New Marketing Strategy of Mercedes Benz

(Business Lounge – Marketing) – Jika anda penggemar mobil mewah, maka mendengar  nama Mercedes-Benz akan tergambar  kemewahan dan keeleganan dari sebuah produk otomotif. Mercedes-Benz  adalah sebuah perusahaan otomotif asal Jerman yang memproduksi berbagai macam kendaraan seperti mobil, truk, dan bus. Mercedes-Benz adalah salah satu perusahaan mobil paling dikenal di dunia dan juga perusahaan mobil tertua di dunia yang bertahan sampai saat ini.  Selain terkenal berteknologi tinggi, Mercedes-Benz juga  memiliki tingkat keamanan tinggi.

Asal mula Mercedes-Benz berasal dari penemuan Karl Benz atas mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia yang dipatenkan bulan Januari 1886, Benz Patent Motorwagen. Dengan bantuan dari  Gottlieb Daimler dan teknisi Wilhelm Maybach. Mobil-mobil Mercedes pertama kali dijual pada tahun 1901 oleh Daimler Motoren Gesellschaft. Mobil pertama yang memakai merek Mercedes-Benz diproduksi tahun 1926 setelah adanya merger antara perusahaan Benz dengan Daimler menjadi perusahaan Daimler-Benz.

Selain terkenal dengan kenyaman dan ketangguhannya,  maka  performa Mesin Mercedes-Benz juga sangat luar biasa. Dari pengalamannya  yang sudah lebih dari 100 tahun dalam dunia otomotif dengan inovasi berbagai macam produk kendaraannya maka Mercedes-Benz berhasil menciptakan  kenyamanan sekaligus rasa aman dalam berkendara. Mercedes-Benz sendiri  memiliki banyak jenis tipe mobil yang membuatnya  menjadi salah satu mobil mewah yang dikenal di dunia pada saat ini.

Mobil-mobil produksi  Mercedes-Benz,  dibagi dalam nama class-class berdasar tipe atau jenis mobil. Terdapat beberapa tipe class yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta minat para pengendara yang ingin menggunakan Mercedes-Benz. Masing-masing tipe class  memiliki keunggulan dan fitur yang berbeda-beda.

Beberapa tipe class Mercedes-Benz antara lain adalah :

•A-Class : A cars that appeals to the heart and mind,  Mobil yang menarik bagi hati dan pikiran
•B-Class : Mercedes in new dimensions,  Mercedes dalam dimensi baru
•C-Class : A gilty at your command , Kelincahan merupakan permintaan Anda
•CL-Class : A masterpiece of Mercedes Benz, Masterpiece dari Mercedes-Benz
•CLK-Class : Kecantikan dan dinamikan tanpa kompromi :
•E-Class : Engineer around you, Objek keinginan
•S-Class : The icon of motion, Ikon pergerakan
•SLK-Class : All you need for enjoyable drive, Yang Anda butuhkan untuk berkendara yang menyenangkan

Meskipun dikategorikan  sesuai kelasnya, Mercedes Benz memiliki  standar teknologi tinggi dan terbaru untuk  tingkat keamanan masing-masing tipe class.

Memiliki mobil mewah tentu menjadi impian setiap orang. Dalam kurun waktu  125 tahun berinovasi, maka  Mercedes-Benz terus menciptakan produk unggulan dengan teknologi terbaik dan selalu  berusaha  menjadi yang terdepan di kelasnya.

Strategi Pemasaran Mercedes-Benz yang Baru

Strategi Pemasaran  Mercedes-Benz yang baru  difokuskan pada kenyamanan, stabilitas, keamanan dan inovasi  model mereka. karena adanya persaingan yang ketat di pasar mobil internasional. Pada saat ekonomi dunia mengalami resesi pada tahun 2008,   banyak perusahaan otomotif  mengalami kesulitan  dimana  banyak  diantaranya yang  harus memberhentikan staf mereka, mengurangi unit-unit produksi,  sehingga menyebabkan perlambatan pertumbuhan dalam industri mobil di saat itu. Bahkan setelah efek buruk dari resesi, perusahaan manufaktur  optimis bahwa hal-hal yang akan kembali ke normal.

Mercedes-Benz memiliki strategi marketing yang baru dimana Mercedes-Benz  fokus  dengan  meningkatkan sales / penjualannya  melalui iklan dan promosi. Selain itu strategi marketing  Mercedes Benz juga unggul dalam menawarkan layanan pelanggan yang menakjubkan dan informative. Pelanggan adalah  sangat penting untuk kemajuan perusahaan. Selain melakukan   pendekatan yang lebih untuk berkomunikasi  kepada pelanggan  maka Mercedes Benz melakukan  inovasi-inovasi  produknya  seiring dengan kemajuan teknologi pada masa kini.

Strategi pemasaran yang baru dari perusahaan Mercedes Benz saat ini adalah fokus pada  customer satisfaction dan kebutuhan gaya hidup/ lifestyle di jaman  modern saat ini. Hal ini menyebabkan perusahaan ini  berhasil meningkatkan  market  mereka di pasar mobil yang sangat kompetitif.

