(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Bayangkan jika dunia tempat kita hidup ini tanpa ada iklan. Mungkin kelihatannya sepi. Tapi dengan iklan yang kadang terkesan “jor-joran” pun kita sering terganggu. Tetapi lihat dulu situasi dan kondisinya. Seperti ketika kita sedang menonton sebuah acara televisi dan tiba-tiba dipotong oleh tayangan iklan atau ketika membuka sebuah situs tertentu dan banyaknya tampilan iklan dilayar. Mungkin kita merasa terganggu. Tetapi ketika kita melihat tayangan iklan bagus di televisi atau media cetak itu dapat menjadi hiburan tersendiri bagi kita.
Iklan menjadi salah satu sarana promosi yang dapat meningkatkan penjualan suatu produk. Para pemilik produk berlomba-lomba memasarkan produknya dengan berbagai macam janji-janji dari keunggulan produk yang mereka miliki. Berbagai macam promosi melalui iklan dari berbagai macam produk dapat kita temui dimana saja. Media elektronik seperti televisi dan radio, media cetak dan media online, billboard, brosur. Ataupun pameran, roadshow dan lain sebagainya. Dua istilah yang populer di dunia periklanan, above the line dan bellow the line.
Melalui iklan maka penjualan dapat ditingkatkan. Iklan merupakan sarana promosi yang efektif untuk menjangkau banyak audiens. Tidak sedikit juga biaya yang dikeluarkan, seperti iklan yang ditayangkan di televisi. Berapa cost yang harus dikeluarkan hanya untuk beberapa detik penayangan. Tetapi saat ini dapat juga beriklan dengan gratis. Pada zaman sekarang media online seperti internet pun tidak mau kalah, dapat dipakai sebagai sarana untuk mengiklankan berbagai macam produk. Selain jangkauan yang luas yang dapat dicapai, juga ongkos promosi yang lebih murah, bahkan bisa jadi gratis.
Berbagai macam sarana dapat dipakai, dengan memuat informasi sebanyak-banyaknya tentang produk yang sedang dipromosikan. Pesan-pesan yang menjanjikan 1001 janji menarik jika memakai produk yang ditawarkan. Perlu untuk mengetahui sarana apa yang kita pakai untuk beriklan. Jangan sampai membuang uang dengan percuma tanpa hasil yang maksimal karena kurang tepat memilih media atau sarana yang dipakai untuk beriklan. Kita juga harus melihat siapakah yang menjadi target audiens dari produk yang dipasarkan. Apapun media iklan yang dipakai dalam memasarkan atau memperkenalkan suatu produk, pasti diharapan dapat meningkatkan penjualan. Dengan promosi iklan yang efektif maka tidak mustahil akan menarik lebih banyak pembeli dan akan meningkatkan penjualan.
(Mevy Sinambela/AA/TML)