Apple Akan Kerjasama Dengan China Mobile Untuk Rangkul Konsumen Cina

(Business Lounge – Tech & Gadget) – Dari dunia teknologi, CEO Apple, Tim Cook, pada Rabu mengatakan kerja sama Apple dengan China Mobile dalam menjual iPhone akan membantu meningkatkan penjualan smartphone tersebut. Sementara itu penjualan iPhone di Cina, Hong Kong, dan Taiwan mencetak rekor tertinggi pada kuartal fiskal pertama.

EPA
Sebuah gerai China Mobile di Beijing, Cina.

Permintaan untuk iPhone memang tinggi di Cina. Presiden Komisaris China Mobile, Xi Guohua, mengatakan jutaan iPhone telah dipesan oleh pelanggannya. China Mobile, operator seluler dengan jumlah pelanggan terbesar di dunia, dijadwalkan mulai menjual iPhone pada Jumat ini.

Dalam sebuah konferensi pers dengan media Cina dan The Wall Street Journal, Cook mengatakan “sangat optimistis” mengenai hasil yang didapat dari kerja sama dengan China Mobile. Aliansi ini tidak hanya terbatas pada penjualan ponsel, tetapi juga mencakup kerja sama yang lebih menyeluruh antara kedua perusahaan, kata Xi yang tidak menyebutkan detail lebih lanjut.

“Kami menjadi lebih saling mengenal. Hari ini adalah permulaan, dan saya rasa banyak yang dapat dilakukan oleh kedua perusahaan bersama-sama ke depannya,” kata Cook.

Cook tidak menyebutkan detail penjualan kuartal pertama Apple, yang dijadwalkan dirilis pada akhir bulan ini. Pada Oktober, Apple mencetak pendapatan kuartal IV di Cina, Hong Kong, dan Taiwan sebesar $5,73 miliar, naik 6% dari setahun sebelumnya.

Kerja sama dengan China Mobile menjadi tambahan amunisi bagi Apple di Cina, pasar smartphone terbesar di dunia. Dengan ini, iPhone kini sudah tersedia di ketiga operator seluler milik Cina.

Jangkauan penjualan Apple di Cina juga sangat meluas berkat kerja sama ini. iPhone kini dijual di ribuan toko China Mobile yang tersebar di seluruh Cina.

“Mulai akhir pekan ini kami akan menjual iPhone di lebih dari 3.000 lokasi tambahan,” kata Cook. “China Mobile telah menjangkau banyak kota yang tidak terjangkau Apple.”

Cook mengatakan Apple ingin merangkul sebanyak mungkin konsumen Cina dengan menjual iPhone lewat China Mobile. Cina memiliki lebih dari 500.000 orang yang menulis aplikasi bagi sistem operasi iOS untuk produk buatan Apple, menurut Cook.

“Apple selalu berupaya membuat produk terbaik, bukan produk terlaris. Itu selalu menjadi kiblat kami dan tidak akan berubah selamanya,” tandas Cook.

 

(FJ/FJ/BL-WSJ)

Foto : WSJ, qingdaonese.com