Setelah resesi, justru Mercedes Benz  mengalami   kenaikan produksi dan permintaan untuk setiap unitnya.  Sehingga perusahaan ini  menambahkan unit suplai lebih lagi untuk memenuhi permintaan pelanggan.
Hal  yang penting  lagi yang harus diperhatikan  adalah setiap pembeli butuh  mendapatkan  informasi yang cukup mengenai spesifikasi model, jasa, dan akuisisi suku cadang, dan kinerja mobil secara umum. Dan Mercedes Benz sanggup menjawab kebutuhan tersebut.

Steve Cannon VP sales dan marketing untuk USA menyatakan  bahwa  perusahaan ini tidak akan menurunkan standar dalam strategi pemasarannya untuk menjadikan Mercedes Benz  mobil  mewah  yang terbaik di dunia dan bahwa perusahaan ini akan terus fokus pada inovasi dan keselamatan bagi pengendaranya

Strategi marketing yang dilakukan Mercedes Benz adalah dengan membuat  kampanye pemasaran di seluruh dunia, antara lain  kampanye iklan untuk  publik yang memiliki  sirkulasi tinggi seperti majalah dan surat kabar. Mercedes juga mentargetkan saluran kabel dan stasiun TV, seperti  menciptakan 30 – atau 40 detik iklan TV menampilkan Vodafone McLaren Mercedes dan pembalap F1 Formula 1 yang pada saat itu menjadi juara dunia yaitu Fernando Alonso.

Strategi marketing lainnya adalah  Mercedes  berusaha untuk memenangkan  pasar internet online dengan peluncuran multimedia yang menarik seperti  menciptakan  film online yang interaktif dan video podcast.

Promosi Mercedes-Benz C-Class

Seperti promosi   Mercedes-Benz C-Class interaktif configurator dimana melalui iklan ini memungkinkan pengunjung untuk melihat spesifikasi dan fitur dari sedan tersebut  dan membangun paket sendiri untuk kendaraan kesukaannya yang sesuai  dengan kepribadian mereka. Pengunjung dapat memilih interior yang diinginkan, juga  bagian eksterior dan aksesoris serta bagian teknis seperti jenis mesin Mercedes Mercedes atau lengan kontrol, serta warna tubuh dan trim interior untuk C-Class. Sementara itu, komunitas online akan memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari beberapa film Mercedes interaktif. Film-film ini menunjukkan individu yang menggambarkan rincian penting, kemampuan, dan kinerja sedan Mercedes-Benz C-Class baru sementara mereka berkendara dengan Mercedes-Benz C-Class. Selain itu ada satu lagi promosi Mercedes-Benz C-Class yang tidak kalah menarik yaitu  konsumen dapat men-download podcast video dari Mercedes-Benz di empat episode yang menampilkan proses pembangunan dari Mercedes-Benz C-Class.

Kampanye pemasaran berbagai model Mercedes-Benz C-Class,  tujuannya adalah “meyakinkan pelanggan di seluruh dunia keuntungan dari konsep produk serbaguna dari  sedan Mercedes-Benz C-Class baru, dimana terdapat kenyamanan kelincahan, dan keamanan yang luar biasa.

Global Brand Strategy – “The best or nothing”

Motto dari Mercedes-Benz yang dipegang oleh seorang pendirinya Gottlieb Daimler adalah  “The Best Or Nothing”, sementara rekannya, Karl Benz mengatakan: “The love of inventing Never Dies”
Dengan semangat filosofi dari kedua pendirinya, maka Mercedes-Benz berkembang menjadi pelopor berbagai inovasi dalam teknologi industri otomotif, selain memiliki  sentuhan kemewahan (luxury) dan tingkat keamanan yang tinggi bagi pengendaranya.  Dimana  pengendara dapat mengemudikan mobil merk Mercedes–Benz  dalam  “perfection, fascination and responsibility as core brand values.”   Semangat kerja “the best or nothing” diterapkan di semua manufaktur Mercedes-Benz di seluruh dunia

Dr. Joachim Schmidt, Executive Vice President Mercedes-Benz Cars Sales and Marketing  said , “We want to deliver the very best in all areas – be that in research and development, production, sales, service and aftermarket business or in purchasing,” Stuttgart. June 11, 2010.
“The Best Or Nothing” memicu semangat untuk mencapai kesempurnaan dalam berbagai aspek sehingga menghasilkan produk Mercedes-Benz sebagai mobil mewah yang terkenal di dunia  dari sejak didirikan hingga saat ini  dan Mercedes-Benz berusaha membuat dirinya sebagai  mobil terbaik di dunia. Saat ini kita mengenal  merk   Mercedes-Benz sebagai    salah satu perusahaan mobil mewah terkemuka di dunia ini.

(Debbie Kusuma/IC/BL-MD)

pic : http://jonmccaw.com