang penjualpun yang tidak menemui kendala dalam proses menjual
•    Paket –>  keberatan/penolakan sudah menjadi satu paket dalam proses menjual

Perangkat Simulasi/Alat Bantu
Perlunya memiliki perangkat simulasi  untuk mengetahui tingkat produktivitas, ketrampilan menjual dan keberhasilan seorang penjual/marketing dalam penjualan. Perangkat simulasi merupakan alat bantu untuk membuat perencanaan aktivitas  dalam upaya mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Dengan perangkat ini kita akan mengetahui berapa jumlah kunjungan yang sudah kita kerjakan, berapa tingkat suksesnya, kendala dan kegagalannya karena apa, sehingga dapat segera di antisipasi.

 

 

(Ria Felissa/AA/TML)