Memanfaatkan Forum Komunitas Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

(The Manager’s Lounge – Services) – Siapa yang tidak mengenal Kaskus, situs forum komunitas maya terbesar di Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Sejak Kaskus booming maka banyak forum kominas yang mulai terbentuk baik antara sebuah siswa-siswa sekolah, karyawan perusahaan, alumni kampus tertentu, atau bahkan karyawan di perusahaan tertentu.

Forum Komunitas dibuat untuk berdiskusi, berkomunikasi, sharing berita, bahkan saling berdebat atau menyampaikan keluhan / komplain dan dibaca oleh semua member forum tersebut.
Forum kominitas sangat bagus untuk pembelajaran, berbagi ide (sharing ideas), berkomunikasi dengan sesame member, berdiskusi untuk sebuah masalah. Menjadi anggato sembuah forum dapat meningkatkan pengetahuan dan juga dapat mendapatkan pengalaman-pengalaman para ahli.

Forum juga dapat digunakan untuk menjadi sarana komunikasi antara perusahaan dan pelanggan. Dimana pelanggan dapat membagi pengalaman / kesaksian tentang jasa atau pelayanan atau produk dari perusahaan, dapat juga mengajukan komplain terhadap layanan atau produk perusahaan dan lain-lain, dapat juga digunakan oleh perusahaan untuk memberikan informasi mengenai produknya kepada pelanggan dan event-event atau bahkan promosi-promosi yang diberikan untuk pelanggan. Forum sangat berpotensi untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dan ini tentu saja dapat memberikan pengaruh yang positif pada penjualan perusahaan.

Apa saja manfaat yang bisa perusahaan anda peroleh dengan menggunakan Forum Komunikasi? Berikut kami mencoba memberikan apa saja pengaruh positif Forum bagi peningkatan pelayanan nasabah anda :
1. Melakukan Research atau Investigasi Level Layanan anda
Dengan menggunakan Forum maka anda dapat melakukan investigasi atau research tentang pelayanan yang sudah anda berikan. Caranya dengan anda melemparkan pertanyaan di dalam box new thread kemudian dikomentari oleh anggota-anggota forum yang merupakan nasabah anda.
Dengan demikian anda tidak harus mengirimkan formulir isian dan kemudian diisi dengan manual oleh pelanggan anda, kemudian mengirim kepada anda kembali. Cara ini tentu saja akan membutuhkan waktu yang panjang dan biaya yang tinggi.
Bila Forum Komunitas antar pelanggan anda telah buat, maka dengan mudah dan cepat anda mendapatkan masukan / komentar tentang produk atau layanan anda.

2. Melibatkan pelanggan anda untuk produk baru yang hendak dipasarkan
Anda dapat melibatkan pelanggan anda untuk memberikan feed back atau masukan bagi produk baru yang sedang anda buat untuk dipasarkan. Melalui forum komunitas maka pelanggan dengan bebas mengutarakan dan mengomentari produk yang akan anda jual tersebut.

3. Sebagai kotak suara konsumen
Anggota Forum komunitas yang anda buat yang mana terdiri dari para pelanggan anda, dapat memberikan suaranya misalnya komplain-komplain terhadap layanan nasabah atau kekecawaan terhadap produk anda, dan anda dapat langsung menjawab keluhan tersebut dengan membalas dalam post reply yang tersedia di setiap Thread yang ada.

Manfaatkan kemajuan tehnolgi yang semakin canggih dari hari ke hari untuk meningkatkan layanan anda kepada nasabah, selain biaya yang lebih murah, waktu yang lebih cepat dan juga menjangkau nasabah dari berbagai tempat bahkan sampai penjuru Indonesia dan dunia.

(Phee Dhea/DH/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x