Vivid Sydney : The Opera House Berkilauan di Bawah Lampu Terang dari Festival Tahunan

SYDNEY Harbour berubah menjadi lautan warna dengan ribuan ampu-lampu terang Vivid. Seperti ngengat beterbangan ke arah sinar cahaya, puluhan ribu pelancong berjalan menuju The Rocks untuk melihat tontonan di langit.

Gambar kupu-kupu diproyeksikan ke layar Gedung Opera Sydney. terpantul di jendela hotel di malam pembukaan festival musik dan cahaya Vivid Sydney, Jumat kemarin. Selama 18 hari dimulai Jumat kemarin, festival Vivid Sydney ini akan menggabungkan instalasi dan karya seni cahaya luar ruang dan menjadi forum industri kreatif terbesar di dunia.

Dengan lampu resmi yang diaktifkan pada jam 6 sore oleh NSW premier Mike Baird, MCA dan Customs House menyajikam acara yang spektakuler, tahun ini bergabung dengan Sydney Ferries yang dirangkai dengan lampu .

Opera House Sydney lah yang menarik kerumunan terbesar, dengan puluhan orang yang berbaris – memegang smartphone di tangan – untuk mengambil gambar instalasi cahaya yang terang benderang.

Ada pengalaman lain yang lebih interaktif ketika di Customs House untuk Play Me, dimana bagian depan bangunan dibanjiri dengan pola berputar-putar dilapis dengan string yang melompat dan mengubah suasana hati dan warna, akan bereaksi terhadap instrumen dimainkan oleh pengunjung .

The MCA , selalu menjadi daya tarik trendi, memiliki campuran listrik lampu bermain sempurna dari fasad, dengan roda jam berputar dan batu bata  yang bergerak membuat seluruh bangunan terlihat seperti sedang melipat ke dalam dirinya sendiri dan pola geometris yang bergerak muncul dan surut dengan cepat .

Festival ini tahun lalu menarik 800.000 pengunjung, diperkirakan tahun ini akan lebih banyak lagi terlebih lagi tahun ini festival berekspansi dengan CBS untuk pertama kalinya, dengan karya-karya di Martin Place. Festival ini  berjalan setiap malam sampai tanggal 9 Juni.

Arum/Journalist/VM/BL
Editor: Iin Caratri
Image: Antara